Indonetwork, Peralatan Industri – Saat ini pagar tidak hanya digunakan sebagai perlindungan pertama pada sebuah hunian. Tetapi kini pagar menjadi nilai tambah pada estetika sebuah bangunan khususnya rumah. Anda bisa menemukan berbagai jenis pagar, mulai dari pagar otomatis, pagar batu, pagar bambu, hingga pagar besi dengan desain yang unik. Kekuatan pagar dengan material besi, membuat jenis pagar ini banyak digunakan, salah satunya adalah pagar BRC (British Reinforced Concrete). 

Namun, sebelum Anda menggunakan pagar besi, perlu ketahui jenis besi yang sesuai untuk pagar yang akan digunakan. Setelah memilih jenisnya, Anda bisa menentukan desain yang sesuai dengan konsep arsitektur bangunan agar menambah nilai estetika.

Baca juga: BESI DALAM ELEMEN INTERIOR BERGAYA INDUSTRIAL

Jenis-jenis Besi Untuk Pagar

Sebelum membuat pagar dari material besi, simak informasi berikut mengenai jenis-jenis besi yang bisa Anda gunakan untuk pagar hunian.

1. Stainless Steel

Pagar Stainless steel

Jenis besi ini tidak perlu diragukan lagi keunggulan dan kualitasnya. Stainless steel merupakan jenis besi yang tahan terhadap karat serta memiliki daya tahan yang tidak perlu diragukan lagi. Besi ini tidak mudah berkarat karena dilapisi kromium untuk melindungi dari karat yang dapat mengurangi keindahan. 

Stainless steel dapat menjadi pilihan material untuk pagar pada hunian bergaya modern. Hal tersebut karena tampilan besi yang simpel dan modern. Selain itu, ketahanan pada cuaca serta perawatan yang mudah menjadi keunggulan dari jenis besi pagar ini. Namun, pilihan warna pada besi ini kurang variasi, sehingga besi perlu dicat jika ingin warna lain.

2. Pagar BRC 

British Reinforced Concrete atau yang lebih dikenal dengan BRC merupakan material yang banyak digunakan sebagai pagar. Jenis besi pagar yang berasal dari Singapura ini, terbuat dari besi beton tebal yang memiliki ketebalan hingga 8 mm. 

Keunggulan pagar BRC adalah pada kekuatannya karena jenis besi ini terbuat dari baja tegangan tinggi melalui proses galvanizing dan electroplating. Hal tersebut membuat jenis pagar BRC tidak mudah melengkung dan berkarat. Pagar BRC sangat cocok digunakan pada Anda yang ingin mengkombinasikan tanaman pagar untuk tampilan hunian yang asri dan indah.

3. Pagar Besi Vial

Selanjutnya adalah pagar besi vial yang terbuat dari logam besi yang dicetak. Tidak hanya itu, pagar ini juga menggunakan berbagai jenis besi sehingga memiliki harga yang bervariasi. Harga termurah pada pagar ini terbuat dari bahan alumunium dan termahal dari bahan besi cor serta baja padat. 

Perakitan pagar besi vial cukup mudah dan sederhana, sehingga Anda bisa merakit pagar jenis ini sendiri. Selain itu, jenis besi vial ini dilapisi dengan alumunium anti karat yang membuat pagar lebih awet dan tahan lama. 

4. Hollow Galvanis

Besi galvanis merupakan jenis besi yang banyak digunakan pada pagar rumah. Jenis besi pada pagar ini terbuat dari material seng (zinc) yang memiliki tingkat konsentrasi kemurnian tinggi yaitu sebesar 99,7%. Dengan material tersebut, membuat besi galvanis lebih awet dan tahan dari korosi atau karat. 

Jenis besi ini memiliki ketebalan produk yang berbeda-beda, mulai dari 0,6 mm hingga 1,7 mm. Kualitas pada merk dan ketebalan besi akan mempengaruhi harga jual pada pagar besi galvanis.

5. Hollow Galvalum

Besi hollow galvalum merupakan jenis besi yang mengandung campuran zinc dan aluminium (Zinc-Alume). Kedua komponen tersebut membuat jenis besi ini memiliki ketahanan pada karat. Daya tahan karat tersebut diperoleh dari kandungan aluminium yang tinggi sebesar 55%. Selain itu, harga hollow galvalum cukup terjangkau, cocok untuk Anda yang membutuhkan pagar berkualitas dengan harga bersahabat.

6. Besi Tuang

besi tuang

Untuk Anda yang menginginkan pagar dengan desain ukiran, penggunaan besi tuang adalah pilihan tepat. Besi tuang merupakan besi yang terbuat dari biji-biji besi yang mengandung fosfor, karbon, belerang, mangan, dan silikon yang dilebur kemudian dibentuk sesuai desain. Jenis besi ini digunakan pada pagar berukuran besar sesuai desain.

7. Besi Strip

Material besi pada pagar ini dapat Anda jumpai dalam bentuk papan atau plate. Ukuran besi strip yang ada di pasaran beragam, dengan panjang standar 6 m dan ketebalan 3 hingga 200 mm. Tidak hanya digunakan pada pagar, besi ini juga digunakan pada teralis jendela dan pintu.

Kelebihan Pagar Besi

Setelah mengetahui jenis besi yang bisa digunakan pada pagar besi, Anda perlu mengetahui kelebihan penggunaan pagar besi, seperti penggunaan pagar BRC. Berikut adalah kelebihan pagar besi, diantaranya:

  • Bahan lebih kuat sehingga dapat dipakai bertahun-tahun.
  • Ketahanan dalam jangka panjang terutama pada cuaca ekstrim.
  • Aplikasi pemasangan pagar lebih mudah dan praktis.
  • Desain simple dan minimalis, cocok untuk desain hunian modern dengan kesan mewah.
  • Kokoh dan aman karena beberapa besi tahan korosi serta tidak mudah dihancurkan.

Kekurangan Pagar Besi

Selain memperhatikan kelebihannya, Anda juga perlu tahu kekurangan dari penggunaan pagar besi pada hunian, diantaranya:

  • Jika sudah tua, pagar besi mudah berkarat. Terutama jika sering terkena cuaca ekstrim.
  • Harga pagar besi yang mahal karena kualitas besi yang lebih awet dan tahan pada cuaca atau korosi.
  • Penggunaan pagar besi kurang cocok untuk hunian yang berada di area miring. Besi kurang fleksibel disimpan pada area dengan kemiringan cukup terjal.
  • Beberapa jenis besi cukup berat karena terbuat dari besi yang di cor.
  • Memiliki banyak bukaan pada pagar, sehingga tidak memberikan privasi pada penggunanya. Solusinya dapat menggunakan fiber sebagai penutup pagar atau material kayu.

Baca juga: DESAIN PAGAR BESI WIREMESH UNTUK RUMAH ANDA YANG MINIMALIS

Terdapat banyak pilihan pagar besi mulai dari jenis hingga desain yang bisa Anda gunakan pada eksterior hunian. Selain pada faktor keamanan dari pagar, desain yang estetik menjadi nilai lebih. Salah satunya adalah pada penggunaan pagar BRC untuk hunian modern.  Untuk kebutuhan berbagai jenis besi, baja profil, hingga pintu dan pagar besi, CV. Catur Jaya Atap adalah pilihan tepat. Anda akan menemukan berbagai jenis besi dan baja berkualitas serta terlengkap di wilayah Jawa Timur.

Author

Enable Notifications OK No thanks