Indonetwork, Panduan – Sampai saat ini, penggunaan sepeda motor masih menjadi primadona alat transportasi khususnya di Indonesia. Selain merupakan alat transportasi yang mudah diakses banyak orang harganya juga cukup beragam dan ekonomis.

Tahukah Anda bahwa transaksi jual beli sepeda motor kini mulai dilakukan secara online. Terkadang bagi sebagian orang skema kredit motor memang menguntungkan karena keterbatasan finansial yang dimiliki mereka tetap bisa mendapatkan alat transportasi sesuai dengan kebutuhannya. Lantas, bagaimana trik cerdas dalam mencicil sepeda motor yamaha NMAX agar tidak rugi? Berikut ulasannya

Tips & Trik melakukan Cicilan Motor

Sebelum memastikan membeli motor impian secara kredit, pastikan kondisi finansial Anda sedang baik. Anda perlu menimbang untung dan rugi melakukan transaksi dengan skema ini. Perlu diketahui, banyak orang  yang lupa atau tidak menyikapi proses suku bunga dengan serius dalam mengajukan sistem cicilan. Anda harus mempersiapkan dana darurat karena beberapa leasing menerapkan biaya diluar harga kendaraan seperti biaya denda keterlambatan, biaya penalti jika terjadi pelunasan utang di awal, biaya pengambilan BPKB jika masa kredit telah selesai, dan berbagai macam biaya lainnya.

Tips Menjalankan Bisnis Cuci Steam Motor Yang Sukses

Baca juga: PELUANG USAHA CUCI MOTOR, POTENSI DAN TIPS MENJALANKANNYA

Berikut 7 tips dan trik yang dapat Anda pertimbangkan sebelum melakukan sistem cicilan motor Yamaha NMAX

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Tentunya sebelum Anda melakukan transaksi membeli motor dengan sistem cicilan, pastikan motor yang Anda pilih merupakan jenis transportasi yang bisa memenuhi semua kebutuhan dan kelancaran aktivitas di luar rumah. Bedakan memilih kendaraan antara kebutuhan dan keinginan Anda. Motor yang Anda pilih tidak harus selalu bermerk mahal, pahamilah kebutuhan Anda dengan tepat sejak awal agar pembelian bermanfaat secara maksimal.

Biar Tidak Terkena Macet, Simak Jalur Alternatif di Kulonprogo -  Harianjogja.com
Sumber: jogjapolitan.harianjogja.com

Mungkin jika Anda belum berkeluarga motor matic seperti Yamaha Mio masih bisa menjadi pilihan yang tepat, namun jika Anda telah berkeluarga maka pertimbangkan untuk kenyamanan kendaraan keluarga Anda seperti Yamaha NMAX.

2. Menyesuaikan Kredit dengan Budget

Setelah Anda mendapatkan gambaran mengenai tipe sepeda motor yang Anda butuhkan, cek kembali apakah kondisi keuangan Anda mendukung untuk dapat menyelesaikan pembayaran sepeda motor dengan rasa aman hingga lunas. Banyak orang yang menginginkan sepeda motor dengan harga yang tinggi tanpa memperhitungkan pemasukan yang dimiliki, hal ini yang akan membuat Anda tergopoh-gopoh membayar cicilan bahkan bisa saja motor Anda ditarik kembali oleh pihak dealer.

Tips & Trik melakukan Cicilan Motor
Sumber: Istockphoto

3. Pilih Nominal Uang Muka yang Besar

Setelah Anda menentukan pilihan motor yang tepat, kalkulasikan budget awal yang Anda miliki untuk membayar uang muka cicilan motor. Jangan habiskan seluruh tabungan Anda jika dana yang dimiliki hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan. Biasanya besaran uang muka ini cukup bervariasi dan nantinya akan berpengaruh pada besaran cicilan yang harus dibayarkan per bulan. Mungkin Anda dapat mengumpulkan sejumlah uang untuk membayar uang muka yang lebih besar.

Jaminan Pembayaran Uang Muka | Bank Garansi dan Surety Bond
Sumber: suretindomu.com

Usahakan untuk membayar uang muka yang lebih besar, karena dengan trik seperti ini nantinya akan menguntungkan Anda. Angsuran yang dibayarkan juga pada tahap selanjutnya akan semakin ringan sesuai masa tenor yang dipilih, sehingga cicilan dan bunga yang ditetapkan pihak leasing akan semakin cepat selesai. Setelah membayar sejumlah uang muka, barulah pihak dealer mengeluarkan motor yang Anda inginkan.

4. Pastikan Motor Dilindungi Asuransi

Asuransi Motor ACA: Manfaat, Premi, dan Tips Membelinya
Sumber: lifepal.co.id

Ketika Anda memiliki sepeda motor, maka beberapa risiko baik kecelakaan ataupun kejahatan mungkin saja terjadi. Pastikan motor yang Anda beli telah dilindungi oleh jasa asuransi, sehingga Anda  bisa menghindari potensi kerugian yang mungkin saja terjadi pada motor, lalu dengan begitu Anda bisa merasa tenang dan nyaman saat menggunakan motor. Pilihlah layanan asuransi dari perusahaan yang terpercaya untuk menjamin keamanan kendaraan Anda, biasanya perusahaan leasing akan menawarkan program asuransi dalam pengambilan kredit sepeda motor.

5. Lengkapi Semua Persyaratan yang Diminta

7 Persyaratan Menulis Di Media Cetak Adalah: Kecuali?
Sumber: mustakim.org

Supaya mempermudah proses pengajuan kredit motor, jangan lupa untuk melengkapi semua persyaratan yang diminta pihak dealer atau leasing. Kelengkapan data akan mempengaruhi keputusan yang Anda terima. Jadi, pastikan semua persyaratan seperti fotocopy kartu keluarga, NPWP, Slip gaji, KTP dan sebagainya telah sesuai dan terpenuhi dengan baik.

6. Memilih Dealer dan Leasing yang Kredibel

Tahap yang tidak kalah penting setelah menentukan motor kebutuhan Anda, pastikan berapa budget yang Anda miliki. Lakukan survei dan perbandingan pada beberapa dealer disekitar Anda yang menjadi pilihan Anda seperti berapa minimal uang muka yang harus dibayar, angsuran, serta bunga yang harus dibayar, serta cermati penawaran yang mereka berikan agar Anda tidak rugi.

Al - Madani Motor - Dealer Motor Bekas
Sumber: al-madani-motor.business.site

Jika Anda telah memahami aturan cicilan motor Yamaha NMAX maka Anda bisa memilih dealer dan leasing yang kredibel. Perlu diketahui bahwa saat ini ada ada banyak dealer yang tidak valid, sehingga banyak konsumen yang tertipu oleh skema cicilan yang ditetapkan baik dari suku bunga ataupun proses DP awal. 

7. Lakukan Pembayaran dengan Teratur

Jika pengajuan cicilan motor Anda telah disetujui, maka Anda perlu menyelesaikan sejumlah cicilan yang telah ditetapkan sesuai perjanjian. Hindari keterlambatan tunggakan kredit, dan kredit macet yang dapat menyebabkan biaya kredit Anda membengkak ataupun dikenakan denda. Anda perlu secara disiplin dan teratur membayar cicilan kredit motor Anda setiap bulannya hingga lunas.

Jangan sampai sepeda motor Anda yang telah diusahakan selama ini, pada pertengahan waktu cicilan Anda tidak sanggup membayarnya sehingga kendaraan akan ditarik oleh pihak dealer dan nama Anda bisa menjadi buruk di dunia perbankan akibat riwayat kredit yang buruk.

Motor Yamaha NMAX Pilihan Keluarga Cerdas
Sumber: Istockphoto

Motor Yamaha NMAX Pilihan Keluarga Cerdas

Motor Yamaha NMAX merupakan skuter matic dengan fitur canggih yang hadir di Indonesia sejak tahun 2015. Memiliki tampilan desain yang elegan dengan harga kompetitif sehingga motor Yamaha NMAX ini bisa dimiliki oleh berbagai kalangan.

Umumnya sepeda motor ini akan lebih fungsional jika digunakan pada konsumen yang telah memiliki keluarga, karena fitur jok motor yang lebih luas dan nyaman sehingga tidak hanya bisa menampung 1-2 orang namun Anda juga bisa mengajak anak Anda berkeliling area rumah menggunakan motor Yamaha NMAX. 

Tidak perlu resah mengenai cicilan motor Yamaha NMAX, karena Yamaha Motor Garut merupakan dealer terpercaya dan dapat memberikan penawaran harga ekonomis.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Enable Notifications OK No thanks