Indonetwork, Peralatan Industri – Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, banyak orang atau badan usaha memikirkan kembali proses dan strategi mereka untuk mengikut permintaan tersebut. Salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan mengaplikasikan mesin pengemas otomatis. Artikel kali ini akan membahas apa saja yang perlu Anda pelajari tentang mesin ini yang satu ini.

Pengemasan Otomatis

Pengemasan otomatis adalah proses atau prosedur pengemasan suatu produk tanpa (minim) bantuan manusia. Pengemasan otomatis dapat berkisar dari peralatan individual hingga proses sederhana atau lini pengemasan lengkap. Sistemnya dapat sesederhana membentuk dan menyegel karton secara otomatis, menumpuk, dan menyatukan seluruh palet barang. Mesin pengemasan otomatis menyediakan alur kerja yang cerdas dan menghilangkan tugas yang berlebihan sehingga produk yang dihasilkan lebih banyak.

Kemasan makanan menempati sebagian besar dalam industri pengemasan. Saat ini, banyak mesin pengemas otomatis yang tercipta seperti tidak ada habisnya. Membaca artikel ini akan membantu Anda yang sedang mencari mesin pengemas makanan untuk memilih mesin yang tepat. Secara umum, beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih mesin pengemas otomatis adalah sebagai berikut:

  1. Harga mesin pengemas
  2. Kecepatan mesin pengemasan
  3. Kemudahan penggunaan mesin pengemasan
  4. Harga perlengkapan kemasan
  5. Ukuran mesin
  6. Kemudahan perbaikan dan perawatan
  7. Pemenuhan standar produksi keamanan pangan
  8. Jenis makanan

Baca Juga: 7 FUNGSI MESIN PENGEMAS MAKANAN OTOMATIS

Tipe-tipe Mesin Pengemas Otomatis

1. Mesin Pengemas Kantong Premade

Mesin ini termasuk jenis mesin pengemas otomatis yang relatif baru. Dengan menggunakan kantong pra-dibuat untuk melengkapi kemasan, mesin ini secara otomatis mengambil tas premade dan membuka-mengisi-menyegel. Dalam keadaan tertentu kadang-kadang ada penghilangan debu, pengisian Nitrogen dan proses lainnya. Ada dua jenis utama dari jenis mesin ini, putar dan horizontal. Dari segi fungsi, keduanya mirip.

Salah satu keunggulan dari mesin kemasan kantong premade adalah membuat kemasan memiliki resleting. Kemampuannya untuk diterapkan dalam berbagai desain dapat membuat produk Anda menonjol di rak supermarket dan mencapai penjualan yang lebih tinggi, tetapi mesin tersebut juga akan memakan biaya yang lebih tinggi, termasuk biaya mesin itu sendiri dan biaya pengemasan bahan habis pakai.

2. Mesin Pengisian & Segel Bentuk Vertikal

Vertical Form Fill & Seal Machine (vffs) adalah mesin pengemasan yang sangat klasik. Mesin ini menggunakan rollstock untuk pengisian dan penyegelan vertikal. Jumlah kinerja yang dihasilkan hampir sama dengan mesin pengemas kantong premade.

3. Mesin Isi & Segel Bentuk Horisontal

Horizontal Form Fill & Seal Machine (hffs) lahir hampir pada awal pengemasan otomatis. Ini mirip dengan VFFS. Jenis mesin dengan mode rahang ganda memiliki tingakat kecepatan yang cukup tinggi. Kerugiannya adalah hanya dapat mengemas potongan besar tertentu seperti roti dan potongan daging utuh.

4. Mesin Pengemas Vakum

Mesin ini adalah salah satu mesin pengemas yang paling efisien untuk mengemas makanan karena menghalau udara masuk dan membuat makanan tetap segar. Pengemasan vakum dapat sangat meningkatkan umur simpan produk. Jika Anda memiliki persyaratan dalam hal ini, maka mesin pengemas vakum adalah pilihan terbaik Anda. Mirip dengan ini adalah Modified Atmosphere Packaging (MAP). Terdapat banyak jenis mesin pengemas vakum seperti otomatis, semi-otomatis, dan lain-lain. saat ini telah dirancang mesin pengemas tas premade vacuum rotary yang sepenuhnya otomatis. Meskipun sedikit lebih mahal daripada mesin lain di pasaran, namun kinerjanya sepadan dengan harga.

5. Mesin Pengemas Biskuit

Mesin pengemas biskuit adalah jenis lain dari peralatan pengemasan makanan. Biasanya dilengkapi dengan pengontrol suhu digital elektronik untuk menjaga presisi tinggi dalam mencapai suhu yang diinginkan selama proses pengemasan makanan. Mesin ini membantu menghadirkan kesegaran makanan yang optimal. Aspek yang paling menarik dari mesin ini adalah produk yang dikemas dipantau secara ketat dengan penghitung umpan otomatisnya yang menunjukkan jumlah barang yang ditempatkan dikemas oleh mesin. Hal ini memudahkan perusahaan manufaktur makanan untuk memantau output pabrik setiap hari.

6. Peralatan Pengemasan Makanan Bundling

Peralatan pengemasan makanan bundling cukup umum dan banyak digunakan oleh banyak pemasok makanan. Mesin ini mampu menyimpan makanan dalam jumlah besar sebelum diikat atau dibungkus menjadi satu bundel. Mesin jenis ini juga dapat digunakan untuk mengemas barang-barang kecil seperti permen tongkat atau hot dog.

7. Mesin Kantong

Mesin ini populer di beberapa pabrik pengolahan makanan China. Makanan dalam hal ini dikemas dalam tas, karung, atau kantong. Mesin bagging ini biasa digunakan untuk mengemas sereal dan makanan bubuk seperti susu bubuk dan gula.

Baca Juga: KARAKTERISTIK KARUNG PLASTIK BERDASARKAN MANFAAT DAN JENISNYA

8. Mesin Capping

Mesin capping populer di kalangan pemasok makanan sirup makanan dan minuman. Peralatan ini tidak hanya digunakan untuk mengemas bahan makanan tetapi biasanya digunakan bersama dengan peralatan pengemasan makanan lainnya. Fungsi utama dari peralatan ini adalah untuk menutup makanan kemasan dengan menempatkan tutup kedap udara. Ini biasa terjadi di perusahaan manufaktur soda.

9. Mesin Akumulasi

Mesin akumulasi digunakan bersama dengan mesin capping. Mesin ini memungkinkan penyelarasan botol yang tepat untuk pengisian makanan yang sistematis dan terorganisir. Mesin ini digunakan di perusahaan soda dan perusahaan air minum kemasan.

Rekomendasi Penyedia Mesin Pengemas Otomatis

Sebagaimana telah dipaparkan di atas, bahwa terdapat berbagai jenis mesin pengemas otomatis. Penting untuk menyesuaikan pilihan saat Anda membeli salah satu mesin ini menurut jenis makanan yang dikemas untuk memastikan produk berkualitas optimal dengan masa penyimpanan yang lebih lama. Untuk mendapatkan mesin yang berkualitas tersebut, Anda dapat membelinya pada Indonetwork. Perusahaan tersebut menyediakan mesin pengemas otomatis yang mampu mengemas dengan sangat cepat dan efisien, hingga mengkombinasikan antara plastik dan kertas. Mulai dari produk makanan, produk berupa butiran, bubuk maupun berbentuk cair /liquid.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks