Indonetwork, Wahana – “Bermain memupuk rasa memiliki dan mendorong kerja sama.” Stuart Brown, M.D. Psikiater Amerika Kontemporer. Setiap anak memiliki memori menarik yang berbeda tentang bagaimana bermain di lingkungan terdekat, sekolah, atau bahkan taman bermain. Mereka menantikan untuk bertemu teman baru dan bermain game kelompok yang tidak mereka dapatkan di rumah. Karenanya playground menjadi sangat populer dan dapat menarik lebih banyak pengunjung jika Anda memiliki usaha restoran, salon, dan lain sebagainya. Untuk mewujudkannya Anda dapat membaca beberapa tips berikut ini sekaligus rekomendasi jasa pembuatan playground yang berkualitas.

Tips Pembuatan Playground

Taman bermain yang terpelihara dengan baik dan dirancang secara efisien tidak hanya mempromosikan permainan bebas tetapi juga mengikuti perkembangan keterampilan sosial dan kepercayaan diri. Seiring bertambahnya jadwal anak-anak dengan tugas sekolah dan kegiatan terkait lainnya, maka adanya playground menjadi penting. Bermain di luar adalah bagian penting dari pertumbuhan. Ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan kekuatan fisik, keseimbangan, koordinasi, kreativitas, berpikir dan keterampilan perawatan diri.

Anda mungkin berpikir bahwa memiliki taman bermain perumahan atau membeli peralatan taman bermain komersial mungkin sulit dan mahal, tetapi ada beberapa cara untuk membuatnya bekerja secara efisien. Saat Anda membaca, Anda akan menemukan lebih banyak cara untuk menghindari menghabiskan banyak uang untuk membuat playground impian Anda, baik itu di taman lingkungan atau dalam kenyamanan halaman belakang rumah Anda sendiri.

1. Lokasi

Tentukan tempat yang aman dan nyaman untuk memasang playground. Anda harus memiliki cukup ruang untuk menambahkan setidaknya 6 kaki permukaan pengaman di sekitar peralatan bermain. Jangan membangun di atas tanah yang padat, seperti tanah liat, karena kemungkinan besar akan menyebabkan masalah drainase. Kaji fitur alam dan buatan seperti angin dan pola lalu lintas yang mungkin akan mempengaruhi taman bermain.

jasa pembuatan playground outdoor
Sumber: Pixabay.com

2. Survey

Lihat taman bermain lainnya dan lihat apa yang membuatnya menarik bagi anak-anak. Mengenal peralatan bermain yang digunakan akan membantu Anda membuat pilihan yang baik. Ajak anak Anda dan saksikan mereka bermain, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui peralatan apa yang akan mereka nikmati. Karena Anda sudah tahu apa yang dimiliki taman bermain lain, Anda bisa merencanakan taman bermain Anda menjadi lebih kreatif.

Jasa Pembuatan Playground Indoor
Sumber: Pixabay.com

3. Pasar

Pastikan peralatan bermain yang akan Anda miliki sesuai dengan usia. Kelompok usia yang berbeda adalah 6 hingga 23 bulan, usia 2 hingga 5, dan 5 hingga 12. Anak-anak berkembang secara berbeda dalam hal ukuran dan kemampuan, jadi pastikan untuk memiliki taman bermain yang sesuai untuk anak-anak prasekolah dan anak sekolah dasar. Memiliki batas yang pasti dan tanda yang sesuai untuk membantu orang tua dan anak-anak dalam mengetahui parameter playground.

Jasa Pembuatan Playground Jakarta
Sumber: Pixabay.com

4. Sketsa

Mulailah menggambar. Draf atau diagram kasar dari area yang terlihat memungkinkan Anda memiliki template untuk ide-ide Anda. Anda dapat dengan mudah mengubah item yang sesuai sampai Anda memutuskan apa yang paling berhasil. Ini mungkin tidak terlihat sebagus dibandingkan dengan apa yang akan dilakukan oleh seorang desainer atau insinyur, tetapi setidaknya Anda memiliki sesuatu untuk ditunjukkan kepada jasa pembuatan playground selama perencanaan awal.

5. Aksesibel

Playground semestinya mudah dijangkau. Lebih baik lagi jika dapat diakses oleh anak-anak yang menggunakan kursi roda bersama dengan jalur landai dan stasiun transfer. Seluruh struktur dan peralatan taman bermain tidak berarti harus dapat diakses kursi roda, tetapi anak-anak dengan dan tanpa disabilitas harus dapat bermain dan berinteraksi dengan cara yang berbeda. Pasang tanda untuk memberi tahu orang tua dan anak-anak bahwa anak-anak difabel disambut di playground tersebut. Lengkapi kotak pasir dengan tanjakan kursi roda untuk pembatas.

Baca Juga: 5 PERLENGKAPAN PEMASANGAN PLAYGROUND UNTUK ANAK

6. Koleksi Permainan

Berbagai pilihan bermain membuat playground jauh lebih menarik. Anda tidak perlu menginvestasikan anggaran Anda sepenuhnya untuk struktur taman bermain yang besar. Sementara sebagian besar anak-anak menikmati jenis peralatan bermain ini, beberapa akan memilih kotak pasir, papan gambar, atau jenis permainan yang lebih eksperimental. Semakin banyak opsi bermain yang Anda berikan, semakin besar peluang pengembangan.

Peralatan tetap seperti perosotan, ayunan, rel monyet dan palang gantung semuanya harus ditempatkan di area aktif. Ini harus mencakup ruang terbuka untuk berlari, jungkir balik dan permainan bola. Area yang tenang harus memungkinkan seorang anak atau sekelompok kecil anak-anak untuk berbicara, membaca, berinteraksi dengan alam atau sekadar mengamati kelompok lain sebelum bergabung. Menyediakan area seperti ini juga membantu anak-anak membangun kepercayaan diri mereka.

7. Keamanan

Permukaan penting karena memainkan peran besar dalam melindungi anak-anak jika mereka jatuh. Memiliki permukaan keselamatan yang tepat dalam playground adalah suatu keharusan untuk menghindari cedera fatal. Anda dapat menambahkan lapisan bantalan yang kokoh untuk permukaan playground. Memasang pagar yang tepat juga akan menghindari kendaraan menabrak taman bermain dan anak-anak berisiko terlindas, jika mereka berkeliaran di luar taman bermain. 

Baca Juga: 7 REKOMENDASI RESTORAN DENGAN SARANA OUTDOOR PLAYGROUND

8. Perawatan

Karena pekerjaan tidak berhenti begitu taman bermain dibangun, buat dan ikuti rutinitas perawatan rutin. Memastikan bahwa anak-anak akan aman sama pentingnya dengan melindungi investasi Anda. Periksa rel yang lepas, retak, dan bahaya lainnya. Hubungi perusahaan jasa pembuatan playground yang juga menawarkan garansi jangka panjang.

Rekomendasi Jasa Pembuatan Playground

Salah satu perusahaan jasa pembuatan playground yang dapat direkomendasikan adalah PT Wahana Tirta Estetika. Perusahaan tersebut memproduksi dan merancang peralatan bermain yang dirancang dengan bahan berkualitas tinggi untuk ketahanan dan keamanan. Dari peralatan indoor hingga outdoor, gym anak hingga project komersial, Anda akan dilayani dengan senang hati. Anda juga dapat menyesuaikan budget dan penggunaan.


Author

%d bloggers like this: