Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Karung plastik (woven bag) merupakan salah satu jenis karung yang banyak dipilih masyarakat saat ini. Wujud dari karung plastik sendiri memiliki bahan yang mudah terurai, sehingga tidak salah banyak konsumen yang mencari distributor karung plastik untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. 

Jika Anda masih bertanya-tanya mengenai karung plastik, berikut dibawah ini informasi lebih lengkapnya mengenai manfaat dan jenis karung plastik yang cukup sering diunggulkan oleh konsumen. Simak terus informasi dibawah ini ya!

Karakteristik Karung Plastik

Karung plastik adalah kantong besar yang dianyam dengan benang plastik yang terbuat dari biji plastik, Polypropylene PP, Polyethylene PE, dan kalsium karbonat CaCo3 melingkar berkelok-kelok, dengan kekuatan tarik tinggi  sampai dengan 100 kg dan berat massa yang rendah. Karung ini memiliki keunggulan seperti berbahan ringan dan lebih tahan air.

Baca juga: 7 FUNGSI MESIN PENGEMAS MAKANAN OTOMATIS

Jenis karung plastik memiliki warna yang buram dengan bau seperti tali rafia namun biasanya jenis karung plastik tersedia dengan beraneka macam bentuk dan jenis yang warnai, mulai dari ukuran 5kg, 10kg, 20kg, hingga 25kg bukan hanya itu ukuran panjang dan lebar pada setiap karung jua mungkin saja berbeda walaupun dalam satu ukuran yang sama, hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.

Manfaat Karung Plastik dalam Bisnis

Penggunaan karung plastik sudah tidak asing lagi, baik yang Anda lihat pada sekitar pasar tradisional maupun di swalayan karena pembungkus satu ini memiliki banyak keunggulan. Berikut berbagai manfaat yang dapat dirasakan ketika menggunakan karung plastik untuk kebutuhan bisnis, yaitu:

1.  Melindungi Produk Dari Aktivitas Luar Ruangan

Pada umumnya karung digunakan untuk melindungi produk dari berbagai pengaruh faktor lingkungan seperti sinar matahari, kelembaban udara, benturan benda, dan kontaminasi dari kotoran serta bahaya mikroba yang bisa merusak produk didalamnya dan menurunkan tingkat kualitas. Biasanya supaya produk tetap terjaga kualitasnya maka dibutuhkan jenis karung yang sesuai karakter produknya.

2. Wadah untuk Menyimpan Hasil Produksi

Karung juga dapat digunakan sebagai tempat atau wadah selama proses distribusi dari produsen ke konsumen agar tidak rusak ataupun tercecer. Bukan hanya itu, biasanya pihak produsen juga menggunakan karung sebagai wadah penyimpanan hasil produksi pada gudang supaya saat didistribusikan jumlah produk telah sesuai dengan pesanan konsumen.

Bisa disimpulkan bahwa karung plastik merupakan kemasan yang ideal untuk menyimpan produk yang berbentuk massal, seperti: 

  • Kemasan komoditi hasil bumi maupun perkebunan seperti beras, jagung, ketan, kedelai, pala, kemiri, asam, cengkeh, sawit dll
  • Kemasan komoditi hasil proses produksi seperti tepung, gula, pakan ternak, bahan kimia, kapur, semen, mortar, zeolite, arang, briket, dll
  • Kemasan hasil tambang seperti batu bara, kapur, aspal, batu apung, dll
  • Kemasan perikanan seperti hasil laut atau tambak beku, dll

3. Pembungkus Produk

Karung plastik bisa juga digunakan sebagai pembungkus suatu produk yang bersifat butiran seperti beras, kacang-kacangan dan terigu yang banyak kita lihat di beberapa toko, hal ini bertujuan untuk mempermudah pengukuran dan pendistribusian produk pada supplier yang membutuhkan.

4. Sarana Informasi dan Iklan

Pemakaian karung beras sebagai kemasan produk juga bisa menjadi sebuah sarana informasi serta iklan. Stiker atau label yang di sablon pada badan karung akan menginformasikan suatu produk dan merek pada konsumen sehingga konsumen yang melihat cover produk yang menarik tertarik secara emosional. Hal tersebut dikarenakan produk yang memiliki desain bagus dapat mengalihkan perhatian konsumen pada produknya dan membuat produk tersebut akan lebih unggul. Jika Anda telah mendapatkan kemasan yang baik tahap selanjutnya sesuaikan produk yang dibutuhkan dengan kualitas yang Anda sediakan, jangan sampai konsumen merasa kecewa.

Jenis-Jenis Karung

Karung beras juga banyak digunakan sebagai media penyimpan barang oleh masyarakat Indonesia. Sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi eksistensi karung plastik dalam berbagai kebutuhan. Perlu Anda ketahui, terdapat 6 jenis distributor karung plastik yang paling sering konsumen gunakan untuk kebutuhan industri, seperti berikut:

1. Karung Laminasi

karung laminasi

Model karung laminasi biasanya digunakan untuk beras, karena karung umumnya diberikan sentuhan laminasi dengan menggunakan teknik sablon ataupun juga printing. Karung laminasi akan mengenalkan produk-produk Anda ke para pembeli dengan gampang.  Karung laminasi biasanya akan menampilkan desain yang sangat variatif dengan berbagai warna yang menarik, hal tersebut pastinya akan dapat menarik para pelanggan atau membeli beras yang tengah Anda tawarkan.

2. Karung Polos

karung polos

Jenis karung ini termasuk bahan yang paling tebal namun biasanya tidak memiliki gambar atau printing apapun pada bagian luarnya. Karung berwarna putih dengan sulaman benang plastik pada karung yang dibuat lebih berdempetan daripada karung jenis trasnparan. Sehingga penggunaanya sendiri dilakukan untuk berbagai produk tepung-tepungan.

3. Karung Krem

karung krem

Jenis karung ini terbentuk dari bahan daur ulang yang biasanya digunakan oleh pabrik pupuk, kelapa sawit, batubara, cangkang kelapa, dan lainnya. Jenis karung krem ini hampir sama dengan karung transparan yang harganya relatif murah kalau dibandingkan dengan karung-karung jenis lainnya. Maka dari itu biasanya digunakan hanya untuk pengemasan  barang-barang hasil pertanian maupun juga pertambangan.

4. Karung Transparan

karung transparan

Karung transparan adalah karung yang penampilannya terlihat tembus pandang dan biasanya memiliki bahan yang lebih tipis dibanding jenis karung lainnya. Karung ini relatif memiliki harga paling murah dibanding jenis lain, lalu dibalut dengan list merah dan hijau disampingnya. Hal ini memungkinkan orang untuk langsung melihat isi barang yang ada dalam karung sehingga tidak jarang jenis karung ini biasanya digunakan sebagai kemasan beras. Namun kekurangan dalam penggunaan karung jenis ini yaitu tampilannya yang transparan membuat produk mudah terlihat dari luar dan menurunkan nilai jualnya.

5. Karung Biru

karung biru

Umumnya jenis karung ini digunakan untuk petani garam karena bahannya lebih tebal, tidak mudah sobek, dan produk tidak mudah terlihat dari luar. Bahan karung ini hampir sama dengan terpal dan sama seperti jenis karung lainnya yang memiliki beragam ukuran.

Baca juga: LAKBAN FRAGILE UNTUK PENGEMASAN PAKET

Distributor Karung Plastik

Penggunaan karung plastik menjadi salah satu solusi sebagai pengganti karung goni, hal tersebut dikarenakan biaya karung goni lebih mahal dan tidak efisien dalam penggunaanya, padahal manfaat karung biasanya dilakukan untuk kebutuhan yang sama. 

Jika Anda membutuhkan berbagai jenis karung untuk pengemasan produk industri segera konsultasikan pada PT. Sinar Surya Abadi Sejahtera. Perusahaan yang berdiri di Surabaya ini,  menyediakan kebutuhan karung, waring sayur, paranet, terpal, waring hitam, selang drip, kasa hingga polynet dll. Temukan penawaran harga terbaik dengan kualitas yang bermutu tinggi pada PT. Sinar Surya Abadi Sejahtera.


Author

%d bloggers like this: