Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Area bermain anak atau playground sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Oleh karena itu permainan indoor playground harus memiliki manfaat yang baik bagi tumbuh kembang anak dan tentunya aman. Anda bisa membuat indoor playground untuk anak di dalam rumah agar mudah dalam pemantauan dan terjamin kebersihannya.

Permainan-permainan yang ada di playground sifatnya harus mengedukasi, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan. Melalui playground, anak diajak untuk mengeksplor keseruan dalam bergerak aktif dan membangun imajinasi serta kreativitas. Berikut ini adalah ulasan permainan yang perlu ada di indoor playground anak di rumah.

Baca juga: 8 TIPS YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN PLAYGROUND

Permainan Untuk Indoor Playground Anak di Rumah

Sebelum membangun area bermain di rumah, pastikan Anda sebagai orang tua memilih permainan yang memberikan dampak positif pada anak  ketika bermain playground. Berikut ini adalah jenis permainan untuk indoor playground.

1. Matras Puzzle 

matras puzzle

Bagi orangtua yang memiliki anak di usia balita, matras puzzle ini tentu menjadi hal penting. Matras ini digunakan untuk melindungi si kecil ketika jatuh saat bermain di playground. Sehingga dapat mencegah bahaya dari kegiatan anak diatas permukaan lantai yang keras. Selain itu, matras puzzle ini dapat dijadikan alas untuk duduk karena teksturnya yang empuk dan nyaman digunakan.

Matras puzzle biasanya memiliki desain yang menarik dimana terdapat warna atau gambar-gambar edukasi seperti huruf atau angka. Anda bisa memilih matras dengan ketebalan tertentu yang sesuai kebutuhan. Pastikan juga matras mudah dibersihkan dan tidak mudah rusak jika terkena air.

2. Perosotan Anak

perosotan anak

Permainan perosotan tentu seringkali ditemukan pada playground. Perosotan memiliki banyak manfaat untuk anak, diantaranya melatih keseimbangan, koordinasi, dan kesadaran spasial. Tia hanya itu, perosotan juga membuat anak mengembangkan kemampuan motorik serta merangsang sensori penglihatan, proprioseptif, dan vestibular.

Saat ini desain permainan perosotan semakin unik dan menarik untuk anak-anak, bisa berbentuk binatang dengan warna cerah. Anda bisa memiliki perosotan yang terbuat dari plastik dan ukuran yang tidak terlalu besar atau tinggi. 

3. Ayunan

ayunan

Ayunan menjadi jenis permainan yang disukai oleh anak pada usia balita. Permainan ayunan ternyata memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Ayunan dapat meningkatkan koordinasi anak, kesadaran spasial, mengembangkan sistem sensorik, serta membantu anak tidur lebih cepat karena lebih rileks. 

Orangtua juga perlu untuk mengawasi anak ketika bermain ayunan agar tidak terjatuh. Anda bisa menggunakan ayunan yang didesain dengan sandaran serta dilengkapi safety belt yang cocok untuk digunakan oleh balita. 

4. Kolam Bola

kolam bola

Jenis permainan ini juga menjadi favorit bagi anak-anak dari berbagai usia. Bagaimana tidak, anak dapat bermain di kolam bola berwarna-warni yang empuk dan tentunya kegiatan yang menyenangkan. Kolam bola juga memiliki manfaat untuk anak, diantaranya adalah memberikan sensasi rileks, melatih motorik halus, meningkatkan fokus dan konsentrasi anak.

Pastikan Anda menjaga kebersihan pada area kolam bola agar tidak ada benda tajam yang masuk ke dalamnya. Orang tua juga perlu mengawasi anak di usia balita untuk mencegah terjadi cedera ketika bermain di kolam bola bersama temannya.

5. Playhouse 

playhouse

Playhouse atau yang lebih dikenal dengan rumah-rumahan merupakan permainan yang mampu meningkatkan daya imajinasi, menstimulasi konsep kepribadian anak, melatih kecerdasan sosial, serta memperbanyak kosa katanya. Hal ini dikarenakan anak dapat berinteraksi dengan teman atau saudaranya ketika bermain. 

Permainan ini sangat cocok untuk dimainkan baik anak laki-laki maupun perempuan. Anda bisa melengkapi dengan perkakas atau peralatan masak yang dapat meningkatkan imajinasi anak. 

6. Ring Basket

ring basket

Permainan ring basket menjadi pilihan tepat agar anak bisa lebih aktif bergerak. Anak akan berlari, melompat, menggiring, dan menembak bola ke ring yang dapat melatih fisik serta daya tahan. Tidak hanya itu, bermain basket juga melatih keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi tangan serta mata yang baik. 

Anda bisa memilih ring basket dengan tinggi yang sesuai ukuran anak-anak. Ukuran bola juga dapat dipilih agar tidak terlalu besar dan berat untuk anak. Tentu saja anak akan senang bermain permainan bergerak yang membutuhkan strategis. 

7. Pasir Kinetik

pasir kinetik

Sarana belajar dan bermain dapat Anda dapatkan melalui permainan pasir kinetik. Permainan ini cukup menyenangkan karena pasir berwarna-warni memiliki tekstur yang halus dan kering. Pasir kinetik memiliki manfaat, yaitu melatih motorik halus anak, mengenalkan anak tekstur baru, melatih ketenangan dan konsentrasi anak, serta merangsang kreativitas pada anak.

Saat ini banyak yang menjual pasir kinetik karena banyak dijadikan permainan yang baik untuk perkembangan anak. Namun, Anda sebagai orang tua juga dapat membuat permainan ini sendiri di rumah. Anda bisa menemukan banyak cara mudah untuk membuat pasir kinetik yang aman untuk anak.

Baca juga: 7 REKOMENDASI RESTORAN DENGAN SARANA OUTDOOR PLAYGROUND

Playground memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak. Permainannya yang beragam dapat membantu perkembangan anak baik pada fisik hingga imajinasi anak. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua dapat membuat indoor playground anak agar dapat aktif beraktifitas meskipun di dalam rumah, terutama dengan keadaan pandemi Covid-19 tahun ini. 

Untuk itu hadir  konsultan pembangunan dan pembuat playground berkualitas. Salah satunya adalah PT. Wahana Tirta Estetika yang sudah menjalankan banyak proyek pada rumah tinggal, apartemen, hotel, sekolah dan masih banyak lagi untuk membuat playground yang aman dan berkualitas. Langsung saja hubungi jasa pembuat playground dan wujudkan playground terbaik untuk anak Anda!


Author

%d bloggers like this: