Indonetwork, Bahan Bangunan – Kawat merupakan benda yang terbuat dari logam dengan karakteristik panjang, pipih dan lentur. Kawat mempunyai banyak jenis dan ukuran yang umumnya digunakan untuk konstruksi salah satunya yaitu kawat bendrat.

Sebelum Anda memutuskan hendak membeli kawat jenis apa, Anda perlu tahu apa saja kelebihan dari masing-masing jenis kawat agar terhindar dari kesalahan memilih. Berikut dibawah ini terdapat jenis dan fungsi beberapa kawat yang umum digunakan untuk bahan bangunan, seperti:  

1. Kawat Bendrat

Pengertian dan fungsi kawat bendrat

Kawat bendrat adalah kawat tipis yang seringkali digunakan untuk mengikat antara besi beton dan rangkaian satu tulangan dengan tulangan lainnya baik untuk tulangan kolom, balok, slab, shearwall ataupun rangkaian pada rangka elemen struktur yang siap di cor. Hal ini bertujuan agar struktur tulangan balok akan jauh lebih kuat, lebih rapat, dan tidak bergeser.

Sifat dari material kawat ini sangat kuat tapi tetap mudah diatur. Kawat bendrat biasa dijual dalam bentuk gulungan, baik dihitung berdasarkan rol maupun per kilogram. Tentunya harga kawat bendrat juga akan dihitung berdasarkan ukuran dan berat kawat bendrat, biasanya dalam satu rol kawat bendrat biasanya memiliki berat sebesar 20 kg.

Baca juga: PERKIRAAN HARGA KAWAT BENDRAT PER KG TERBARU 2021

2. Kawat Bronjong

Pengertian dan fungsi kawat bronjong

Kawat bronjong adalah jenis kawat yang digunakan sebagai penguatan struktur tanah sehingga cukup banyak digunakan pada area tebing bebatuan untuk menahan erosi, area konstruksi, pemasangan pada tepi sungai hingga saat ini beralih fungsi menjadi dekorasi eksterior. Bentuk dari kawat bronjong ini umumnya seperti kotak – kotak yang telah dianyam sedemikian rupa yang terbentuk dari  baja yang sudah dilapisi oleh galvanis.

Pembuatan kawat ini cukup kuat karena biasanya diisi oleh batu kali yang memiliki masa jenis lebih berat. Jenis kawat ini biasanya tidak mudah melebar, tidak mudah berkarat dan memiliki konfigurasi yang lebih kuat. Namun harga dari kawat ini juga relatif lebih mahal.

3. Kawat Duri

Pengertian dan fungsi kawat duri

Kawat duri adalah tipe kawat konstruksi yang terbuat dari pelintiran kawat panjang yang dalam jarak tertentu diselingi puntiran potongan kawat yang ujungnya diarahkan tegak lurus kawat utama. 

Biasanya kawat jenis ini digunakan sebagai pengaman efisien pada lingkungan properti ataupun perbatasan sebuah negara. Kawat ini disebut duri karena ujung permukaan yang runcing yang terbuat dari kawat galvanis. Selain itu kawat duri tersedia dengan ukuran panjang 60 meter per rollnya.

4. Kawat Loket

Pengertian dan fungsi kawat loket

Kawat loket atau atau biasa disebut Welded Wiremesh adalah kawat yang terbentuk dari bahan berkualitas dengan proses pengelasan khusus dibentuk seperti kotak-kotak, sehingga kawat ini memiliki struktur yang bersih, mengkilap dan kuat pada setiap sambungan lasnya. Pada umumnya kawat loket digunakan untuk pembuatan kandang burung, gudang, keranjang baju, rak roti dsb.

Jenis kawat loket terbagi menjadi dua jenis berdasarkan material pemuatannya

  • Kawat loket stainless steel yang dilapisi senyawa besi kromium.
  • Kawat loket galvanis, umumnya hampir sama dengan model stainless steel namun lapisannya terbuat dari galvanis sehingga kawat loket tahan terhadap karat dan korosi.
  • Kawat Loket PVC Hijau, tipe ini hampir sama dengan kawat loket galvanis. Yang membedakannya adalah kawat ini dilapisi dengan cairan PVC

5.  Kawat RAM

Pengertian dan fungsi kawat ram

Jesin kawat RAM bercirikan dengan kawat yang warna hijau. Proses pembentukan kawat ini dengan cara dianyam seperti pada kawat bronjong, namun perbedaan terlihat pada ukuran kotaknya. Kawat RAM umumnya memiliki ukuran anyaman kotak yang lebih kecil, yakni sekitar 1/4 inch (bisa dikatakan seukuran jari manusia) dengan panjang 10 meter setiap rollnya.

Pada umumnya konsumen menggunakan kawat ini sebagai bahan pembuat pagar atau dekorasi interior dinding rumah untuk menggantung memo, kunci, dan lain-lain karena harganya sendiri relatif lebih terjangkau.

6. Kawat Harmonika

Pengertian dan fungsi kawat harmonika

Kawat Harmonika adalah kawat yang terbuat dari anyaman kawat berbentuk kotak pipih yang dilapisi dengan cairan galvanis, sehingga kawat dapat menahan korosi atau anti karat. Daya tahan besi ini juga cukup kuat karena lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Umumnya kawat harmonika digunakan sebagai pagar pengaman lapangan olahraga, taman, sekolah, kandang hewan, partisi dan lain sebagainya.

Jenis kawat ini memiliki kelebihan seperti panjangnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, proses pemasangan mudah, harga terjangkau dan rasa aman digunakan. Berdasarkan jenis bahannya kawat harmonika dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Kawat harmonika galvanis dengan ukuran 50 X 50 X 1,8m X 30m dengan diameter besi 1,6mm hingga 3,4mm
  • Kawat harmonika PVC, tersedia dengan berbagai warna seperti hijau, merah, biru dan polos dengan ukuran 50 X 50 X 1,8m X 30m dan besi diameter 2,7mm hingga 4,0mm

7. Kawat Silet

Pengertian dan fungsi kawat silet

Kawat silet adalah jenis kawat yang terbentuk dari plat galvanis yang memiliki kelebihan anti karat yang sangat baik. Kawat silet terbuat dari kawat strip logam galvanis dengan tepi yang tajam berbentuk silet. Sebenarnya fungsi dan kegunaanya hampir sama dengan jenis kawat duri. Kawat silet ini punya beberapa jenis, yakni kawat duri silet BTO 22, BTO 30, BTO 60 dengan panjang sekitar 6-7 meter per rollnya. 

Terdapat mata silet yang tajam dengan desain yang sangat cocok untuk mode pengaman pada tembok maupun pagar untuk lokasi rumah, perkebunan, lembaga pemasyarakatan, kedutaan, ataupun bisnis Anda. Selain itu manfaat kawat silet juga sering dipakai jika terjadi huru – hara yang digunakan untuk pembatas jalan.

Baca juga: FUNGSI DAN JENIS KAWAT BENDRAT UNTUK KONSTRUKSI BANGUNAN

Itu dia beberapa jenis kawat yang umum digunakan oleh kontraktor. Jika Anda membutuhkan berbagai ukuran besi bendrat dengan harga yang cocok, silakan hubungi PT. Baja Mas Abadi. Perusahaan ini telah terpercaya menjadi distributor beberapa jenis besi untuk kebutuhan oyek Rumah, Pabrik, Gudang, Hotel, Sekolah, Dermaga, dan Bangunan Bertingkat Lainnya di wilayah Surabaya dan Indonesia bagian timur lainnya.


Author

%d bloggers like this: