Indonetwork, Bahan Bangunan – Sebagai negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa, membuat Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Salah satunya pada sektor pertambangan mineral dan batubara yaitu timah yang memiliki nama kimia Selenium (Sn). Produk jual timah hitam AIS Surabaya dalam bentuk lembaran banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Timah seringkali dimanfaatkan sebagai kombinasi atau campuran untuk logam lainnya. Hal ini karena karakteristik timah yang merupakan bahan kimia yang tahan terhadap karat. Tidak hanya itu, pemanfaatan timah hitam juga terdapat dalam berbagai industri seperti konstruksi, otomotif, listrik, dan masih banyak lagi.

Baca juga: TIMAH HITAM: KARAKTERISTIK, MANFAAT & EFEK SAMPING

Daerah Penghasil Timah di Indonesia

Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada tahun 2019 total cadangan timah dunia adalah 4,74 juta ton logam. Indonesia sendiri memiliki kontribusi sebesar 23% dari cadangan timah dunia atau sebesar 800.000 ton logam. Penyumbang sumber daya timah di Indonesia tersebar di seluruh wilayah, dimana terdapat beberapa daerah yang menjadi penghasil timah terbesar di Indonesia, diantaranya sebagai berikut.

1. Pulau Belitung

Tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya, Bangka Belitung merupakan salah satu daerah penghasil timah di Indonesia. Pulau Belitung menjadi daerah penghasil timah terbesar di Indonesia dan terbanyak nomor dua di dunia setelah Cina. Berlokasi di Kecamatan Manggar yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Belitung Timur yang kaya akan batuan bersifat asam.

Sumber daya bijih timah yang ada di pulau ini adalah sekitar 9,97 miliar ton dan sumber daya logamnya sebesar 2,56 juta ton. Sehingga Indonesia menjadi salah satu eksportir timah yang ditujukkan ke 26 negara. Hal tersebut menjadi salah satu sumber pendapatan bagi Indonesia yang cukup besar. 

Bangka belitung menyumbang ketersediaan timah di Indonesia sebanyak 95%. Sehingga banyak perusahaan yang memiliki produk jual timah hitam seperti AIS Surabaya.

2. Bakinang

Di provinsi Riau, terdapat daerah bernama Bakinang yang berlokasi 60 km dari Pekanbaru yang merupakan ibu kota provinsi Riau. Daerah yang terdapat di Pulau SIngkep merupakan tempat pertambangan timah tertua di Indonesia dan juga terbesar. Di Bakinang terdapat 8,1% cadangan timah Indonesia.

Awalnya, timah-timah yang dihasilkan di Pulau Singkep diolah atau didulang dengan cara tradisional. Namun, dengan pengolahan dari perusahaan pertambangan menjadikan daerah ini berada pada puncak kejayaan terutama di bidang perekonomian. Hal tersebut mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

3. Sungai Liat

Selain Manggar, Sungai Liat merupakan salah satu daerah yang ada di Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi daerah penghasil timah. Timah yang dihasilkan di kawasan Sungai Liat ini banyak ditemukan dalam kandungan pasir. Hal tersebut menjadi ciri khas timah yang ada pada kawasan ini.

4. Dabo

Masih pada kawasan Pulau Sumatera, yaitu di Kepulauan Riau terdapat daerah penghasil timah terbesar. Berlokasi di daerah Dabo yang terletak di Pulau Singkep, telah terjadi penambangan yang sudah berlangsung sekitar 180 tahun di lahan seluar 45.000 hektar. 

Dengan adanya pertambangan timah ini, membuat daerah Dabo menjadi kota yang lebih maju dari Tanjung Pinang. Terlihat dari kehidupan masyarakat yang maju dengan perekonomian yang baik dibandingkan daerah lain di Kepulauan Riau. Di Dabo sendiri terdapat sekitar 813,47 juta ton sumber daya bijih timah yang memiliki cadangan sebesar 280,48 juta ton. 

5. Muntok 

Salah satu daerah yang juga terdapat di Pulau Bangka bagian barat, yaitu Muntok yang merupakan daerah dengan kandungan timah dalam jumlah besar. Di Muntok, keberadaan timah dapat dengan mudah ditemukan di setiap sudut daerah. Industri pertambangan timah di Muntok sudah berlangsung sejak masa kolonial. Sehingga tidak heran jika pertambangan ini memiliki peran yang cukup besar dalam perkembangan ekonomi masyarakatnya. 

Manfaat Timah

Aktivitas ekspor timah yang dilakukan oleh Indonesia ke sejumlah negara didorong dengan adanya pemanfaat timah hitam dalam berbagai industri. Berikut ini adalah manfaat yang dimiliki timah hitam, diantaranya:

  • Lapisan pada produk baja. Produk baja yang menggunakan lapisan timah biasanya digunakan untuk keperluan industri otomotif dan listrik. Selain itu, timah dapat membuat bentuk baja menjadi logam yang lebih ringan dan mudah disesuaikan dalam industri.
  • Timah juga dimanfaatkan sebagai produk aluminium foil yang digunakan sebagai lapisan pembungkus makanan.
  • Penyambung logam dengan solder yang diperlukan dalam industri listrik, otomotif, dan elektronik. Solder digunakan untuk menyambung beberapa lapisan perangkat yang membutuhkan kabel.
  • Menjadi komponen pada gigi palsu. Timah menjadi salah satu bahan untuk membuat amalgam gigi palsu yang memiliki warna putih dan mengkilap.
  • Timah juga dimanfaatkan sebagai komponen pasta gigi yang berfungsi menjadi fluorida alami untuk mempertahankan keputihan dan kepadatan gigi.
  • Sebagai bahan produksi kaca, dimana timah dapat membuat kaca lebih padat, tidak mudah kaca, dan tahan terhadap tekanan.
  • Pemanfaatan timah sebagai pelindung pintu dan jendela. Timah digunakan untuk melapisi jendela dan pintu agar dapat melindungi ketika terjadi kebakaran.

Baca juga: 5 ALASAN MEMILIH PINTU BAJA UNTUK HUNIAN ANDA

Timah banyak berperan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai industri. Pemanfaatan timah dapat dijumpai dalam barang yang ada di sekitar. Sehingga saat ini Anda dengan mudah menemukan produk jual timah hitam AIS di Surabaya dan kota-kota lainnya. Di CV Agro Industri Surabaya Anda dapat menemukan produk jual timah hitam dengan kualitas terbaik. Selain itu, Anda juga bisa menemukan besi profil, pipa, hingga valve berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

 


Author

%d bloggers like this: