Indonetwork, Otomotif – Alat-alat bengkel mobil merupakan alat yang kerap digunakan untuk membantu kelancaran kegiatan pembongkaran, perbaikan, dan pemasangan kembali komponen mesin. Mekanik atau montir membutuhkan peralatan yang lengkap agar aktivitas reparasi produk bisa berjalan dengan lancar.

Alat bengkel mobil sendiri memiliki banyak variasi dan fungsinya masing-masing. Mengingat komponen mobil yang rumit, lalu membutuhkan peralatan besar pula agar montir bisa menjangkau bagian kolong mobil. Namun jika dikelompokkan, peralatan bengkel dibedakan menjadi dua jenis, yaitu power tools dan hand tools. Seperti namanya, power tools atau machine tools adalah alat bengkel yang penggunaannya membutuhkan bantuan tenaga pendukung, baik angin atau listrik. Sedangkan hand tools adalah alat bengkel yang digunakan secara manual dengan bantuan tenaga manusia.

Mengingat jumlah pengguna mobil di Indonesia yang kian meningkat setiap tahunnya, hal ini dipandang sebagai peluang bisnis perawatan dan reparasi mobil. Baik Anda yang berencana membuka bisnis bengkel mobil, maupun Anda yang memiliki mobil, ketahui dulu peralatan bengkel mobil lengkap berikut ini.

Baca Juga: Fungsi, Komponen, dan Cara Merawat Bearing Mesin

Palu

Fungsi palu di perbengkelan berbeda dengan palu untuk kegiatan konstruksi. Guna palu di perbengkelan biasanya untuk menghubungkan kunci shock agar lebih mudah saat melepas mur dan baut besar. Biasanya, bengkel memiliki dua jenis palu yaitu palu besi dan palu karet. 

Tang

alat alat bengkel mobil
Sumber: Ceklist

Tang dibutuhkan dalam penjepitan dan pemotongan spare part mobil. Jenis tang di bengkel sendiri ada bermacam-macam, mulai dari tang geser, tang buaya, tang potong, tang lancip, tang sirklip luar dan dalam, tang cucut, locking pliers, dan kape (scrap).

Obeng

Keberadaan obeng di bengkel mobil tentu sangat penting. Tanpa alat ini, Anda akan sangat kesulitan saat membuka sekrup. Obeng yang kerap dipakai biasanya obeng min dan obeng plus. Hal ini karena sekrup pada kendaraan sebagian besar berbentuk kepala baut dengan bentuk min dan plus.

Kunci Pas

alat alat bengkel mobil
Sumber: Suzuki Indonesia

Kunci pas atau open end spanner memiliki bentuk ujung seperti huruf U. Alat bengkel mobil ini berfungsi untuk melepas mur atau baut yang telah dikendorkan dengan cepat.

Kunci Inggris

Sedangkan mur dan baut yang berdimensi lebih besar, alat yang digunakan untuk membuka dan menguncinya yaitu kunci inggris. Cara memakainya yaitu dengan meletakan rahang ke dalam baut yang akan dilepas atau dikencangkan. Lalu, putar ulirnya hingga baut atau muri sampai terkunci.

Kunci Sock Bintang

alat alat bengkel mobil
Sumber: Bukalapak

Untuk mur dan baut berbentuk segi enam atau hexagonal, cara mengendurkan dan mengencangkannya yaitu dengan kunci sock bintang.

Kunci Roda

Pada roda juga memiliki mur atau pelek dengan ukuran berbeda. Untuk memasang mur atau pelek tersebut, biasanya menggunakan kunci roda ini yang dilengkapi oleh 3-4 ujung soket dengan ukuran berbeda juga.

Kunci T

alat alat bengkel mobil
Sumber: Pinhome

Bentuk kunci T mirip seperti soket dengan gagang pemutar di ujung. Jika baut tidak bisa dibuka atau dikencangkan dengan kunci ring dan kunci pas, kunci T ini sering kali digunakan untuk membuka baut dengan mudah.

Kunci Busi

Kunci busi lebih direkomendasikan untuk membuka dan mengencangkan busi di mesin dengan aman. Meskipun bisa menggunakan kunci inggris atau kunci pas, namun dikhawatirkan bisa membuat ulir busi rusak.

Baca Juga: 6 Aksesoris Mobil untuk Mudik ke Luar Kota

Dongkrak Buaya

alat alat bengkel mobil
Sumber: Daihatsu

Alat ini termasuk salah satu alat yang wajib ada di tools set bengkel mobil. Dongkrak buaya berfungsi untuk mengangkat mobil ketika hendak mengganti ban, memeriksa mesin mobil, atau memasang jack stand.

Dongkrak Botol

Selain dongkrak buaya, ada pula dongkrak botol yang terdiri dari tabung di bagian bawah dan tabung kecil di bagian atas. Fungsi dongkrak botol sama seperti dongkrak buaya, yaitu untuk mengangkat mobil. Cara kerja dongkrak ini yaitu dipompa menggunakan tuas yang sudah tersedia.

Scissor Lift atau Dongkrak Gunting

alat alat bengkel mobil
Sumber: PT. Aneka Perkasa Masindo

Berbeda dengan dongkrak sebelumnya, dongkrak gunting atau scissor lift digunakan untuk mengangkat mobil sampai ketinggian tertentu. Dengan begitu perawatan atau perbaikan di bagian bawah mobil bisa dijangkau dengan mudah. Selain di bengkel, dongkrak gunting juga terkadang dipasang di tempat jasa cuci mobil.

Tire Changer

Alat ini sangat mempermudah pekerjaan montir bengkel mobil. Sebab tire changer atau tire fitter digunakan untuk melepas dan memasang ban ke velg mobil dengan presisi dan cepat.

Wheel Balancer

alat alat bengkel mobil
Sumber: PT. Aneka Perkasa Masindo

Seperti namanya, wheel balancer adalah alat yang digunakan untuk menyeimbangkan roda. Mengapa pasang roda harus seimbang dan presisi? Hal ini supaya bobot roda merata, sehingga roda bisa berputar dengan seimbang pada porosnya dengan stabil.

Peralatan Pelumas Mobil

Tentunya, lubrication equipments atau peralatan pelumas mobil sangat penting keberadaannya di bengkel mobil. Peralatan pelumas mobil bisa membantu mengurangi/mengontrol gesekan, mengurangi keausan, kontrol kontaminasi, memisahkan kontaminasi, dan mengontrol temperatur dan transmit power.

Mechanic Creeper

alat alat bengkel mobil
Sumber: Amazon

Pernah lihat montir masuk ke kolong mobil saat mengerjakan perbaikan atau perawatan? Mereka menggunakan alas yang bernama mechanic creeper. Alat ini lebih mudah dan nyaman digunakan saat harus ngolong. Adanya roda di bawah papan akan mempermudah gerakan, selain itu juga tidak akan membuat punggung sakit.

Baca Juga: Cara Mudah Menghitamkan Ban Mobil yang Kusam

Peralatan bengkel mobil di atas sangat penting dimiliki apabila Anda hendak membuka bisnis bengkel mobil. Anda bisa mendapatkan berbagai alat-alat bengkel mobil di PT. Aneka Perkasa Masindo. Mereka merupakan supplier berpengalaman dalam pengadaan peralatan perawatan dan perbaikan motor dan mobil. Produk-produk yang disediakan mulai dari peralatan pelumas mobil, tire changer, wheel balancer, scissor lift dan sebagainya. Anda bisa menghubungi PT. Aneka Perkasa Masindo via telepon atau datang langsung ke kantornya yang berlokasi di Jl. Cirendeu Raya No. 35 Ciputat, Ciputat Timur, Kabupaten Tangerang, Banten.

Enable Notifications OK No thanks