Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga -  Pada perkembangan global saat ini banyak masyarakat mulai sadar untuk melakukan penghematan energi listrik yang berbahan dasar batu bara. Pernahkah Anda berpikir untuk mengganti berbagai peralatan rumah tangga Anda dengan tenaga surya yang ramah lingkungan? Mari mulai dengan mengganti pompa air listrik Anda dengan memasang pompa air tenaga surya.

Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya

Sistem ini beroperasi pada daya yang dihasilkan menggunakan sistem solar PV (photovoltaic). Array fotovoltaik mengubah energi matahari menjadi listrik, yang digunakan untuk menjalankan set pompa motor. Sistem pemompaan mengambil air dari sumur terbuka, sumur bor, sungai, kolam, kanal, dll. Sistem ini membutuhkan area bebas bayangan untuk pemasangan panel surya.

Baca Juga: TIPS MEMILIH MESIN POMPA AIR UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA

Alasan Penting Memasang Pompa Air Tenaga Surya

Pompa Air Tenaga Surya
Sumber: Kumparan

1. Tidak Memerlukan Daya Eksternal

Masih banyak wilayah pedesaan di Indonesia yang belum memiliki aliran listrik dengan lancar. Biasanya mereka menggunakan tenaga angin dan kincir air di lokasi-lokasi terpencil. Namun kincir angin dapat memakan biaya yang cukup mahal dan membutuhkan waktu untuk perawatan intensif.

Dengan adanya pemompaan air tenaga surya, maka  tidak perlu lagi sumber daya eksternal. Matahari dan panel surya menyediakan semua listrik yang dibutuhkan untuk memompa air dari ratusan kaki di bawah tanah.

2. Efisien

Pompa air bertenaga surya ini berdaya tinggi, perawatan rendah, dan efisien. Mereka terbuat dari stainless steel untuk baja panjang dan dilengkapi motor DC brushless. Baja tahan karat digunakan untuk rumah pompa dan mekanisme pemompaan, untuk memastikan sanitasi yang baik dan umur panjang, saat terendam air.

Baja tahan karat tahan korosi saat tersuspensi dalam air selama bertahun-tahun, jauh lebih baik daripada rumah pompa aluminium. Pompa ini juga higienis dan tidak akan mencemari sumber air. Selanjutnya, mekanisme pemompaan yang terbuat dari baja tahan karat akan meminimalkan keausan akibat pasir dan partikel lain, sambil mengangkat air dari dalam tanah.

Motor DC brushless adalah beberapa motor DC paling efisien di pasaran. Salah satu manfaat utama adalah tidak memerlukan pemindahan dari sumur untuk mengganti sikat, seperti motor DC lainnya. Motor DC tanpa sikat dengan pengontrol pelacakan titik daya maksimum (MPPT) bahkan lebih efisien daripada motor yang disikat.

3. Biaya Rendah

Sistem tenaga surya di masa lalu memang memakan biaya cukup tinggi. Namun, dengan adanya kemajuan teknologi telah memungkinkan sistem biaya rendah, yaitu dengan menggunakan panel. Pembuatan sel surya telah berkembang ke titik di mana harganya sangat terjangkau.

Sistem dasar ini akan memompa air dari kedalaman beberapa ratus kaki, dengan laju aliran beberapa galon per menit. Sistem dasar ini akan menggantikan sebagian besar kincir angin, mencocokkan kedalaman dan laju aliran.

Mereka akan membuat kolam besar penuh air tanpa biaya operasi atau memompa air yang cukup untuk beberapa ratus ekor ternak. Sistem ini pastinya juga cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Bahkan dengan kapasitas array PV 1800 watt dan pompa 2 HP, sistem ini dapat memberikan debit air 1,4 lakh liter per hari dari kedalaman 6 hingga 7 meter. Jumlah air ini dianggap cukup untuk mengairi sekitar 5-8 hektar lahan tanaman.

4. Tidak Ada Biaya Lanjutan

Pompa Air Tenaga Surya
Sumber: Pemprov Jateng

Setelah biaya sistem awal, yang biasanya sebanding dengan pemasangan pompa lainnya, tidak ada biaya operasional lanjutan. Setiap hari matahari bersinar, Anda mendapatkan energi gratis dari matahari. Matahari bersinar dan air dipompa dari bawah tanah, menyelamatkan Anda dari biaya utilitas yang terlalu mahal.

5. Sistem Bersifat Modular

Komponen yang membentuk sistem pompa sumur tenaga surya sangat modular. Mereka dapat ditukar dan ditingkatkan sesuai kebutuhan. Jika mendung meningkat, cahaya rendah, kinerja diperlukan, panel surya ekstra dapat ditambahkan.

Jika diperlukan lebih banyak air per hari, baterai dan panel tambahan dapat ditambahkan, sehingga air dapat dipompa pada malam hari. Jika diperlukan lebih banyak volume, pompa dapat dengan mudah diganti ke model daya yang lebih tinggi yang menawarkan aliran lebih tinggi.

6. Mudah Dirawat

Karena tidak terlalu banyak komponen mekanis pada sistem pompa air tenaga surya, maka tidak memerlukan perawatan apa pun, selain pencucian cepat setiap satu atau dua tahun. Motor brushless tidak memiliki sikat dan oleh karena itu tidak memerlukan perawatan. Mekanisme pemompaan sangat andal dan mudah diganti di lapangan. Sebuah sistem harus mampu memompa puluhan ribu galon tanpa perawatan apapun.

7. Perawatan Murah

Ada dua item dalam sistem pompa sumur surya yang mungkin memerlukan perawatan sesekali, keduanya berbiaya sangat rendah. Sesekali, setiap tahun ke dua, panel surya harus diberi scrub yang baik dengan sabun dan air untuk memastikan kinerja yang maksimal. Lebih jarang, kira-kira setiap 5 tahun, ada baiknya untuk mengganti mekanisme pemompaan yang dapat menurun seiring waktu dan mengurangi kinerja pemompaan.

Baca Juga: POMPA AIR TENAGA SURYA SOLUSI HEMAT LISTRIK RENDAH BIAYA

8. Dapat Dipasang Sendiri

Sistem pompa sumur tenaga surya sangat sederhana dan dapat Anda pasang sendiri. Semua koneksi panel surya dibuat dengan konektor tahan air, tidak perlu disolder. Pompa sumur beroperasi dalam waktu kurang dari 15 menit, memompa air dari kedalaman 130 kaki.

Pompa surya, panel surya, dan sensor semuanya terhubung ke pengontrol menggunakan terminal sekrup, sekali lagi tidak diperlukan penyolderan. Pompa harus terhubung dengan mudah ke kabel listrik dan pipa ledeng yang ada.

Rekomendasi Penyedia Pompa Air Tenaga Surya

Indonetwork menyediakan banyak pilihan distrubutor dan supplier aneka sparePart tenaga surya. Selain pompa air tenaga surya, ada pula sistem yang tersedia berupa penerangan lampu jalan mengunakan listrik tenaga surya atau matahari yang digunakan sebagai sarana penerangan dan listrik di perumahan maupun rumah-rumah di desa tertinggal di seluruh wilayah bahkan pedalaman di Indonesia.

Author

Enable Notifications OK No thanks