Indonetwork, Alat Uji – Seperti telah kita ketahui kalau air laut itu mengandung kadar garam yang sangat tinggi. Oleh sebab itulah kenapa air laut terasa sangat asin dibandingkan dengan air lainnya. Untuk mengukur kadar garam, Anda bisa ketahui cara menggunakan alat ukur kadar garam.

Kadar garam yang tinggi pada air laut merupakan hasil dari proses pelapukan bebatuan yang ada di daratan. Kemudian hasil dari proses pelapukan itu mengalir bersama air sungai atau air rawa dan bermuara di lautan. Karena itulah air laut rasanya asin.

Kenapa Kadar Garam Air Laut Tinggi?

Kadar garam  yang terdapat di setiap lautan itu berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang menentukan kadar garam air laut, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Penguapan

Air laut akan mempunyai kadar garam yang tinggi jika sering terjadi penguapan. Ketika terjadi penguapan, maka akan terdapat endapan garam-garam yang ada di dasar laut. Semakin banyak endapan garam di dasar laut, maka air laut akan semakin asin.

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa air tawar pun mengandung mineral organik, termasuk garam-garaman. Jadi tidak hanya air laut saja yang mengandung mineral garam. Namun kadar garam pada air laut sangat tinggi.

2. Pemasukan Air Tawar

Kadar garam di air laut akan menurun jika semakin banyak air tawar yang masuk ke lautan. Di lautan lepas, air tawar itu berasal dari air hujan. Sementara di daerah pantai, air tawar itu berasal dari sungai dan rawa. Dan di daerah kutub, air tawar berasal dari es yang mencair.

3. Pencampuran Air

Pencampuran antara air di permukaan dengan air dari dalam juga menyebabkan tingkat kadar garam. Proses tersebut bisa menyebabkan kadar garam pada air laut menjadi turun.

Baca juga: Cara Menggunakan Alat Pengujian Kadar Air Digital

Cara Mengukur Kadar Garam Air Laut

Untuk mengukur kadar garam air laut, Anda harus mempelajari karakteristik air laut itu terlebih dahulu. Samudera Pasifik, Arktik, Atlantik, Hindia, dan Antartika mempunyai karakteristik air laut yang berbeda-beda.

Istilah yang dipakai untuk menentukan kadar garam air laut adalah salinitas yang berdasar pada kandungan halida-halida, terutama klorida. Beberapa jenis dan cara menggunakan alat ukur kadar garam air laut yang bisa digunakan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Refraktometer

Alat uji kadar garam pertama yang bisa Anda gunakan adalah Refraktometer. Alat ini sudah umum digunakan oleh banyak orang dan bisa dipakai oleh siapapun.

Prinsip kerja dari alat ini yaitu dengan memanfaatkan indeks pembiasan cahaya untuk mengetahui tingkat salinitas air atau kadar garam air. Pengukuran alat ini dilakukan di luar ruangan yang memperoleh sinar matahari karena indeks pembiasan bisa muncul dari cahaya langsung.

Cara menggunakan refraktometer:

  • Buka penutup kaca prisma pada refraktometer.
  • Lalu bersihkan permukaannya dengan aquades dan lap dengan tisu basah.
  • Kemudian teteskan sampir air laut yang akan diuji pada kaca prisma.
  • Arahkan refraktometer ke arah cahaya langsung.
  • Pada layar bidikannya akan terdapat biru dan putih, batas antara keduanya merupakan tingkat kadar air yang Anda uji.

2. Salinometer

Alat ini bisa Anda gunakan untuk menghitung kepadatan garam air. Prinsip kerja dari Salinometer ini yaitu hantar listrik yang dihasilkan oleh air yang Anda uji. Jika dayanya besar, maka kadar garamnya tinggi, begitu juga sebaliknya.

Salinometer ini hanya dapat digunakan di laboratorium pengujian saja. Adapun cara penggunaan alat ini yaitu sebagai berikut.

  1. Siapkan terlebih dahulu gelas ukur dan tabung reaksi.
  2. Kemudian masukkan sampel air laut ke dalam gelas ukur.
  3. Celupkan alat salinometer ke dalam gelas yang berisi air laut tersebut.
  4. Setelah itu baca daya yang dihasilkan oleh alat tersebut.

3. Alat Ukur Digital

Alat ukur kadar garam yang selanjutnya bisa Anda gunakan adalah alat ukur digital yang terkenal sangat praktis dan akurat. Biasanya alat ini digunakan untuk menganalisis perubahan yang sangat kecil pada kadar garam air yang akan Anda uji.

Alat ukur digital ini sangat mudah dibawa kemanapun dan penggunaannya sangat mudah. Anda hanya perlu mencelupkannya ke dalam air sampel air, kemudian menyalakan alat ukur tersebut dengan menekan tombolnya. Kemudian di layar LCD akan muncul berapa kadar garam air yang Anda uji.

Aplikasi Alat Ukur Kadar Garam

1.  Perkapalan

Pengaplikasian alat ukur kadar garam salah satunya adalah pada kapal yang ditemukan oleh beberapa ahli kelautan. Salinometer adalah mesin yang mampu mengukur kandungan garam meja (NaCl) atau salinitas dari suatu larutan. Alat ini digunakan untuk mengukur konduktivitas dari kotoran pada air laut seperti natrium klorida, magnesium klorida, kalsium klorida dan sebagainya.  Ion klorin ini lah yang akan membantu dalam meningkatkan konduktivitas air.

Salinometer-Wenner-Smith-Soule dibangun pada tahun 1930 dan tahun 1934 dimasukkan ke dalam kapal khusus patroli es internasional. Tujuannya adalah untuk memantau pergerakan gunung es di Samudra Atlantik Utara sehingga tabrakan kapan dapat terhindar. Pengapungan gunung es air tawar di permukaan laut secara langsung dipengaruhi oleh tingkat salinitasnya. 

Salinometer dapat digunakan untuk mengawasi salinitas air tawar yang dihasilkan dari penyulingan air laut. Nilai salinitas dalam satuan ppm dapat dipantau dengan salinometer dan akan memberikan peringatan ketika nilainya lebih dari yang diberikan. 

2. Konservasi Organisme Air

Salinitas pada area konservasi organisme air, khususnya di laut sangat penting. Salinitas merupakan tingkat keasinan atau kadar garam yang terlarut dalam air. Tingkat salinitas pada area konservasi ini perlu diperhatikan karena sangat mempengaruhi kemampuan bertahan hidup dan berkembangnya organisme air.

Pada organisme air laut mampu bertahan hidup dengan tingkat salinitas hingga 40 ppt. Sedangkan organisme air tawar tidak dapat hidup pada tingkat salinitas di atas 1 ppt. Salinitas mempengaruhi kadar oksigen terlarut dalam air. Semakin meningkatnya salinitas di air, maka kelarutan oksigen mengalami penurunan. Kelarutan oksigen dalam air laut sekitar 20% lebih sedikit dari air tawar pada suhu yang sama.

Salah satu perusahaan yang jual alat ukur kadar garam adalah CV. Berkah Amanah. Perusahaan yang berpusat di Purwokerto, Jawa Timur ini menjual berbagai alat pengujian termasuk alat uji kadar garam digital.

Salah satu keunggulan alat ukur kadar garam dari  CV. Berkah Amanah ini yaitu bisa mengukur kadar garam yang sangat pekat. Jadi Anda bisa menggunakannya untuk pengujian air laut. Sementara untuk range pengukuran tertingginya yaitu mencapai 100 ppt.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kadar garam air laut termasuk  cara menggunakan alat ukurnya. Alat ukur digital termasuk alat yang sangat fleksibel karena bisa dibawa kemana-mana dan sangat mudah digunakan.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks