Dalam setiap bangunan rumah, pasti akan selalu ada atap dan perannya sangat penting. Atap rumah terbuat dari berbagai material, salah satunya adalah aluminum foil. Harga aluminium foil untuk atap rumah relatif lebih murah dibandingkan dengan material yang lainnya.

Anda bisa membeli aluminium untuk atap rumah di toko bangunan terdekat atau membelinya secara online. Apalagi sekarang juga sudah banyak toko online yang jual aluminium foil atap dengan harga yang sangat terjangkau. Biasanya material ini akan dijual per rol atau per lembar.

Jenis Atap Rumah

Ada beberapa jenis atap rumah yang biasa digunakan jika dilihat dari material penyusunnya. Berikut ini kami rangkum jenis atap rumah tersebut.

1. Atap Rumah Tanah Liat (Genteng)

Genteng merupakan material yang terbuat dari tanah liat yang sangat populer di Indonesia. Keunggulan dari material atap rumah ini adalah harganya yang relatif murah, cukup kuat ketika dipijak, dan tentu saja tahan lama.

Tapi kelemahan dari atap rumah yang terbuat dari genteng ini sangat mudah berlumut dan memerlukan ketelitian ketika melakukan pemasangan. Genteng juga tidak terlalu kuat untuk menahan angin. Bahkan harus dipasangkan pada rangka supaya bisa kuat dan kokoh.

2. Atap Rumah Metal

Atap yang terbuat dari metal ini biasanya dipakai pada bangungan sekolah atau bengkel. Material metal ini terbuat dari berbagai bahan seperti besi, seng, tembaga, dan aluminium.

Keunggulan dari jenis atap metal ini adalah sangat mudah untuk dipasang dan beratnya sangat ringan. Selain itu material metal juga tidak menimbulkan panas, tahan api, tahan angin, anti pecah anti bocor, dan fleksibel.

Baca juga: 5 KEUNTUNGAN MEMAKAI PINTU PAGAR OTOMATIS UNTUK PRIVASI RUMAH

3. Atap Rumah Aspal

Atap rumah ini terbuat dari campuran fiberglass dengan aspal yang dilapisi dengan mineral. Jenis aspal sendiri ada dua jenis yaitu atap aspal mendatar dan bergelombang.

Jika Anda ingin melakukan pemasangan atap dengan lebih praktis, material aspal adalah pilihan yang sangat tepat. Selain itu bobotnya juga sangat ringan dan sangat kuat.

Tapi sayangnya material aspal untuk atap ini harganya relatif mahal dan tidak ramah untuk lingkungan.

4. Atap Rumah Beton

Material beton ini banyak dipakai pada rumah dengan desain minimalis dan modern. Selain memberikan nilai estetika, atap rumah yang terbuat dari beton juga sangat kokoh karena terbuat dari beton cor dan tulangan besi.

Namun sayangnya atap ini kurang kuat terhadap angin. Selain itu bobotnya juga sangat berat dan harganyajuga sangat mahal.

5. Atap Rumah Keramik

Atap rumah keramik biasanya dipakai pada rumah dengan arsitektur mediterania. Material ini memberikan finishing glazur yang estetis dan memberikan kesan yang sangat mewah.

Namun sayangnya, material keramik ini sangat mudah pecah dan tidak kuat terhadap angin. Selain itu material ini tidak dapat dipasangkan pada atap dengan kemiringan lebih dari 30 derajat dan sangat mudah lepas.

Baca juga: DESAIN PAGAR BESI WIREMESH UNTUK RUMAH ANDA YANG MINIMALIS

Apa Fungsi Alumunium Foil Pada Atap Rumah?

Aluminium foil berfungsi untuk menepis panas dari radiasi sinar matahari, sehingga suasana di dalam rumah tidak akan panas. Komponen ini juga biasanya dipakai sebagai lembaran pelapis atap bangunan.

Ketika dipasangkan pada rangka atap baja ringan, lembaran aluminium foil bisa menghindari terjadinya kebocoran oleh air hujan. Karena material ini terbuat dari bahan yang elastis dan tahan air.

Aluminium foil bisa melindungi plafon rumah dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh panas dan hujan. Jadi ketika akan memasang atap rumah, tidak ada salahnya untuk memakai material ini.

Jenis dan Harga Aluminium Foil Untuk Atap Rumah

Aluminium yang dipakai untuk atap rumah juga tersedia dalam berbagai jenis. Setiap jenisnya juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan harga untuk setiap jenis aluminium foil juga berbeda-beda.

Kemudian juga ada aluminium double side dan single side. Untuk aluminium foil double side tentu saja lapisannya lebih tebal dan lebih efektif untuk menyaring sinar yang masuk. Tapi harganya tentu saja lebih mahal ketimbang dengan aluminium foil single side.

Baca juga: 5 LANGKAH MUDAH CARA PASANG PAGAR BRC UNTUK RUMAH

Harga aluminium foil per meter bervariasi mulai dari Rp315 ribu hingga Rp2.1 juta. Semakin bagus mereknya, harga jual dari aluminium foil ini akan semakin mahal. Selain itu, harga dari waktu ke waktu juga akan semakin berubah. Tapi biasanya harganya akan semakin murah.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di distributor aluminium foil, salah satunya adalah Surabaya Indofoil. Disini tersedia berbagai jenis alumunium foil, termasuk untuk kebutuhan atap rumah. Bagi Anda yang berada di Surabaya bisa melakukan pembelian disini.

Demikianlah ulasan kami kali ini tentang peranan aluminium foil untuk atap rumah. Harga aluminum foil untuk atap rumah relatif sangat murah, sehingga bisa dipertimbangkan untuk menggunakannya. Apalagi peranan komponen ini sangat penting.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks