Indonetwork, Bahan Bangunan – Memilih daun pintu yang tepat adalah salah satu part yang paling menarik ketika membangun sebuah hunian. Faktor-faktor seperti keselamatan, keamanan, gaya dan daya tahan harus dipertimbangkan sebelum membeli pintu. Apakah Anda sempat berfikir tentang pintu baja motif kayu? Desain pintu baja tersebut dapat memenuhi kebutuhan keindahan dan keamanan di rumah Anda. Tidak hanya yang bermotif kayu, berbagai keterangan di bawah ini mungkin dapat menjadi sumber inspirasi bagi Anda.

Desain-desain Pintu Baja

Desain pintu baja selalu distereotipkan untuk digunakan di bank dan loker pengaman. Nyatanya, terdapat berbagai jenis pintu baja untuk rumah dan kantor, sesuai dengan tujuan yang berbeda. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa desain pintu baja termasuk pintu baja motif kayu.

1. Pintu Depan / Pintu Masuk

Pintu depan atau pintu masuk seyogyanya dapat memberikan kesan pertama yang impresif untuk tamu atau pelanggan (jika Anda membuka tempat usaha). Selain tampilan yang bergaya, Anda juga dapat menambah fungsionalitas pintu pada posisi eksterior yaitu membuatnya menjadi pintu ganda yang terbuka sehingga tidak terjadi antrian jika Anda mendapat banyak pengunjung.

Jual Pintu Kaca
Sumber: Pinterest

2. Pintu Geser Baja

Pintu geser biasanya bergaya Amerika yang dapat mengangkat keindahan interior hunian Anda. Rangka baja yang kokoh dilengkapi dengan panel kaca akan menambah ventilasi dan visibilitas yang lebih baik. Pintu geser dioperasikan pada rel untuk meluncur ke samping. Pintu ini juga cocok untuk desain interior sehingga dapat berfungsi dengan baik sebagai pembatas ruangan.

Jual Pintu Baja
Sumber: Pinterest

3. Pintu Komersial

Pintu baja ini dirancang khusus untuk ruang komersial untuk memberikan keamanan dan keselamatan tambahan. Pintu ini adalah pintu berengsel terbuka ganda yang terbuka lebar untuk memungkinkan kendaraan dan material masuk ke area tersebut. Mekanisme penguncian khusus mengamankan tempat untuk mencegah gangguan yang tidak diinginkan. Anda dapat memilih pintu ini untuk gudang.

Pintu Baja Tahan Api
Sumber: Steel Door Institute

4. Pintu Prancis

Dengan pintu bergaya Prancis, Anda bisa mendapatkan pemandangan panorama sekitar rumah. Dibuat dengan rangka baja dan kaca, pintu ini pasti akan meningkatkan kemewahan rumah Anda dan menciptakan kesan mewah. Pintu Prancis ini biasanya memiliki empat daun pintu, kedua daun pintu yang di ujung bersifat paten, sedangkan pintu yang di tengah dapat dibuka dan ditutup. Namun, Anda juga dapat mencoba desain kecil tergantung pada ukuran pintu masuk.

5. Pintu Keamanan

Stainless steel identik dengan kekuatan dan keamanan. Inilah sebabnya mengapa bahan tersebut paling disukai untuk pintu keamanan. Meski bertujuan untuk keamanan, kini dengan desain yang mengesankan, pintu tersebut juga dapat memungkinkan adanya lalu lintas cahaya dan udara yang lebih baik.

6. Pintu Kaca Baja

Baja dan kaca menjadi pasangan yang mematikan untuk menciptakan efek menakjubkan di rumah Anda. Pintu mewah dibuat dengan rangka baja dan kaca yang dikeraskan. Pintu seperti ini cocok dibuat sebagai pintu geser tunggal. Selain menawarkan pandangan yang jelas, pintu juga dapat meningkatkan efisiensi termal rumah Anda.

Baca Juga: 5 ALASAN MEMILIH PINTU BAJA UNTUK HUNIAN ANDA

7. Readymade Door

Pintu baja seperti ini biasanya dapat ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan. Pintu ini tersedia dalam beberapa ukuran, warna dan desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain motifnya yang biasa, warna-warna cerah seperti kuning bisa mencerahkan lingkungan sekitar Anda. Pintu ini juga bersifat tahan api.

8. Pintu Baja Motif Kayu

Anda dapat mengamankan hunian dengan gaya pintu baja motif kayu yang klasik ini. Pintu yang dibuat dengan indah telah meningkatkan perlindungan dengan panggangan bajanya. Alih-alih membuatnya sederhana, Anda dapat memilih berbagai desain yang unik. Atau dengan menambahkan kaca buram sehingga memungkinkan cahaya yang lebih baik masuk ke rumah, tanpa mengorbankan privasi.

Panduan Memilih Pintu Baja

Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli pintu baja untuk rumah atau tempat usaha Anda:

1. Tujuan

Pertimbangkan tujuan utama Anda dalam memilih pintu, apakah untuk keamanan, kecantikan, atau kekuatan. Jika Anda telah memiliki jawaban atas pertimbangan tersebut maka Anda dapat memilih bahan yang sesuai.

2. Estetika

Anda perlu memastikan bahwa pintu yang Anda pilih menyatu dengan tema lainnya. Jika perlu, mintalah desainer interior Anda untuk membantu Anda mendesain pintu baja motif kayu atau dengan kombinasi kaca.

3. Keamanan

Sebaik apapun desain Anda, keamanan adalah faktor yang paling penting. Meskipun pintu baja sangat aman, memilih kepadatan dan kualitas material yang tepat dapat mengoptimalkan investasi Anda.

Baca Juga: PENTINGNYA PENGGUNAAN PINTU TAHAN API PADA BANGUNAN

4. Anggaran

Melihat bahannya yang anti-korosif, tahan cuaca, dan tahan lama dengan sedikit perawatan maka pintu baja dianggap cukup murah. Anda tidak perlu terlalu khawatir untuk memenuhi setiap anggaran termasuk dalam biaya pemasangannya karena pintu baja cukup mudah dipasang sehingga Anda bisa berkonsultasi dengan rekomendasi penyedia pintu baja di bawah ini agar mendapatkan penawaran yang bagus tanpa harus menguras kantong.

Rekomendasi Penyedia Pintu Baja Motif Kayu

PT ELPISDOOR ERE INDONESIA adalah perusahaan industri penyedia atau distributor pintu baja, bukan hanya pintu baja motif kayu namun juga tahan api dengan brand ELPISDOOR. Perusahaan yang berpusat di kawasan Jl.T.B.Simatupang, Jakarta Selatan ini memiliki pabrik sekaligus warehouse yang berada di Bogor.

ELPISDOOR, merupakan pintu baja baja berkualitas tinggi yang mengedepankan teknologi dan sudah tersertifikasi sesuai standarisasi internasional, sehingga mampu memberikan kenyamanan dan keamanan hingga mampu mencegah penyebaran api pada saat terjadi kebakaran. Selain itu, hal yang membedakan produk dari distributor ini dengan yang lain adalah bahan pintu. Bahan yang digunakan adalah EGI (Electronic Galvanized Steel), sehingga walau tipis, namun kekuatan dan kualitas tetap terjamin.


Author

%d bloggers like this: