Indonetwork, Bahan Bangunan – Fungsi awal dari pemasangan bronjong dilakukan untuk penahan pondasi bangunan atau tanah di sekitar wilayah yang rawan terjadi bencana. Mungkin pada awalnya pemasangan pondasi digunakan dengan tembok beton, akan tetapi seiring berjalannya waktu penggunaan kawat bronjong dinilai lebih efisien dan fleksibel terhadap berbagai kondisi lingkungan. Pondasi sendiri berfungsi menyalurkan beban dari struktur diatasnya ke lapisan tanah pendukung atau batuan yang berada di bawahnya.

Yuk simak bagaimana ketahanan dan proses pemasangan kawat ini pada bantaran sungai, simak terus informasi dibawah ini ya!

Baca juga: 6 KEGUNAAN KAWAT BRONJONG SEBAGAI GABION RUMAH

Tahapan Memasang Kawat Bronjong

Tahapan Memasang Kawat Bronjong

Pemasangan kawat bronjong yang tidak benar dapat berakibat kerugian yang cukup fatal, hal ini dikarenakan produk ini akan mudah terseret arus longsor maupun banjir. Batu-batu yang dipasang pun akan mudah keluar dan berserakan sepanjang sungai ataupun pondasi yang dibuat. Tidak banyak masyarakat yang mengerti tahapan pemasangan kawat ini yang benar. Nah, berikut ini secara sistematis rangkaian prosedur yang aman supaya berbagai kondisi alam dapat menahan pondasi tanah, seperti:

1. Mempersiapkan Lokasi Penempatan Bronjong

Tahap pertama dilakukan survey dengan mempersiapkan perencanaan penempatan kawat bronjong dan pengurukan jika diperlukan, setelah itu pihak pekerja akan mulai melakukan pembersihan lokasi, pengukuran dan pematokan area kerja, sampai dengan melakukan penggalian, pengurugan dan pemadatan tanah sebagaimana pekerjaan pondasi pada biasanya.

2. Pengaturan Kawat Bronjong

Selanjutnya, setelah lokasi siap pekerja akan menggunakan lokasi tersebut untuk dikerjakan pemasangan bronjong, akan tetapi harus melakukan uji mutu kepadatan tanah apakah sudah sesuai dengan spesifikasi. Setelah laboratorium menghasilkan rekomendasi bahwa kepadatan tanah telah memenuhi daya dukung, maka pelaksana dapat melakukan pemasangan penyekat atau pelapis bronjong yang terbuat dari ijuk atau model sekarang disebut dengan geotextile.

Setelah itu di atasnya digelar anyaman bronjong yang telah diukur, biasanya struktur bronjong biasanya cukup panjang dan tinggi, maka susunan bronjong dilakukan lapis per lapis, dan setiap lapis bronjong yang satu dengan yang lainnya harus diikat dengan kawat pengikat dan ditambah dengan dipasang angkur.

3. Pengikatan Rangkaian Bronjong 

Setelah bronjong dipasang setiap lapisan dimulai dari yang paling bawah, setelah itu produk harus ditata berbaris dan setiap batas barisan bronjong dipasang angker penguat dari besi, dan kemudian untuk mengikatkan satu bronjong dengan bronjong yang lain diikat dengan menggunakan kawat pengikat. ANtara bronjong harus diikat dengan kuat supaya tidak terjadi pergeseran bronjong setelah dilakukan pengisian.

4. Pengujian Kekokohan Rakitan Bronjong

Umumnya, kawat ini yang telah dirangkai dan sudah diikat satu dengan yang lain akan dilakukan pengisian material, bronjong harus diuji kekokohannya oleh pelaksana lapangan dan dilaporkan kepada manajer lapangan agar mendapatkan ijin untuk dilakukan pengisian material.

5. Pengisian Batuan Kedalam Kawat Bronjong

Setelah mendapat izin dari manajer lapangan, biasanya bronjong mulai dilakukan pengisian. Pengisian bronjong dilakukan mulai dari rangkaian bronjong paling pinggir, dan jika gradasi material tidak seragam, maka untuk pengisian bronjong bagian pinggir harus disusun material yang bergradasi lebih kecil dari diameter lobang kawat, diletakan ditengah-tengah dan diapit oleh material yang memenuhi syarat dimensi. Setelah bronjong diisi penuh maka tidak boleh langsung ditutup, melainkan harus dilakukan pengujian kepadatan isi material.

6. Pengujian Pengisian Material Bronjong

Pengujian dilakukan oleh pelaksana lapangan yang didampingi oleh manajer lapangan dan direksi. Bronjong yang telah diisi penuh dengan material, sebelumnya harus dilakukan pengujian kepadatan, proses dilakukan dengan pembebanan di atas bronjong dan jika ternyata setelah dibebani dan digoyang tetap kokoh, maka bronjong dianggap telah kuat menahan beban dan dorongan beban. 

7. Penutupan Anyaman Kawat Bronjong 

Setelah ijin kepadatan dikeluarkan oleh direksi dan manajer lapangan, selanjutnya pelaksana lapangan dapat melakukan penutupan dan pengikatan penyulaman bronjong dengan kawat pengikat.

Ketahanan Kawat Bronjong

Tahapan Memasang Kawat Bronjong

Jika dilihat dari fungsinya,bronjong memiliki peran yang sangat penting, karena berfungsi untuk melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing, tepi sungai, dan tanggul agar tidak longsor. Walaupun ketahanan dari kawat ini dapat dikatakan sangat kuat, namun hal ini juga bergantung pada kondisi lingkungan sekitar bronjong. Contohnya kawat ini yang di pasang di tepi sungai akan rentan dimasuki oleh sampah-sampah kecil yang menyangkut di dalamnya. Hal tersebut tentu membuat kawat menjadi mudah rusak karena tersangkut dan menahan beban yang cukup berat.

Kawat jenis ini memang didesain untuk tahan air, namun bebatuan yang ada di dalamnya tentu akan semakin mengikis apabila diterjang arus air yang sangat deras. Namun untuk mendapatkan ketahanan yang lebih Anda dapat menggunakan kawat yang dipabrikasi menggunakan mesin dengan bahan SNI supaya kualitasnya terjaga, biasanya kawat juga akan lebih kuat ketika penganyaman dilakukan menggunakan mesin bukan secara manual dengan tangan.

Baca juga: KELEBIHAN & KEKURANGAN KAWAT BRONJONG TERBARU

Jual Kawat Bronjong

Setelah Anda mengetahui ketahanan kawat ini beserta cara pemasangannya untuk pondasi jalan maupun sungai, terdapat rekomendasi perusahaan jual kawat bronjong yang berkualitas baik dan dapat Anda konsultasikan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. Silakan hubungi perusahaan supplier besi dan baja, alat teknik, bahan banguna dan sebagainya di CV. Dua Putra Petir.

Perusahaan ini berlokasi di Surabaya, menyediakan berbagai ukuran dan bentuk serta baik kualitas dan kredibilitasnya sudah terpercaya oleh puluhan bahkan ratusan klien yang ada di Indonesia. Tidak perlu khawatir masalah harga, karena CV. Dua Putra Petir menawarkan harga yang pas untuk budget Anda, tunggu apalagi konsultasikan kebutuhan Anda sekarang juga pada pelayanannya yang ramah.


Author

%d bloggers like this: