Indonetwork, Otomotif – Keadaan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini memengaruhi aktivitas yang dilakukan. Aktivitas harus selalu menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan peraturan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus. Hal ini juga mempengaruhi jasa premium rent car atau rental mobil yang harus lebih ekstra menjaga kebersihan mobil-mobil yang disewakan. 

Perusahaan rental mobil harus menjaga kebersihan mobil yang disewa agar bersih dari virus setelah digunakan. Sebagai penyewa mobil rental, Anda juga perlu memastikan dan menjaga kebersihan mobil yang disewa. Selain memastikan keamanan dan kondisi mobil rental, Anda juga perlu memastikan keadaan mobil dalam keadaan steril dan aman.

Baca juga: 7 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENGGUNAKAN JASA RENTAL MOBIL

Setelah memilih perusahaan jasa premium rent car atau rental mobil yang sesuai Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Selain kondisi kendaraan yang akan disewa, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan dalam kendaraan, terutama di masa pandemi Covid-19. Berikut tips aman saat Anda menggunakan mobil rental di masa pandemi Covid-19.

1. Memilih Perusahaan Jasa Rental Mobil dengan Standar Kebersihan Terpercaya

Seperti yang diketahui bahwa selama pandemi Covid-19, kebersihan menjadi hal yang paling penting. Ketika datang ke perusahaan jasa rental, Anda bisa memperhatikan bagaimana kendaraan yang akan disewa dibersihkan. Pastikan kendaraan yang sudah digunakan atau yang akan digunakan sudah disemprot disinfektan agar higienis dan bersih dari virus.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kegiatan di perusahaan tersebut, apakah para karyawan menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyebaran ketika Anda menggunakan jasa sopir yang akan membawa premium rent car atau mobil yang disewa. 

2. Membersihkan Permukaan yang Sering Disentuh

Setelah Anda menentukan perusahaan jasa rental mobil terpercaya terutama kebersihannya, lalu memilih jenis mobil yang akan digunakan. Anda perlu memastikan kebersihan lebih ekstra karena pada beberapa permukaan di kendaraan sering menjadi sarang bakteri. 

Salah satu permukaan yang perlu dibersihkan adalah electric switch jendela yang sangat sering disentuh oleh pengguna kendaraan sewa untuk membuka dan menutup jendela dari dalam mobil. Selain itu, pada area kursi, yaitu jok yang menjadi salah satu permukaan yang sering terjadinya aktivitas tersentuh oleh penumpang. Selain itu, setir mobil yang menjadi salah satu pengendali saat membawa kendaraan mobil memerlukan perhatian khusus karena permukaannya selalu tersentuh. 

Permukaan lainnya seperti door pockets, sabuk pengaman, seat pockets, area di antara jok kursi atau pintu, pengatur jok, dashboard, interior pintu dan masih banyak lagi permukaan pada kendaraan mobil yang sering disentuh. Permukaan-permukaan tersebut perlu dibersihkan secara rutin dengan desinfektan yang dapat membunuh bakteri dan virus.

3. Bersihkan Mobil dengan Cara Aman dan Tepat

Ketika membersihkan mobil baik pada eksterior atau interior mobil, Anda memerlukan cara yang tepat dan aman. Maksudnya adalah bahwa Anda perlu menggunakan cara pembersihan yang sesuai pada bagian-bagian mobil agar tidak mengalami kerusakan. Seperti penggunaan cairan pembersih dan alat tertentu yang tidak merusak permukaan kendaraan atau berbahaya bagi pengguna mobil. 

Menurut Jeff Stout, Direktur Eksekutif Inovasi Global di Yanfeng Automotive Interiors, untuk membersihkan permukaan interior kendaraan dapat menggunakan isopropil alkohol untuk hasil maksimal. Jenis cairan ini dipilih karena telah teruji pada permukaan plastik hingga kulit imitasi yang tidak mengalami kerusakan saat dibersihkan dengan isopropil alkohol.

Hindari penggunaan hidrogen peroksida atau pemutih untuk membersihkan permukaan mobil karena dapat merusak lapisan pada mobil. Untuk eksterior atau interior mobil yang terkena noda, Anda bisa menggunakan sabun dan air. Bersihkan permukaan dengan hati-hati serta gunakan desinfektan untuk membunuh bakteri dan virus.

4. Mobil Dibersihkan Sebelum dan Setelah Digunakan

Di masa pandemi, seperti yang sudah diketahui bahwa kebersihan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Ketika Anda menggunakan premium rent car atau sewa mobil, kebersihan mobil ketika sebelum dan sesudah digunakan sangat perlu diperhatikan. Kebersihan sebelum digunakan akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna mobil agar tetap terjaga dari penyebaran virus Covid-19.

Lalu, setelah digunakan, kebersihan mobil juga diperlukan karena mobil sudah mengalami kontaminasi ketika aktivitas saat mobil disewa. Hal ini bertujuan untuk menjaga penyebaran virus Covid-19 bagi penyewa dan pengelola.

5. Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan ketika menggunakan kendaraan sewa adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Meskipun pengemudi dan penumpang mobil dalam keadaan sehat, wajib untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker saat di dalam mobil, menyiapkan dan menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70%, serta mencuci tangan. 

Pastikan kapasitas kendaraan tidak berlebih agar tetap bisa menerapkan jaga jarak antar penumpang. Hindari penggunaan jasa valet parkir untuk mengurangi kontak dengan orang lain. Bersihkan permukaan kendaraan dengan desinfektan secara berkala ketika selesai beraktivitas dengan mobil sewaan.

Baca juga: KEUNGGULAN MOBIL TOYOTA ALPHARD UNTUK ACARA PENTING

Rekomendasi Jasa Premium Rent Car

Untuk kebutuhan akomodasi di suatu tempat dengan mudah dan pilihan yang banyak, jasa sewa mobil adalah pilihan yang tepat. Big Benjaya adalah pilihan tepat dan direkomendasikan untuk Anda yang ingin menggunakan jasa sewa mobil premium dengan kendaraan baru dan bersih. Premium rent car Big Benjaya selalu mengutamakan kebersihan kendaraan, sehingga Anda bisa menyewa mobil dengan nyaman dan aman terutama di masa pandemi Covid-19. 

Disini Anda dapat menggunakan paket sewa  mobil mulai dari 8 jam, 12 jam hingga 24 jam baik di dalam maupun luar kota. Dengan pilihan premium rent car seperti mobil Avanza, Xenia, Ertiga, Vios, Camry, Kijang Innova, Fortuner, Pajero dan masih banyak lagi yang dapat mengakomodasi kebutuhan Anda. 

 


Author

%d bloggers like this: