Indonetwork, Makanan  – Siapa yang tidak kenal tumpeng? Tumpeng merupakan tradisi sajian dari pulau jawa yang digunakan dalam upacara adat baik dalam acara formal maupun informal. Dahulu kala tumpeng digunakan  untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur. Namun saat ini hidangan tumpeng, umum digunak untuk berbagai perayaan atau acara syukuran dan tradisi. Paket nasi tumpeng mini merupakan warisan budaya khas nusantara yang harus dilestarikan.

Sebagian besar dari Anda pasti pernah mengkonsumsi hidangan tumpeng di beberapa acara. Hidangan yang berbentuk kerucut dan umumnya menggunakan nasi kuning ini terdiri dari beberapa varian lauk yang mengelilinginya, jika dalam tradisi jawa lauk yang harus dihidangkan berjumlah tujuh item. Namun penyajian tumpeng saat ini telah beragam, konsumen dapat menambahkan banyak variasi lauk sesuai selera ditambah dekorasi cantik yang mengelilingi tumpeng kekinian.

Jenis Tumpeng di Nusantara

Biasanya penampilan nasi tumpeng dibuat semenarik mungkin dengan nasi keucut yang diletakkan di tengah kumpulan aneka lauk pendamping, setelah itu tumpeng dihias dengan berbagai garnish untuk meningkatkan visual. Berikut dibawah ini terdapat jenis tumpeng yang terkenal di nusantara, yaitu:

Baca juga: STANDAR NASI BOX YANG SEHAT DI TANGERANG

1. Tumpeng Kapuranto

Tumpeng Kapuranto
Sumber: kumparan.com

Jenis nasi tumpeng ini dibuat dengan nasi berwarna biru yang dihasilkan dari ekstrak bunga telang yang kaya antosianin dan bermanfaat bagi tubuh. Warna biru pada sajian nasi menandakan simbol kedamaian, ketulusan, kesetiaan, ketenangan antar sesama manusia. Selain itu tumpeng ini disajikan dengan tujuh lauk yang berbeda di sekitarnya.

2. Tumpeng Megana

Tumpeng Megana
Sumber: cnnindonesia.com

Biasanya tumpeng ini khusus dibuat untuk acara kelahiran anak. Nasi yang digunakan berwarna putih sebagai lambang kesucian pada bayi yang baru lahir. Selain itu tumpeng ini juga akan dihias dengan telur rebus dan cabai merah disekitarnya.

3. Tumpeng Pungkur

Tumpeng Pungkur
Sumber: kompasiana.com

Tumpeng pungkur biasanya digunakan dalam acara kematian. Bentuk tumpeng ini terdiri dari potongan dua nasi putih yang dibagi dua secara vertikal dengan posisi yang bertolak belakang. Ini menandakan orang yang meninggal tersebut sudah terpisah dari alam dunia dan saat ini berada di alam kubur.

4. Tumpeng Punar

Tumpeng punar biasa disajikan sebagai  wujud rasa syukur serta kegembiraan, sehingga warna yang disajikan dalam nasi ini berwarna kuning yang menandakan keceriaan. Biasanya jenis tumpeng ini disajikan bersama tempe kering, abon, kedelai goreng, kacang, dan lainnya.

5. Tumpeng Robyong

Tumpeng Robyong
Sumber: gizigo.id

Tumpeng Robyong dibuat dengan penuh hiasan. Biasanya disajikan di dalam bakul. Jenis tumpeng ini digunakan untuk acara-acara tertentu yang sifatnya suka cita, seperti pernikahan, khitanan atau hajatan. Keunikan dari tumpeng ini terletak pada ujung tumpengnya diberi telur ayam utuh, terasi bakar, bawang merah dan cabai merah. Semuanya ditusuk layaknya satai.

6. Tumpeng Ropoh

Jenis tumpeng ini dibuat dari nasi putih yang memakai pisang raja dan pisang Pulut.

Tumpeng ropoh dibuat dengan tujuan untuk mensyukuri hal yang senasib dan seperjuangan seperti mensyukuri telah mendapat keberhasilan saat merantau untuk mencari nafkah.

7. Tumpeng Khas Jakarta

Umumnya nasi tumpeng dari berbagai daerah memiliki kemiripan yang hampir sama, yang membedakan hanya tampilan dan jenis lauk yang menjadi komponen pelengkap. Umumnya untuk tumpeng khas Jakarta memiliki jenis lauk pauk seperti daging sapi gepuk dengan rasa manis, ayam bakar dan sate telur puyuh.

Jenis lauk dalam hidangan nasi tumpeng
Sumber: Pinteres

Lauk Favorit Dalam Paket Nasi Tumpeng

Satu paket nasi tumpeng biasanya menyajikan minimal 5-7 lauk beragam, variasi lauk ini harus mengandung unsur rasa pedas, manis dan segar seperti sayur. Lauk dari paket nasi tumpeng ini juga dibuat dengan cita rasa Indonesia yang khas yang pastinya familiar untuk dimakan.

Lauk yang paling sering muncul dalam paket nasi tumpeng mini maupun besar, seperti:

1. Ayam Goreng

Biasanya ayam goreng merupakan menu andalan untuk semua hidangan, rasanya yang gurih ditambah serundreng yang berbumbu membuat acara makan nasi tumpeng Anda menjadi semakin lengkap.

2. Sambel Goreng Ati Ampela

Tidak kalah popularitasnya dengan ayam goreng, sambel goreng ati ampela dibuat dari jeroan ayam yang dibalut dengan sambal balado dan kentang, terkadang beberapa konsumen juga menambahkannya dengan pete agar hidangan ini terlihat cantik.

3. Kering Kentang

Tekstur dari kering kentang yang crispy membuat hidangan tumpeng saat dimakannya lebih memiliki tekstur, sehingga Anda tidak akan bosan saat mengunyah tiap suapan dari nasi tumpeng ini.

4. Perkedel Kentang

Lauk ini dibuat dari kentang yang dihaluskan dengan paduan kornet atau daging cincang untuk menambah cita rasa mewah didalamnya. Bentuknya yang bulat dengan warna coklat keemasan membuat tampilan tumpeng lebih menarik.

5. Urap Sayur

Penampilan dari lauk ini seperti salad ala Indonesia yang terdiri dari campuran aneka sayuran rebus seperti tauge, kangkung, bayam, dan kacang panjang yang dicampur bersama parutan kelapa berbumbu. Rasa dari urap ini gurih, sedap, dan lezat penuh bumbu. Sayur ini cocok sekali disajikan untuk menyeimbangi lauk lainnya.

6. Telur Balado atau Telur Pindang

Telur merupakan lauk yang paling banyak diminati oleh konsumen. Dengan adanya sambal balado pada telur rebus membuat penyedia tidak perlu lagi membuat sambel terasi untuk menyajikan cita rasa pedas dalam lauk.

7. Bihun Goreng atau Mie Goreng

Walaupun mie atau bihun termasuk dalam kandungan karbohidrat, akan tetapi banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan bihun ataupun mie sebagai lauk tambahan karena rasanya yang asin dan gurih.

8. Tempe Orek

Tempe merupakan lauk wajib yang harus ada dalam meja makan masyarakat Indonesia. Tempe orek dapat dibuat dengan dua cita rasa baik pedas maupun manis, dengan potongan tempe yang beragam tergantung kebutuhan Anda

Nasi Tumpeng Mini ala Kanjeng Mama

Paket nasi tumpeng sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, dan sangat pas untuk menjadi sajian utama dari setiap momen ataupun acara penting yang Anda selenggarakan. Sajian paket nasi tumpeng sendiri bisa Anda temukan dengan berbagai ukuran yang dijual dipasaran dengan ukuran besar, sedang dan mini. Setelah itu, Anda hanya perlu menyesuaikan budget dan kebutuhan. 

Tahukah Anda, bahwa Tumpeng mini dari Kanjeng Mama bukan sekedar tumpeng biasa berisi nasi dan lauk. Tumpeng ini dibuat spesial memberikan tampilan menarik maupun rasa yang luar biasa, selain itu pake nasi tumpeng Kanjeng mini ala Mama memberikan jaminan atas kualitas dari bahan pembuatnya yang selalu terjaga. Anda akan merasakan mengkonsumsi tumpeng mewah dengan budget yang ekonomis.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks