Solo merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan dikenal sebagai pusat seni dan budaya. Beberapa tempat wisata di kota ini bahkan menjadi ikon pariwisata di Jawa Tengah. Solo tidak hanya dikenal dengan kekayaan budaya Jawanya, tapi juga keindahan alamnya, keramahan masyarakatnya, dan kulinernya yang nikmat. Oleh karena itu, banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang tertarik menghabiskan liburan di kota ini.

Candi Sukuh

Jika Anda suka mengunjungi tempat-tempat bersejarah, maka candi sukuh yang terletak di Surakarta, Solo adalah tempat yang wajib Anda kunjungi ketika mampir di Jawa tengah.

Candi Sukuh terletak di lereng Gunung Lawu di Indonesia, berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Candi ini adalah candi Jawa-Hindu yang sudah berdiri sejak abad ke-15 dan diyakini oleh penduduk setempat bahwa itu adalah tempat ibadah pra-Hindu selama era tersebut.

Tempat wisata ini dibuat dari pagi hingga sore untuk wisatawan. Ketika Anda mengunjungi Candi Sukuh, Anda memerlukan untuk mengenakan sarung atau dapat dengan mudah menyewa di pintu masuk dengan membayar beberapa rupiah.

Keraton Surakarta

Keraton adalah tempat kediaman raja dan ratu yang menjadi simbol dari kerajaan zaman dahulu. Tempat ini terletak di kota Surakarta, Jawa Tengah dan didirikan pada tahun 1745.

Keraton Surakarta memiliki keindahan arsitektur dan beberapa barang antik milik anggota keluarga Sultan. Apabila Anda berkunjung pada tempat ini, Anda akan melihat banyak warna biru dan putih yang terlihat hidup dan santai pada beberapa bagian keraton. Pada tempat ini, Anda dapat mempelajari mengenai sejarah, budaya, hingga warisan atau peninggalan-peninggalan milik keluarga Sultan.

Saat ini Keraton Surakarta difungsikan sebagai museum. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda tidak dikenakan biaya, bahkan Anda bisa menyewa pemandu wisata untuk menjelaskan beberapa bahasa ataupun peninggalan kuno yang tidak dapat Anda pahami.

Baca juga: Tips Aman Menggunakan Mobil Rental di Masa Pandemi Covid-19

Masjid Agung Surakarta

Solo
Sumber: Pinterest

Di Jawa Tengah, Anda juga dapat berwisata religi dengan mengunjungi Masjid Agung Surakarta, Solo. Masjid ini adalah masjid kerajaan abad ke-18 yang dibangun oleh Sunan Pakubuwono III pada tahun 1768. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat peribadatan bagi keluarga kerajaan.

Secara arsitektur, masjid ini memiliki sentuhan desain dan seni yang mewakili tradisi Jawa konservatif. Atap masjid ini bertingkat tiga dengan ornamen di atasnya. Selain itu, atap Masjid Agung Surakarta, Solo ini memiliki bentuk piramida dengan gaya tanjung yang melambangkan bangunana suci tradisional.

Pasar Gede

Jika Anda berjalan-jalan di pagi hari, maka Pasar Gede adalah salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Pasar Gede adalah salah satu pasar terbesar yang terletak di Solo. Pada dasarnya, tempat ini merupakan warisan pemerintah Belanda. Oleh karena itu dinamakan dengan Pasar Gede Harjonagoro. Kemudian pada tahun 2016, pasar ini direkonstruksi oleh pemerintah.

Terdapat lebih dari 500 penjual yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari. Mulai dari buah-buahan, sayur-mayur, barang-barang dapur, pakaian, hingga kerajinan tangan.

Pasar Triwindu

Tempat lain yang bisa Anda kunjungi di Solo adalah Pasar Triwindu. Tempat ini didirikan pada tahun 1939 sebagai simbol KGPAA Mangkunegara 7 yang naik takhta ke-24. Pasar ini memiliki luas sekitar 2.384 meter persegi dengan bangunan bertingkat dua.

Pasar Triwindu ini adalah pasar loak yang menjual berbagai barang antik yang berusia hampir lebih dari 50 tahun. Selain itu, penjual-penjual pada kios pasar ini juga banyak menyediakan koleksi souvenir seperti vas bunga, keramik Cina, patung Eropa, patung kayu, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya menjual berbagai barang-barang yang dapat diborong, terdapat juga beberapa kios-kios yang menjual makanan yang dapat Anda kunjungi jika sedang kelaparan ketika berkeliling.

Baca juga: Memulai Bisnis Rental Mobil di Yogyakarta

Sangiran

Solo
Sumber: Pinterest

Sangiran juga termasuk dalam situs sejarah yang ada di Solo, Jawa Tengah. Terletak pada 15 kilometer di sebelah utara kota Solo dekat tepi sungai Gemoro. Tempat ini dinyatakan sebagai situs Budaya Nasional yang dilindungi oleh UNESCO, karena memiliki penemuan sisa-sisa fosil hominid dari penggalian tahun 1936-1941. Saat ini, difungsikan sebagai museum informatif untuk mempelajari evolusi manusia dan bisa dikunjungi oleh berbagai kalangan.

Taman Sriwedari

Tempat budaya dan sejarah lain yang bisa Anda temukan di Solo adalah Taman Sriwedari. Di sini Anda bisa merasakan berbagai aktivitas yang dilakukan para Sultan di wilayah tersebut. Pada taman ini, Anda bisa melihat hiburan teater seperti pertunjukan wayang kulit tertua atau disebut juga sebagai Wayang Orang.

Wayang Orang dipentaskan dalam Bahasa Jawa yang menggambarkan cerita-cerita mengenai Ramayana. Biasanya, pertunjukan ini dimulai pada malam hari yang bisa menarik penduduk setempat dalam jumlah besar.
Selain hiburan teater, Anda juga bisa berbelanja dan memborong sejumlah souvenir yang berada di toko-toko terdekat. Di seberang jalan, Anda juga bisa membeli berbagai makanan ringan lokal.

Baca juga: Lokasi dan Harga Tiket Wisata Pantai Nglambor Yogyakarta

Jasa Rental Mobil Solo

Apabila Anda datang dari daerah atau negara lain dan ingin berkeliling kota Solo dengan nyaman, Anda bisa menyewa mobil di jasa rental mobil Big Benjaya. Mereka berdiri sejak tahun 2005 dengan pelayanan prima dan legalitas terpercaya. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi kontaknya untuk informasi selengkapnya.

Author

Enable Notifications OK No thanks