Indonetwork, Otomotif – Seperti yang kita lihat pada saat ini, industri pariwisata di Yogyakarta mulai bangkit kembali. Bicara tentang pariwisata maka bersinggungan pula dengan pembicaraan mengenai transportasi atau otomotif. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis di industri otomotif, Anda memiliki banyak pilihan salah satunya adalah bisnis sewa mobil murah Jogjakarta. Namun, untuk memulai bisnis tersebut Anda perlu mengambil langkah yang tepat. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri, berikut ini panduan tentang cara memulai bisnis persewaan mobil.

Langkah-langkah Memulai Bisnis Sewa Mobil Murah Jogjakarta

1. Menentukan Pasar Sewa Mobil Murah Jogjakarta

Faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan ketika berpikir tentang bagaimana memulai bisnis rental mobil adalah jenis pelanggan yang ingin Anda layani. Target audiens dari bisnis rental mobil dapat berupa turis, penyewa jangka panjang, atau pelancong bisnis.

Memastikan bahwa memang ada kebutuhan pasar untuk bisnis Anda adalah langkah pertama. Selain itu, Anda dapat menentukan siapa target promo Anda dengan melihat lokasi Anda dan kebutuhan penduduk setempat. Setelah Anda mempertimbangkan promo ini, Anda dapat menginformasikan rencana bisnis, upaya pemasaran, dan lain sebagainya.

Sewa mobil Yogyakarta
Sumber: Global.nissannews.com

2. Menulis Rencana

Rencana bisnis sangat penting bagi Anda dan calon investor atau mitra yang mungkin bekerja sama dengan Anda. Saat menulis rencana bisnis Anda, Anda pasti ingin menyusun rencana tentang bagaimana Anda akan mengubah ide Anda menjadi perusahaan yang menguntungkan. Hal ini akan melibatkan perincian produk dan layanan apa yang akan Anda tawarkan, biaya apa yang akan Anda kenakan, berapa banyak uang Anda sendiri yang Anda rencanakan untuk dimasukkan ke dalam bisnis, berapa banyak dana yang Anda miliki.

Anda akan membutuhkan, garis besar rencana pemasaran Anda, dan proyeksi keuangan untuk beberapa tahun ke depan. Dengan meluangkan waktu untuk memikirkan semua langkah ini, pada dasarnya Anda akan membuat peta jalan yang dapat Anda konsultasikan selama fase awal bisnis Anda untuk membantu Anda tetap pada jalurnya.

Sewa Mobil Murah Yogyakarta
Sumber: Pixabay.com

3. Atur Keuangan

Jenis bisnis yang berbeda memerlukan jumlah biaya di awal yang berbeda-beda, tetapi dalam kasus bisnis sewa mobil murah Jogjakarta, Anda kemungkinan akan menghabiskan biaya awal yang tinggi, mulai dari membeli armada mobil, menyewa tempat dan etalase, mempekerjakan mekanik, hingga mengasuransikan seluruh operasi.

Jika Anda menggunakan uang pribadi untuk mendanai peluncuran rental mobil Anda, Anda tetap harus membuka rekening yang terpisah. Setelah Anda selesai melakukannya, pastikan untuk hanya melakukan transaksi terkait bisnis dengan akun ini. Hal ini juga memudahkan pengurusan pajak.

Selain dana awal yang mungkin sudah Anda hemat untuk memulai bisnis rental mobil, Anda juga bisa mencari pendanaan dari luar untuk menyediakan uang tambahan. Ada banyak jenis pinjaman bisnis yang dapat dipilih mulai dari pinjaman berjangka, jalur kredit, hingga pembiayaan peralatan.

Sewa Mobil Mewah Yogyakarta
Sumber Pixabay.com

4. Temukan Lokasi yang Tepat

Setelah Anda mengatur keuangan Anda, inilah saatnya untuk menemukan di mana Anda akan menjalankan bisnis Anda. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, yang utama di antaranya adalah ukuran properti dan kedekatannya dengan bisnis atau layanan lain. Misalnya, jika Anda ingin bekerja dengan pelancong bisnis, Anda harus berlokasi di dekat bandara.

5. Buat Kontrak Sewa

Salah satu dokumen terpenting bagi seseorang yang akan menjalankan bisnis sewa mobil adalah kontrak sewa. Perjanjian sewa adalah kontrak antara perusahaan penyewaan mobil (Anda) dan pelanggan yang menyewa mobil. Kontrak ini akan mencakup kewajiban, apa yang terjadi jika terjadi kecelakaan, dan penjelasan tentang siapa yang bertanggung jawab atas apa. Untuk memastikan kontrak sewa Anda sepenuhnya melindungi bisnis Anda dan pelanggan Anda, Anda harus meminta bantuan seorang profesional hukum yang memiliki pengalaman dengan bisnis di industri persewaan mobil.

Baca Juga: 7 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENGGUNAKAN JASA RENTAL MOBIL

6. Membangun Tim

Setelah Anda memiliki ruang untuk menjalankan bisnis sewa mobil murah Jogjakarta, Anda membutuhkan karyawan dan sistem pendukung untuk menjalankan bisnis tersebut. Anda mungkin membutuhkan karyawan untuk menjalankan kantor dan menjawab telepon, seorang, dan mekanik untuk memelihara armada mobil Anda. Selain menemukan orang yang tepat, Anda juga perlu memahami tanggung jawab Anda sebagai pemberi kerja.

7. Manfaatkan Pemasaran Online

Di era masyarakat milenial ini yang harus dilakukan untuk bisnis apa pun adalah membangun kehadiran online sehingga pelanggan dapat menemukan bisnis Anda. Selain situs web bisnis, Anda harus mempertimbangkan untuk menyiapkan halaman di situs ulasan bisnis seperti Google, serta halaman media sosial tempat pelanggan dapat menghubungi bisnis Anda dengan pertanyaan dan memberikan ulasan untuk dilihat oleh calon pelanggan lainnya. Hal tersebut akan membangun merek bisnis Anda, serta menarik pelanggan baru.

8. Berikan Layanan Ekstra

Untuk membuat bisnis Anda menguntungkan, Anda perlu menarik dan mempertahankan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda harus menyediakan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan Anda, layanan pelanggan yang luar biasa, dan membangun hubungan yang kuat dengan komunitas lokal Anda. Jika Anda memberikan layanan luar biasa yang dapat dipercaya orang, berita akan segera menyebar dan Anda akan mendapat untung dalam waktu singkat.

Baca Juga: 7 REKOMENDASI MOBIL MEWAH UNTUK KELUARGA

Rekomendasi Sewa Mobil Murah Jogjakarta

Bagi Anda yang hendak menyewa mobil atau hendak membangun bisnis rental mobil, sudah sepatutnya Anda merujuk kepada satu perusahaan profesional Big Benjaya. Perusahaan tersebut melayani rental mobil hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Perusahaan tersebut menyediakan berbagai macam seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Vios, Camry, Kijang Innova, Fortuner, Pajero, Alphard, Vellfire, Hiace, ELF, Dll.


Author

%d bloggers like this: