Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Pernahkah Anda melihat isi dari dapur profesional? Tentu di dalamnya terdapat berbagai peralatan dan kebutuhan para chef kelas internasional yang tentunya jarang ditemui pada dapur rumahan. Salah satu kebutuhan paling penting yaitu meja kerja stainless steel, peran produk ini sangat berpengaruh untuk mendukung berbagai kegiatan chef yang cukup padat selama di dapur.

Bagi Anda yang ingin memulai bidang usaha kuliner terbaru, penggunaan perlengkapan meja stainless steel tentu sangat dibutuhkan karena memiliki berbagai keunggulan. Yuk, mengenal apa saja perlengkapan dapur yang terbuat dari stainless steel dan wajib dimiliki oleh dapur profesional. Simak terus informasi di bawah ini, ya!

Pengertian Dapur Profesional

Dapur profesional adalah area tempat bekerja para chef profesional yang terbagi dari berbagai divisi chef untuk melakukan quality control terhadap hasil masakan. Pemasangan peralatan dapur stainless professional juga dilakukan pada tempat yang terpisah dengan lahan yang luas dan kepemilikan perlengkapan, alat-alat masak yang dibuat khusus dari bahan yang bermutu. Biasanya dapur profesional terdapat pada restoran dengan kapasitas besar, hotel berbintang, rumah sakit yang harus tetap dijaga mutu dan kebersihannya.

Baca juga: KARAKTERISTIK DAN CARA MENGHITUNG BERAT STAINLESS STEEL

Perlengkapan Dapur dari Stainless Steel

Perlengkapan Dapur dari Stainless Steel

Dapur yang memiliki perlengkapan dari stainless steel biasanya lebih unggul karena memiliki ketahanan yang sangat baik, walaupun harganya peralatannya cukup mahal namun kualitasnya akan sangat menjamin baik dari penyajian makanan maupun kenyamanan chef saat memasak.

Komponen untuk mendirikan sebuah dapur professional tentu sangat banyak baik dari segi perlengkapan maupun peralatannya, beberapa perlengkapan yang harus Anda sediakan seperti:

1. Wastafel

Wastafel biasanya digunakan untuk mencuci berbagai peralatan masak, bahan yang akan dimasak hingga piring sajian untuk konsumen. Bahan Stainless steel banyak digunakan, karena ketahanannya terhadap panas, korosi, dan noda.

engan kandungan kromium, mengingat wastafel sendiri merupakan tempat yang lembab. Bahan ini biasanya bereaksi terhadap oksigen di udara dan kemudian membentuk lapisan pelindung yang mampu mencegah karat dan mengurangi risiko bercak-bercak akibat jamur.

2. Meja Kerja Stainless

Meja kerja stainless yang dimaksud biasanya digunakan sebagai perlengkapan memotong dan meletakkan peralatan dapur yang berfungsi untuk menunjang aktivitas pada dapur restoran. Meja dapur stainless ini dilengkapi dengan rak di bagian bawah atau yang biasa disebut solid undershelf. Meja ini memiliki body yang terbuat dari stainless steel, dapat menjaga peralatan dapur stainless tetap terhindar dari karat yang mampu mempengaruhi kualitas makanan. 

Penggunaan meja stainless ini biasanya dapat dipesan secara fleksibel mengikuti ukuran dan besar ruangan dapur Anda. Meja ini bisa diletakkan pada pojok ruangan dengan tingkatan dan jumlah laci yang dapat disesuaikan.

3. Rak Susun

Penggunaan rak susun biasanya diletakkan pada dinding dapur, hal ini berguna untuk meletakkan berbagai keperluan bumbu dapur yang paling sering dibutuhkan oleh chef. Pada dapur profesional rak biasanya terbuat dari bahan stainless steel bertujuan agar mudah di lap dan terhindar dari korosi yang dapat mempengaruhi kualitas rasa dan kesehatan makanan.

4. Kompor

Kompor merupakan salah satu elemen penting di dalam kebutuhan karena berfungsi sebagai memasak makanan.  Sebagai profesional chef sebaiknya Anda dianjurkan memilih kompor yang berkualitas agar terjamin keamanannya. Biasanya kompor yang digunakan dapur profesional terbuat dari stainless steel, karena tungku memasak bukan saja terdiri dari dua komponen bahkan hingga 4 sampai 6 tungku agar proses memasak lebih cepat.

5. Penghisap Asap

Setiap dapur professional pasti memiliki alat penghisap asap, biasanya alat diletakkan pada kompor supaya aroma masakan cepat terhirup dan tidak menyebar ke berbagai sudut ruangan, bahkan dapur tetap memiliki sirkulasi udara yang baik. Setiap model alat penghisap asap dapur ini biasanya memiliki fitur tambahan tertentu yang membuat  chef merasa nyaman ketika melakukan aktivitasnya.

6. Trolley Dapur

Trolley merupakan alat yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan selama didapur. Alat ini berfungsi sebagai alat pendistribusian makanan untuk memindahkan hidangan dari satu area ke area lainnya, seperti contohnya pada area dapur ke area meja makan atau dari area eksekusi makanan ke tempat pencucian piring. Trolly dapur biasanya tersedia dengan berbagai pilihan rak susun sesuai kebutuhan mulai dari 2-3 slot.

7. Freezer Stainless

Penggunaan freezer stainless berbeda dengan freezer rumahan lainnya baik dari segi kualitas dan kapabilitas penampungan. Bentuk freezer ini sendiri ada yang secara vertikal maupun horizontal dengan bahan yang terbuat dari stainless sehingga alat tidak mudah berjamur ketika terlalu sering dibuka ataupun tutup.

Alasan Menggunakan Alat Dapur Stainless Steel

Alasan Menggunakan Alat Dapur Stainless Steel

Biasanya para chef mendambakan bekerja dengan alat-alat dapur profesional yang memadai, hal tersebut dikarenakan alat dapur dengan bahan stainless steel memiliki keunggulan seperti:

  • Peralatan yang tahan karat sehingga mudah dibersihkan dan dirawat.
  • Produk lebih awet dan tahan lama karena tidak memiliki pori-pori yang akan menimbulkan masuknya bakteri
  • Tidak dapat mempengaruhi bau dan rasa
  • Fleksibel ketika dimasukkan pada lemari pendingin maupun pemanas
  • Bersifat multifungsi dan dapat dimanfaatkan sebagai tempat berbagai jenis makanan
  • Biaya perawatan yang murah
  • Memiliki desain yang simpel dan elegan
  • Memiliki kualitas yang konsisten

Baca juga: 7 KEUNGGULAN PERALATAN DAPUR DARI STAINLESS STEEL

Penyedia Perlengkapan Dapur Stainless Steel

Jika Anda menginginkan supply produk perlengkapan dapur stainless untuk kebutuhan bisnis kuliner, dapur kantor, rumah sakit ataupun komponen pada dapur hotel silakan menghubungi Indonetwork. Kami menyediakan berbagai kitchen equipment, salah satunya satunya meja kerja stainless steel terlengkap dan terbaik di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Anda. Tidak perlu ragu dengan kualitas dan harga yang ditawarkan, karena cukup banyak mitra yang telah bekerjasama dengan kami, tunggu apa lagi dapatkan penawaran harga terbaik sekarang juga!

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks