Indonetwork, BudidayaSeperti yang diketahui, sarang walet memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai sumber antioksidan, sumber mineral, mengandung asam amino tinggi, menurunkan risiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi. Banyaknya manfaat yang didapat dari walet, maka tidak heran jika banyak orang yang ingin mencoba untuk berbudidaya walet.

Namun sebelum memulai budidaya sarang walet, tentu saja Anda memerlukan beberapa alat-alat perlengkapan walet untuk mendukung kegiatan tersebut. Salah satunya adalah ampli walet atau sound system.

Ampli walet merupakan alat yang digunakan untuk menarik burung walet ke tempat yang telah Anda sediakan. Seperangkat sound system ini terdiri dari ampli walet, kabel tweeter, dan tweeter walet.

Berikut artikel ini akan membahas kegunaan dan tips memilih ampli walet beserta pengertiannya. Pastikan Anda membacanya hingga selesai!

Pengertian Ampli Walet

burung walet
Sumber: Unsplash

Amplifier walet atau alat panggil walet adalah perangkat yang terdiri dari amplifier yang telah dimodifikasi dengan tambahan mesin pompa air, skema timer, dan lampu yang digunakan untuk memberikan penerangan di luar rumah walet, dan beberapa perlengkapan penunjang budidaya walet lainnya.

Amplifier walet digunakan untuk memutar suara rekaman burung walet kemudian menguatkannya melalui speaker sehingga dapat memancing burung walet lainnya untuk mendekati sumber suara dan bersarang di tempat yang telah Anda siapkan.

Kegunaan Ampli Walet

burung walet
Sumber: Unsplash

Kegunaan dari ampli walet adalah memanggil burung walet untuk memasuki rumah atau bangunan walet yang dibangun Anda sebagai pemilik. Ampli walet yang memiliki kualitas suara yang bagus tentu saja akan membuat kemampuan memanggil burung walet menjadi lebih maksimal.

Ampli walet digunakan untuk menarik burung walet masuk ke dalam rumah atau bangunan yang Anda buat dengan cara memutar suara rekaman burung walet yang terdengar seperti adanya koloni burung walet di tempat tersebut. Burung walet akan merasa bahwa rumah atau bangunan tersebut aman dari serangan predator dan ancaman lainnya dan banyak ditinggali oleh walet lainnya, sehingga burung walet akan masuk ke rumah walet Anda dan membuat sarang di dalamnya.

Baca Juga: Cara Memutihkan Sarang Burung Walet yang Kuning

Tips Memilih Ampli Walet Dalam Budidaya Sarang Walet

budidaya burung walet

Seperti yang kita tahu, semakin bagus alat yang digunakan dalam berbudidaya walet, maka akan bagus pula hasilnya. Selain itu, saat memilih ampli walet yang tepat dapat menghindari dan meminimalisir kerugian akibat alat yang cepat rusak.

Maka dari itu, berikut beberapa tips memilih ampli walet untuk budidaya sarang walet.

1. Pilih Ampli Walet Sesuai Ukuran Bangunan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui atau memperkirakan ukuran rumah walet. Dengan mengetahui ukuran rumah atau bangunan akan memudahkan Anda dalam memilih ukuran ampli walet.

Jika rumah atau bangunan walet Anda kecil, maka Anda tidak harus membeli ampli walet dengan ukuran yang besar dan mahal. Jika ukuran ampli terlalu besar namun luas rumah kecil, hal ini hanya akan membuat ruangan terasa sesak. Begitu pula sebaliknya, jika rumah walet besar, Anda bisa membeli ampli walet dengan ukuran sedang.

2. Bertanya Kepada Kerabat Yang Lebih Paham Elektronik 

Saat Anda ingin membeli ampli walet atau sound system untuk rumah walet, sebaiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada orang lain yang mengerti dan memahami sound system dan elektronik. Akan lebih baik lagi jika Anda mengajak kerabat Anda agar lebih mudah dalam memilih ampli yang berkualitas.

3. Perhatikan Fitur Yang Tersedia

Mengetahui fitur apa saja yang tersedia dalam ampli juga cukup penting agar nantinya Anda tidak mengalami kerugian pula. Misalnya jika Anda Ingin membeli ampli walet, usahakan alat tersebut sudah dilengkapi dengan timer dan charger aki.

Tujuannya adalah agar Anda tidak dibingungkan dengan rangkaian kabel untuk menghubungkan ke timer dan cas aki lagi. Selain itu, Anda juga dapat memastikan apakah ampli yang akan Anda beli dilengkapi kipas pendingin, hal ini bertujuan untuk menghindari panas yang berlebihan pada ampli dan dapat meminimalisir kerusakan.

4. Pastikan Ampli Memiliki Hemat Daya

Selanjutnya, hal lain yang dipertimbangkan saat memilih ampli adalah daya ketahanan dan dayanya. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari keluarnya budget yang berlebihan. Anda dapat bertanya kepada teman Anda atau mencarinya di sosial media ampli mana yang memiliki hemat daya.

Baca Juga: Tips Memilih Ampli Burung Walet

5. Pilih Ampli Yang Bisa Menggunakan Arus Tegangan AC dan DC

Arus tegangan AC adalah arus tegangan listrik PLN. Sedangkan arus tegangan DC adalah arus tegangan seperti arus tegangan dari AKI. Pastikan ampli walet Anda memiliki dua arus ini. Hal ini bertujuan agar ketika sedang pemadaman listrik maka ampli tetap bisa menyala karena di backup dengan arus dari AKI.

6. Pilih Ampli Yang Support Akan Semua Audio

Tujuan dari memilih Ampli walet yang memiliki kecocokan dengan semua format audio adalah agar ketika Anda membeli suara walet yang berkualitas namun memiliki format audio yang tidak umum maka ampli tetap bisa membaca format audio tersebut.

Jual Ampli Walet Berkualitas

Itulah informasi mengenai ampli walet semoga dapat membantu Anda dalam membudidayakan sarang walet. Jika Anda tertarik untuk mencari tempat jual ampli walet yang berkualitas, Anda dapat mendapatkannya di Karunia Walet. Selain ampli walet, karunia walet juga menyediakan perlengkapan gedung walet yang paling lengkap dan berkualitas.

Penulis: Adelia

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks