Indonetwork, Bisnis – Bagi penyedia jasa cleaning service, Anda tentu saja membutuhkan peralatan untuk membersihkan kantor. Ada banyak alat cleaning service yang harus Anda miliki untuk menunjang pekerjaan ini. Ada banyak alat kebersihan yang harus Anda persiapkan dan setiap alat tersebut punya fungsinya masing-masing.

Bagi Anda yang ingin terjun ke jasa layanan cleaning service alat-alat kebersihan harus dipertimbangkan. Karena perusahaan cleaning service besar pun memerlukan peralatan kebersihan supaya para pekerjanya bisa melakukan aktivitas dengan maksimal.

Alat-alat kebersihan ini tentu saja ada di gedung-gedung perkantoran, rumah sakit, kampus, hotel, bank, yang menggunakan jasa cleaning service. Dengan begitu para pengunjung dan pekerja bisa melakukan aktivitasnya dengan nyaman.

Daftar Alat Cleaning Service dan Fungsinya

Jenis dan Fungsi Mesin Cleaning Service Yang Wajib Diketahui | HES Indonesia
Sumber: hes.co.id

Apa saja alat cleaning service yang biasa digunakan di gedung layanan publik dan fungsinya? Simak rangkuman kami berikut ini.

1. Carry Caddy

Alat pertama yang harus dimiliki oleh seorang cleaning service adalah carry caddy. Peralatan ini adalah box yang biasa dipakai untuk menyimpan peralatan kerja. Di dalam box ini juga bisa dipakai untuk menyimpan bahan pembersih yang ukurannya kecil.

Jual Handy Cleaning Bucket Carry Caddy Wadah Kebersihan PROVEN di Lapak  United Cleaning Enterprise | Bukalapak

Dengan keberadaan carry caddy ini, para pekerja cleaning service bisa bekerja dengan lebih mudah. Karena semua perlengkapan pembersihan bisa tersimpan dengan rapi di dalam kotak.

Tender Jasa Kebersihan / Cleaning Service

Baca juga: TUGAS POKOK DAN JOB DESK CLEANING SERVICE

2. Hand Brush

Hand brush adalah sikat yang berfungsi untuk menggosok kotoran yang menempel pada dinding kamar mandi. Tidak hanya dipakai untuk dinding kamar mandi, alat ini juga biasa dipakai untuk menghilangkan noda membandel pada lantai.

Jual Jual Sikat Tangan -- Pe Hand Brush di Lapak Putra Salim | Bukalapak

Keberadaan hand brush ini tentu saja sangat penting karena dapat membersihkan kamar mandi dengan lebih maksimal. Apalagi hasil pembersihan dengan alat ini juga akan bersih, sehingga kamar mandi dapat digunakan dengan lebih nyaman.

3. Vacuum Cleaner

Alat cleaning service yang selanjutnya biasa digunakan adalah vacuum cleaner. Fungsi dari alat ini yaitu untuk mempercepat proses membersihkan lantai karena lebih merata. Vacuum cleaner biasanya dimiliki oleh jasa cleaning service supaya bisa memberikan pelayanan yang maksimal terhadap konsumennya.

NT 70/2 Me Classic | PT Karcher

Ada dua jenis vacuum cleaner yang biasa dipakai oleh perusahaan yaitu vacuum cleaner basah dan kering.

Vacuum cleaner kering biasanya dipakai untuk menyedot kotoran atau debu kering di sekeliling ruangan. Sementara untuk vacuum cleaner basah dipakai untuk menyedot kotoran basa atau cairan.

Dengan perbedaan kedua jenis vacuum cleaner ini, petugas cleaning service akan lebih mudah membersihkan kotoran baik basah maupun kering. Tidak banyak waktu untuk membersihkan karena tinggal disesuaikan saja.

Cara Menghilangkan Bekas Lakban Secara Praktis - Indonetwork

Baca juga: CARA MENGHILANGKAN BEKAS LAKBAN SECARA PRAKTIS

4. Floor Machine

Selain vacuum cleaner, peralatan lainnya yang biasa digunakan oleh cleaning service adalah floor machine atau Multi-Purpose Cleaner. Alat ini berfungsi untuk membersihkan lantai dengan lebih cepat dan menyeluruh.

Jual Floor Polisher Machine 17" 154 - SC005 - Jakarta Timur - Rumah  cleaning | Tokopedia

Cara kerja alat ini hampir sama dengan ketika kita mengepel lantai secara manual. Hanya saja floor machine ini akan bekerja secara otomatis dan hasilnya lebih maksimal.

5. Glass Squeegee

Peralatan yang digunakan oleh pekerja cleaning service ketika membersihkan kaca adalah glass squeegee atau penyeka kaca. Dengan alat ini, kaca akan lebih cepat bersih dan menyeluruh. Menariknya lagi, alat ini sangat mudah digunakan dan mudah dibawa kemana-mana.

WINDOW SQUEEGEE PRO-HANDLE | Cleantools Global

Itulah beberapa alat cleaning service yang biasa digunakan oleh banyak perusahaan. Dengan menggunakan peralatan tersebut, pekerjaan cleaning service akan lebih maksimal. Sehingga konsumen juga akan puas jika hasil kerja cleaning service sangat baik.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks