Indonetwork, Mesin Minuman – Indonesia termasuk negara tropis dengan memiliki iklim panas yang stabil. Kesegaran dari es bukan saja dapat dinikmati oleh kalangan tertentu, semua orang pasti pernah memanfaatkan elemen ini untuk membantu proses keberlangsungan hidup. Apalagi dalam bisnis jual mesin pembuat es sudah banyak yang mencobanya.  

Lalu apa saja manfaat dan jenis es batu yang sering Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari? Supaya kebutuhan Anda tetap terpenuhi maka beruntunglah Anda jika jual mesin pembuat es batu masih menjadi trend di pasaran.

Manfaat Es Batu Dalam Kehidupan

Tahukah anda bahwa manfaat es batu sangat banyak untuk mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat es batu dalam kehidupan yang sering dibanggakan oleh konsumen seperti:

1. Bidang Kesehatan

5 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Redakan Jerawat dan Kulit Kusam Halaman all  - Kompas.com
Sumber : www.kompas.com

Bagi beberapa orang es batu yang ditempelkan pada kulit dibagian perut dapat mengurangi rasa sakit saat PMS, bukan hanya itu gangguan insomnia yang derita akibat stres juga dapat membaik saat Anda menempelkan es batu pada leher, karena hal ini dapat membantu tidur dengan mudah dan lebih cepat.

5 Fakta Menarik Seputar Es Balok

Baca juga: 5 FAKTA MENARIK SEPUTAR ES BALOK

2. Bidang Kuliner

Suka Jajan Es di Pinggiran? Simak Fakta Mengejutkan dari Es Balok yang  Sehari Hari Dijual Dipinggir Jalan - Halaman all - Blog TribunJualBeli.com
Sumber : blog.tribunjualbeli.com

Tentunya es batu merupakan aspek utama dalam bidang kuliner khususnya minuman. Minuman dingin merupakan elemen penting yang selalu dicari oleh konsumen, es batu sendiri dapat mensupport rasa minuman yang tetap segar walaupun telah terpapar udara luar. 

3. Bidang Kecantikan

7 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Kulit Wajah Halaman all - Kompas.com
Sumber : lifestyle.kompas.com

Es batu biasanya digunakan untuk menghilangkan memar, meredakan kemerahan akibat jerawat, mata panda dan kulit yang melepuh. Es sebagai zat pendingin dapat meredakan otot ataupun sel kulit yang menegang akibat faktor lingkungan. Sehingga kulit akan lebih rileks dan kembali pada warna sebelum cidera.

4. Sektor Perdagangan

Hasil Tangkap Sering Terbuang, Nelayan Koto Tangah Inisatif Hadirkan Tempat  Pembekuan Ikan – Geomaritim News
Sumber : www.geomaritimnews.com

Pada sektor ini, es batu dapat membantu para pedagang makanan, nelayan ataupun distributor makanan seperti supermarket lainnya untuk menyimpan produk mereka agar tetap segar. Para pedagang tidak perlu khawatir produk mereka yang membusuk ataupun berbau karena suhu ekstrim seperti dingin dapat meredakan pembusukan

Jenis dan bentuk Es Batu

Es bukanlah benda yang awam bagi semua orang, fungsinya yang cukup beragam untuk memenuhi segala bidang membuat produknya semakin digemari. Sehingga wajar saja saat ini banyak produsen yang jual mesin pembuat es untuk membantu mengurangi biaya distribusi para pengusaha.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat para produsen es batu semakin berinovasi untuk membuat variasi bentuk es batu, untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Saat ini ada banyak jenis es batu yang beredar di tengah masyarakat, yaitu:

1. Es Tube

Mengenal Ciri Ciri Es Tube Yang Baik Dan Boleh Dikonsumsi - Mesin Pembuat ES  Batu Skala Industri - Koller Indonesia - 0822 9880 8180
Sumber : www.kollerindonesia.com

Tampilan dari jenis es ini berbentuk silinder, bening seperti kaca dengan lubang ditengahnya yang memiliki diameter berbeda-beda. Umumnya es tube atau es kristal ini menjadi produk favorit di pasaran, karena pengolahannya yang higienis dan dikemas dalam plastik khusus sehingga terlihat rapi dan bersih. Selain itu bentuknya yang mewah saat diletakkan di gelas membuat es ini terkesan lebih elegan. Penggunaanya sendiri banyak dikonsumsi oleh pengusaha bidang kuliner seperti cafe, restaurant maupun hotel.

2. Es Flake

Apa itu Flake es dan serpihan es mesin - Pameran - Guangzhou Icesource Co,  Ltd
Sumber : id.spnicesourcemachine.com

Ciri dari jenis es ini berupa serpihan kecil potongan es menyerupai kaca dengan ketebalan 1-2 mm. Es flake biasanya digunakan untuk pendingin makanan laut yang digunakan baik oleh nelayan, pengusaha makanan laut ataupun distributor makanan laut. sayuran, buah, dan frozen food seperti di supermarket. Jenis es ini memang lebih cepat cair dibanding jenis es lainnya, akan tetapi fungsinya yang fleksibel membuat es flake cukup tinggi peminat di pasaran.

3. Es Balok

Hati-Hati! Es Balok Mungkin Mengandung Bakteri hingga Parasit
Sumber : food.detik.com

Bentuk es balok memang sudah tidak asing lagi dipasaran, memiliki ukuran yang paling besar dibanding jenis es lainnya sehingga sebelum dipakai Anda harus memotong balok es terlebih dahulu. Fungsi es balok jenis ini biasanya digunakan untuk mendinginkan minuman atau sebagai alas pendingin beberapa produk makanan, sehingga penggunaannya tidak disarankan untuk dicampurkan kedalam minuman

4. Es Slurry 

Mesin Es Untuk Perikanan - PND Ice
Sumber : pndice.com

Es slurry merupakan merupakan es yang berwujud kristal mikroskopik yang mengapung di dalam air dengan proses pendinginan yang ekstra cepat, jenis ini memiliki perbandingan komposisi 60% es dan 40% air dengan bahan baku air asin karena peruntukannya sendiri hanya untuk mengawetkan hasil produk laut saja. Akan tetapi es slurry sangat tidak sesuai untuk penyimpanan dalam jangka panjang, karena teksturnya yang cepat mencair.

5. Es Kubus

Mesin Ice Cube | Alat Pembuat Es Batu Kotak | Jual Mesin Ice Cube Otomatis
Sumber : mesinraya.co.id

Es kubus umumnya memiliki ukuran 2 cm x 2 cm x 2 cm yang berasal dari pembekuan air dengan lemari pendingin. Es ini juga sebenarnya dapat dibuat pada kulkas rumahan, akan tetapi jumlah produksinya tidak sebanyak menggunakan mesin pembuat es khusus. Secara fungsi dan karakteristik, es kubus hampir sama dengan es tube, yang digunakan untuk campuran minuman, akan tetapi bentuknya saja yang berbeda.

6. Es Ball

Apakah Anda Tahu Bagaimana Bola-bola Es Dibentuk?
Sumber : www.erabaru.net

Jenis es ini merupakan inovasi terbaru dengan bentuk bulat. Secara fungsi dan bentuk kasat mana es ball hampir sama dengan es tube dan es kubus hanya saja pembuatannya menggunakan cetakan yang terbuat dari Silicone Food Grade. Es ball biasanya digunakan untuk beberapa jenis minuman seperti vodka, tequila, cocktail maupun whiski.

7. Chip Ice

Make Ice Chips : 7 Steps - Instructables
Sumber : www.instructables.com

Es ini memiliki karakteristik keras, berwarna bening, dan lebih tahan lama dengan proses pembuatan yang lebih singkat dan suhu yang tidak terlalu dingin yaitu -0,5℃.  Ukuran dan ketebalan es dapat dipilih saat akan menjalankan mesin dengan pilihan ketebalan antara 3-12mm.

Chip ice juga tidak  saling menempel, tidak tergores, tidak membeku membentuk bunga es, dan tetap terlihat fresh sehingga cocok untuk penyimpanan jangka lama.

Cukup banyak bukan variasi es batu yang dapat Anda temukan di Indonesia? Penggunaan masing-masing jenis es batu ini juga dapat disesuaikan oleh fungsinya. Snowman dapat membantu distribusi kebutuhan dalam jual mesin pembuat es  batu dengan harga bersaing, mesin ini berkualitas bagus ditambah garansi suku cadang, service serta teknisi yang berpengalaman

Author

Enable Notifications OK No thanks