Indonetwork, Bahan Bangunan – Salah satu material yang tidak lazim digunakan dalam konstruksi bangunan adalah kawat bronjong. Kawat ini terbuat dari material besi atau logam yang kokoh, kemudian dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Meskipun begitu, kegunaan kawat bronjong cukup penting konstruksi bangunan.

Jika kita perhatikan, kawat bronjong ini dianyamkan dengan rongga segi empat atau segi enam. Anda akan sering melihat kawat ini di sisi sungai atau bendungan karena kegunaannya yaitu untuk menahan longsor atau erosi.

Namun sekarang kegunaan kawat bronjong tidak hanya untuk konstruksi bangunan saja, namun sudah dapat dipakai untuk kebutuhan dekorasi. Dengan begitu komponen bangunan yang satu ini bersifat serbaguna yang dipakai untuk keperluan apapun.

Cara Memilih Batako Yang Baik |CV. Arsitek Indo Kontraktor

Baca juga: Cara pasang batako untuk pemula

Kegunaan Kawat Bronjong

Berikut ini adalah beberapa kegunaan kawat bronjong yang perlu Anda ketahui.

1. Sebagai Penahan Erosi

Awalnya kawat bronjong hanya dapat digunakan sebagai lapisan luar bebatuan yang dikunci, kemudian membentuk balok. Setelah itu itu balok-balok tersebut dijejerkan di samping sungai di daerah yang rentan mengalami erosi.

Kupas Tuntas Bronjong, Dari Penahan Longsor Hingga Bagian Arsitektur Rumah
Sumber: dekoruma.com

Seiring berjalannya waktu, kawat tersebut harus diganti karena kualitasnya sudah tidak bagus. Dalam periode waktu tertentu biasanya akan diganti.

2. Gabion Pagar Rumah

Sekarang kawat bronjong tidak hanya dapat kita gunakan untuk membuat balok-balok sebagai penahan erosi di sungai saja. Kita bisa memakai kawat bronjong sebagai gabion pagar rumah.

Jarang Diketahui Ini Inspirasi Bronjong untuk Desain Rumah yang Unik
Sumber: archify.com

Rumah yang memakai gabion pagar rumah dari kawat bronjong akan terlihat lebih natural dan menyatu dengan alam. Apalagi jika di sekitar rumah Anda terdapat banyak tanaman atau pohon, maka akan terlihat lebih natural lagi.

Namun tidak hanya untuk rumah dengan model desain natural saja, Anda dapat memakai gabion ini untuk model apapun. Namun pastikan untuk membuatnya dengan lebih rapi supaya terlihat bagus.

3. Gabion Pot Tanaman

Anda dapat memakai kawat bronjong untuk membuat gabion pot tanaman. Jika saat ini Anda masih memakai pot bunga atau tanaman hias dari plastik, sebaiknya segera beralih dengan memakai gabion yang terbuat dari kawat bronjong.

LINGKAR WARNA: Taman tampil lebih berkarakter dengan pot bronjong batu
Sumber: lingkarwarna.com

Desain pot bunga yang terbuat dari gabion kawat bronjong akan terlihat lebih menarik ketimbang pot biasanya. Bahkan kualitasnya akan lebih kuat dibandingkan dengan pot bunga yang terbuat dari plastik, keramik, atau tanah liat.

4. Gabion Penghias Taman

Arti dan Fakta Instalasi Gabion di Bundaran HI
Sumber: aktualita.co

Kalau area taman Anda terlihat kosong dan membosankan, Anda bisa membuat gabion kawat bronjong. Akan lebih bagus lagi jika dikombinasikan dengan lampu LED pada kawat dan menanamkan tumbuhannya merambat, sehingga akan terlihat lebih cantik dan natural.

5. Gabion Pondasi Meja

Mengenal Jauh Kawat Bronjong & Penggunaanya untuk Rumah
Sumber: berita.99.co

Bebatuan yang ada di dalam gabion bisa kita gunakan untuk menahan permukaan meja. Bahkan gabion ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan pondasi kayu atau material lainnya. Selain itu akan terlihat stylish.

Wajib Tahu, Inilah Kegunaan dan Sifat Pipa Besi Hollow – Pusat HDPE

Baca juga: PERKIRAAN HARGA PIPA HOLLOW TERBARU

6. Gabion Kursi

Selama dipasang dengan cara yang benar, Anda juga bisa menggunakan kawat bronjong sebagai gabion kursi. Hal yang harus Anda perhatikan adalah pada proses pemasangan kawatnya supaya bisa Anda gunakan dengan nyaman.

Mengenal Jauh Kawat Bronjong & Penggunaanya untuk Rumah
Sumber: berita.99.co

Sekarang Anda bisa menggunakan kawat bronjong untuk berbagai kebutuhan. Anda dapat mendapatkan kawat bronjong di toko bangunan, salah satunya adalah Dua Putra Petir. Toko ini jual kawat bronjong untuk berbagai kebutuhan dengan harga terjangkau.

Itulah beberapa kegunaan kawat bronjong yang tidak hanya dipakai sebagai tanggul saja. Sekarang kawat ini bisa dapat digunakan untuk keperluan hiasan seperti pagar rumah dengan desain natural.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks