Indonetwork, Bahan Kimia – Nilai pH (power of Hydrogen) merupakan tingkat keasaman suatu cairan. Suatu larutan bisa bersifat asam, basa, atau netral. Untuk mengetahui apakah larutan itu bersifat asam, basa, atau netral harus diukur dengan menggunakan alat pengukur pH air atau pH meter.

Alat untuk menentukan tingkat keasaman ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengukur cairan berupa air saja. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat keasaman tanah. Bahkan juga bisa digunakan untuk mengetahui tingkat keasaman dari cairan lainnya

Satuan pH

Dalam alat ukur pH ini tidak akan menunjukkan satuan tingkat keasaman air karena pH memang tidak punya satuan atau hanya angka saja. Dari angka yang diberikan, kita bisa tahu apakah cairan tersebut asam, basa atau netral.

√ pH : Pengertian, Jenis, dan Contoh Bahan dengan pH Berbeda ...
Sumber: saintif.com

Suatu cairan bisa dikatakan bersifat asam jika mempunyai pH di bawah 7. Jika nilai pH tersebut di atas 7, maka larutan tersebut bersifat basa. Sementara jika nilai pHnya bernilai 7, maka larutan bersifat netral.

Cara Menggunakan Alat Pengukur pH Air

Terdapat beberapa alat untuk menentukan tingkat keasaman air yang bisa kita gunakan untuk menentukan tingkat keasaman suatu cairan. Alat pengukur pH juga bisa dengan mudahnya kita temukan di pasaran dan harganya juga sangat terjangkau.

Berikut ini adalah beberapa jenis alat untuk mengukur tingkat air yang bisa Anda gunakan.

1. Kertas Lakmus

Nama alat pengukur pH air yang pertama bisa Anda gunakan adalah kertas lakmus. Ini adalah alat pengukur pH yang sangat sederhana dan cara penggunaannya juga sangat mudah.

Kertas Lakmus untuk Menguji Asam dan Basa, Begini Cara Penggunaannya | Orami
Sumber: orami.co.id

Anda hanya perlu mencelupkan kertas lakmus ke dalam larutan yang akan diuji. Setelah itu kertas lakmus akan berubah berwarna. Warna yang dihasilkannya akan berbeda-beda tergantung apakah cairan tersebut asam, basa, atau netral.

Jika larutan yang diuji bersifat asam atau netral, maka kertas lakmus merah akan berubah menjadi merah. Jika larutan bersifat basa, maka kertas lakmus merah itu akan berubah menjadi biru.

Sementara jika Anda menggunakan kertas lakmus biru, maka kertas akan berubah jadi warna biru di dalam larutan basa atau netral. Sementara jika di dalam larutan asam, kertas lakmus biru itu akan berwarna merah.

2. Indikator Alami

Cara mengukur pH larutan juga bisa menggunakan indikator alami yang bisa Anda peroleh dari jenis tanaman tertentu. Beberapa tanaman yang bisa Anda gunakan adalah kubis ungu, kulit buah manggis, kunyit, dan bunga sepatu.

Cara Menentukan Indikator Asam Basa | Kimia Kelas 11
Sumber: ruangguru.com

Tanaman yang akan Anda gunakan sebagai indikator tersebut harus diekstrak terlebih dahulu. Kemudian hasilnya diteteskan pada larutan yang akan diuji.

Tanaman yang Anda gunakan untuk indikator pH punya sifat yang berbeda-beda dalam menunjukan perubahan warnanya.

Misalnya untuk indikator bunga sepatu, maka warnanya akan menunjukkan warna merah jika larutan bersifat asam netral. Kemudian akan berwarna kuning jika larutan bersifat basa.

Lain halnya jika menggunakan indikator kunyit dimana warna ekstraknya akan berubah jadi kuning jika larutan bersifat asam atau netral. Jika larutan bersifat basa, maka ekstrak kunyit akan berubah menjadi warna merah.

Jika ingin menggunakan indikator alami, pastikan Anda sudah tahu terlebih dahulu karakteristiknya. Karena berdampak pada pembacaannya nanti.

3. Alat Pengukur pH Digital

pH meter digital mempunyai kelebihan dibandingkan dengan jenis pengukur pH lainnya. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh jenis pengukur pH ini adalah bisa memperoleh hasil yang lebih akurat.

pH Meter: Jenis Alat Ukur pH Air dan Fungsinya - Kucari.com
Sumber: kucari.com

Anda bisa menggunakan pH meter digital ini sebagai alat pengukur pH air kolam, alat pengukur pH air hidroponik, alat pengukur pH air kolam lele, dan sebagainya.

Cara penggunaan pH meter digital juga sangat mudah dimana Anda hanya perlu mencelupkan ujung alat ini ke dalam cairan. Setelah itu akan muncul angka digital di alat tersebut. Angka itulah yang menentukan tingkat keasaman suatu larutan.

Digital Paper Moisture Meter MD916 - CV Java Multi Mandiri

Baca juga: Cara Menggunakan Alat Pengujian Kadar Air Digital

Meskipun termasuk alat yang canggih, namun Anda bisa menemukan alat pengukur pH air digital ini dengan sangat mudah. Salah satu perusahaan yang kami rekomendasikan adalah CV. berkah Amanah.

Perusahaan yang berkantor pusat di Purwokerto, Jawa Tengah ini menjual berbagai alat pengujian termasuk pH meter digital. Harga alat pengukur pH air kolam yang tersedia di perusahaan ini sangat terjangkau.

Informasi lengkap dan pemesanan pH meter digital bisa Anda lakukan di halaman resminya yaitu berkah-amanah.com.

Itulah beberapa alat pengukur pH air yang bisa Anda gunakan. Dari ketiga alat tersebut, pH meter digital tentu saja menjadi alat yang kami rekomendasikan. Karena selain penggunaannya yang mudah, hasilnya juga lebih akurat.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks