Indonetwork, Makanan – Semakin berkembangnya industri bisnis makanan maka semakin banyaknya juga variasi kemasan makanan yang dikembangkan oleh produsen plastik. Saat mendengar mika bento sebagai wadah makanan tentu Anda tidak akan asing lagi, karena penggunaan produk ini sudah umum digunakan selama beberapa tahun terakhir.

Dahulu masyarakat membawa atau membeli makanan siap makan hanya menggunakan styrofoam atau dus, akan tetapi saat ini kebutuhan kemasan makanan telah beragam tergantung fungsi yang Anda inginkan. Berikut dibawah ini terdapat penjelasan mengenai jenis kemasan makanan yang umum digunakan pelaku usaha kuliner.

Jenis Kemasan Makanan

Kemasan dalam bisnis kuliner merupakan salah satu unsur yang bisa menentukan kepuasan konsumen, sehingga packaging bisa dikatakan sebagai elemen penting untuk meningkatkan penjualan. Kemasan ini didesain dengan cantik dan memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan volume makanan.

Berikut dibawah ini penjelasan mengenai jenis kemasan makanan yang umum digunakan, seperti:

Jenis Kemasan Makanan
Sumber: Istockphoto

1. Mika Bento

Produk ini memiliki ciri-ciri berbahan dasar plastik dengan jumlah sekat yang bervariasi tergantung kebutuhan sehingga dapat memisahkan nasi beserta lauk-pauknya. Selain itu mika bento juga memiliki alas berwarna dan tutup yang transparan sehingga Anda dapat melihat menu tanpa harus membuka tudungnya. Mika bento dapat digunakan untuk jenis lauk kering maupun basah karena penyekatnya pun cukup tinggi.

2. Sterofoam

Jenis tempat makan ini merupakan yang paling umum digunakan oleh penjual makanan kaki lima. Selain harganya murah karena terbuat dari busa, namun penggunaanya hanya bisa digunakan sekali pakai karena terbuat dari busa yang tipis. Terkadang beberapa pengguna mengatakan bahwa styrofoam tidak baik digunakan untuk meletakkan makanan yang bersuhu panas karena akan berbahaya untuk kesehatan.

3. Paper Lunch Box

Paper lunch box terbuat dari bahan kertas yang dilaminasi sekelilingnya sehingga wadah ini akan lebih tahan dengan minyak dan anti bocor. Jenis produk ini terdapat dua bentuk seperti kemasan bulat dan kotak ]. Biasanya kemasan ini cocok digunakan untuk menjual aneka nasi, aneka mie, ayam dan bebek, junk food serta seafood. Selain itu paper lunch box juga tersedia dengan variasi warna sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga: 6 TIPS BUAT KEMASAN MIKA KUE LEBIH AESTHETIC

4. Food Pail

Jenis wadah makanan ini terlihat lebih sederhana dengan paduan warna yang cenah, material pendukung terbuat dari  kertas seperti paper lunch box, namun dengan bentuk persegi panjang ke bawah. Karena materialnya yang terbuat dari kertas yang memiliki celah maka produk ini tidak cocok digunakan untuk makanan berkuah. Biasanya food pail digunakan untuk makanan seperti aneka nasi, aneka mie, ayam dan bebek, serta pasta. 

5. Gable Box

Jenis packaging ini biasanya digunakan untuk makanan kering seperti roti, kue, donut, cupcake, maupun cookies. Bahannya terbuat dari karton dan terdapat jinjingan di bagian atas. Packaging ini secara visual terlihat lebih menarik dengan ukuran yang cukup besar sehingga saat proses distribusi produk lebih aman dan memudahkan konsumen untuk membawa produk meski dalam jumlah yang banyak.

6. Besek Bambu

Penggunaan besek bambu biasanya digunakan untuk tema masakan tradisional yang lebih aesthetic. Produk yang diisi dalam penggunaan besek bambu sangat bervariasi mulai dari elemen kering dan basah. Biasanya lauk dan nasi akan dibungkus secara terpisah di dalam besek bambu berukuran cukup besar. Akan tetapi biaya penggunaan besek bambu ini akan lebih mahal dan karena terkesan lebih eksklusif.

7. Alumunium Foil Box

Pilihan kemasan terakhir ini umumnya dapat dimasukkan ke dalam microwave seperti takoyaki, spaghetti, lasagna, maupun kue-kue manis. Sehingga Anda tetap bisa menikmati makanan dalam suhu yang hangat. Bahan aluminium foil memiliki keunggulan yang cukup tinggi dengan penampilan yang tidak akan berubah, akan tetapI biaya wadah ini cukup besar untuk satu itemnya.

Setelah membaca penjelasan diatas. Jadi, jenis kemasan mana yang cocok dengan jenis produk usaha kuliner Anda?

Penataan Makanan Melalui Mika Bento
Sumber: Istockphoto

Penataan Makanan Melalui Mika Bento

Bento Box merupakan salah satu tipe wadah makanan yang populer di Jepang, saat budaya ini masuk ke Indonesia bukan saja restoran Jepang yang mengikuti tradisi makan dengan pemisahan tiap elemen lauk akan tetapi banyak jasa catering yang menggunakan wadah ini untuk membuat tampilan makanan lebih menggiurkan.

Perlu Anda sadari bahwa penggunaan mika bento yang terbuat dari plastik tebal, sangatlah berfungsi untuk menata makanan jenis catering yang memiliki berbagai variasi lauk, seperti:

1. Makanan terlihat rapi dan terorganisir

Fungsi utama dari penggunaan mika bento pastinya semua elemen makanan akan terlihat lebih rapi dan terorganisir. Sehingga Anda tidak perlu ragu akan tercampurnya makanan dengan cita rasa yang disukai maupun tidak.

2. Variasi Lauk Tidak Saling Bercampur

Umumnya makanan catering atau besek memiliki variasi lauk yang beragam, terdiri dari 2-3 jenis lauk yang hadir dalam satu wadah. Penggunaan mika bento yang memiliki sekat dapat memisahkan jenis satu lauk dengan lauk lainnya sehingga lauk tidak mudah bercampur dari segi rasa dan warna karena adanya guncangan. Selain itu penggunaan sekat makanan juga dapat mencegah lauk yang mudah basi untuk saling bercampur.

3. Meningkatkan Nilai Jual Produk

Penempatan makanan menggunakan mika bento, biasanya akan meningkatkan nilai jual karena produk terlihat lebih elegan jika dihidangkan untuk untuk acara formal. Konsumen juga dapat mengkonsumsi produk yang menggunakan mika bento dengan mudah karena mereka dapat menyisihkan varian lauk yang disuka atau tidak.

4. Makanan Terlihat Lebih Banyak

Umumnya mika bento memiliki wadah pipih berbentuk bulat, persegi panjang maupun kotak. Peletakan variasi makanan akan dilebarkan mengikuti ukuran mika bento sehingga makanan akan terlihat lebih banyak.

Rekomendasi Kemasan Makanan dari PT. Vackpack Indonesia

Setelah Anda mengetahui jenis kemasan makanan yang populer digunakan pelaku bisnis, khususnya fungsi dari mika bento tentu Anda ingin mengupgrade kualitas jasa catering yang dimiliki. Selain itu kemasan makanan yang inovatif biasanya akan meningkatkan potensi konsumen baru.

Salah satu perusahaan penyedia tray dan mika plastik berkualitas yaitu  PT. Vackpack Indonesia dapat menyediakan kebutuhan usaha kuliner atau jasa catering Anda lebih mudah. Selain itu mika bento buatan PT. Vackpack Indonesia sudah cukup berpengalaman dan terkenal digunakan oleh distributor produk makanan lainnya.

Untuk pemesanan dan informasi lengkap bisa dilakukan di website www.pabrikplastikmika.com

 

Author

Enable Notifications OK No thanks