Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Apakah pertanyaan tersebut pernah terlintas di benak Anda? Pada umumnya bayi tidak dapat tidur dengan aman di atas playmat, namun bayi dapat sekedar tidur siang sebentar dengan aman di atas playmat selama semua pedoman tidur yang aman diikuti untuk memastikan tidak ada risiko bagi kesehatan bayi. Untuk itu, bacalah penjelasan di bawah ini yang telah dilengkapi dengan rekomendasi produsen jual playmat yang aman untuk bayi.

Tips untuk Menidurkan Bayi

1. Mengikuti Rutinitas

Mungkin tampak begitu mudah membiarkan bayi Anda tidur di mana pun dan kapan pun mereka suka karena mereka lelah dan begitu juga Anda sebagai orang tua. Namun jika Anda dapat membuat tidur bayi teratur dan dapat mengikuti rutinitas tersebut maka akan sangat membantu, terutama saat tidur siang dan tidur malam. Memiliki rutinitas tetap akan memberi tahu bayi Anda kapan waktunya untuk tidur dan membantu mengurangi waktu bangun di malam hari. Selama Anda konsisten dan tetap pada rutinitas yang sama, bayi Anda akan terbiasa karena Anda membuatnya terbiasa.

Melewatkan isyarat tidur bayi Anda dapat menyebabkan stimulasi berlebihan, jadi cobalah untuk memperhatikannya. Waktu tidur bayi biasanya dapat dibedakan berdasarkan kelompok usia, jadi catat waktu tidur bayi Anda dan bersiaplah ketika waktu tidur tersebut akan tiba. Pola tidur bayi berubah saat mereka tumbuh sehingga diharapkan mereka terjaga untuk waktu yang lebih lama dan tidur pada waktu yang berbeda saat mereka tumbuh.

Jual Playmat Bayi
Sumber: Hu.pinterest.com

2. Ubah Jadwal Bayi Anda Saat Mereka Tumbuh Namun Jangan Mengubah Rutinitasnya

Rutinitas yang kuat adalah kunci untuk siklus tidur yang baik. Rutinitas tidur harus menjadi kegiatan yang menenangkan dan hindari kegiatan-kegiatan yang dapat merangsang bayi Anda. Beberapa ide yang dapat digunakan untuk mengatur rutinitas tidur yang baik antara lain: mencuci tangan dan kaki atau mandi, mengganti popok, memberi susu, menggosok gigi, membacakan cerita, mematikan lampu, dan kemudian tidur. Menyanyikan lagu pengantar tidur dengan lampu redup untuk menenangkan bayi juga merupakan aktivitas waktu tidur yang dapat Anda tambahkan ke rutinitas Anda.

Jual Playmat Bayi Murah
Sumber: Pinterest.com

Panduan Tidur di Atas Playmat

Saat menidurkan bayi atau saat bayi Anda tidur siang, ada faktor-faktor tertentu yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan si kecil aman dan sehat selama tidurnya. Selalu pastikan bayi Anda berada di lingkungan yang aman dan terlindungi saat tidur untuk menghindari kemungkinan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau bahaya terkait tidur lainnya.

1. Tidur Siang

Selama tidur siang singkat atau siang hari, bayi dapat dengan aman tidur di lantai, di atas karpet, atau di atas playmat selama pedoman tidur yang aman ini diikuti dan menggunakan produk dari distributor jual playmat berkualitas:

  1. Bayi harus berada di bawah pengawasan yang konstan (Jangan biarkan bayi Anda tidur tanpa pengawasan di atas playmat)
  2. Tidak ada hewan peliharaan yang bisa mendekati bayi. Seekor kucing atau anjing dapat mencekik bayi Anda atau melukai mereka jika mereka berjalan, duduk, atau berbaring di atasnya secara tidak sengaja.
  3. Posisikan bayi Anda di tempat yang datar dan kokoh (tidak ditinggikan di atas bantal atau apa pun)

2. Tidur Malam

Selama tidur malam, tidur lama, atau saat tidur siang yang tidak diawasi terus-menerus, tidak disarankan untuk membiarkan bayi Anda tidur di atas playmat atau karpet karena dapat menimbulkan bahaya.

Baca Juga: WASPADA! PILIH PLAYMAT BAYI YANG AMAN UNTUK PERKEMBANGAN SI KECIL

Hal-hal yang Perlu Dihindari Saat Menidurkan Bayi

1. Barang-barang Berikut Ini:

  1. Selimut yang lebar
  2. Bantal
  3. Cot / crib bumpers
  4. Mainan lunak
  5. Stopkontak atau kabel listrik
  6. Apa pun yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran
  7. Keset lantai
  8. Beanbag
  9. Pakaian yang longgar atau dapat dilepas seperti kaus kaki atau sarung tangan (lebih baik gunakan sleeping bag bayi atau full baby onesie).

2. Berbagi Tempat Tidur

Bayi Anda dapat ditempatkan di kamar Anda atau kamar saudaranya namun dengan ranjang yang terpisah.

3. Ruangan yang Kotor

Pastikan ruangan dibersihkan, disedot atau disapu dan dipel setiap hari agar debu, tungau, dan jamur tidak masuk dan menyebabkan bayi Anda sakit.

4. Posisi Miring

Bayi harus ditidurkan telentang. Menidurkan bayi dengan posisi miring dapat menyebabkan ia berguling. Tidur tengkurap dapat menyebabkan mati lemas dan meningkatkan kemungkinan SIDS.

5. Menutup Kepala

Pastikan wajah dan kepala tidak tertutup selama tidur (jangan mengenakan topi pada bayi Anda saat tidur karena ini dapat menyebabkan bayi Anda menjadi kepanasan dan juga dapat menimbulkan bahaya mati lemas). Jangan pula memakaikan pakaian dengan hoodie karena dapat menimbulkan bahaya tersedak juga kepanasan.

Baca Juga: 5 MERK PLAYMAT BAYI TERBAIK DAN AMAN DIGUNAKAN

Panduan Menggunakan Selimut pada Bayi

Selipkan alas selimut dengan kuat dan aman di bawah alas kasur. Anda dapat menyematkannya di bawah kasur menggunakan peniti. Jangan menggunakan peniti di atas kasur karena dapat membahayakan. Tempatkan kaki bayi Anda di ujung ranjang atau tempat tidur di mana selimut terselip dengan aman di bawah kasur. Pastikan selimut tidak dapat naik lebih tinggi dari dada bayi dan tidak menimbulkan risiko menutupi wajah atau kepala bayi Anda.

Produsen Jual Playmat dengan Bahan Aman dan Nyaman

Raja Karpet Indonesia jual playmat berbahan XPE yang aman terhadap benturan dan mudah dibersihkan. Playmat tersebut juga dilengkapi dengan tas packing sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, perusahaan tersebut merupakan distibutor karpet bolak balik, bantal murah, karpet bulu karakter, dan produsen tikar evamatik yang diproduksi dengan teknologi terbaik dan mesin terbaru.

Author

Enable Notifications OK No thanks