Sarang burung walet merupakan salah satu komoditas yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia banyak membudidayakan burung walet, karena memang sarangnya dapat dijadikan sebagai usaha yang bisa memberikan keuntungan.

Meskipun sarang burung walet dapat menjadikan peluang usaha yang besar, namun pembudidayaan burung walet pun tidak mudah. Perlu beberapa perhatian agar sarang burung walet tetap terjaga kualitasnya.

Kualitas sarang burung walet dapat ditentukan dari segi warna, berat, ukuran, hingga tebalnya. Sarang burung walet yang memiliki warna putih dan bersih dapat meningkatkan harga jualnya di pasaran. Sebaliknya demikian, sarang burung yang agak berwarna keruh dan cenderung sedikit kotor pun dapat menurunkan harga jual.

Untuk meningkatkan harga jual di pasaran, maka petani burung walet harus dapat mengolah sarang burung walet dengan baik dan benar. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara memutihkan sarang burung walet yang berwarna kuning.

Sarang Burung Walet

Sarang burung walet adalah tempat dimana burung walet tinggal. Burung walet membangun sarangnya menggunakan air liur dari mulutnya. Sejak dulu, banyak orang menggemari sarang burung walet karena dapat dikonsumsi dan bisa memberikan banyak manfaat. Tidak hanya itu, selain diolah menjadi makanan ataupun minuman, sarang burung walet dapat diolah menjadi vitamin hingga kosmetik. Oleh karena itu, harga sarang burung walet juga terbilang tidak murah.

Baca juga: 8 Manfaat Sarang Burung Walet yang Berharga Selangit

Cara Memutihkan Sarang Burung Walet yang Kuning

'<yoastmark
Sumber: Pinterest

Umumnya, sarang burung hanyalah sebatas tempat di mana burung dapat berlindung dan tidak dapat dikonsumsi. Namun lain hal dengan sarang burung walet. Sarang burung walet ini, dapat diolah menjadi minuman, sup, suplemen, hingga kosmetik. Tentunya, pengolahan ini perlu mendapat perhatian yang ketat agar dapat menghasilkan sebuah produk yang berkualitas. Terutama dalam pembersihan sarang burung yang baru saja dipanen.

Biasanya sarang burung walet berwarna putih atau sedikit keruh kekuning-kuningan. Sarang yang berwarna putih merupakan sarang yang sedikit mengandung debu atau kotoran, sedangkan sarang yang berwarna keruh kekuning-kuningan adalah sarang yang telah banyak terkontaminasi oleh debu ruangan di mana burung walet tinggal.

Sarang yang berwarna sedikit keruh bahkan cenderung berwarna kuning akan menurunkan harga jual di pasaran. Oleh karena itu, perlu adanya pembersihan pada sarang yang berwarna kuning. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan sarang yang kuning adalah dengan menggunakan soda kue cap walet. Penggunaan soda kue cap walet dapat dipastikan bisa memutihkan sarang burung tanpa menggunakan bahan kimia.

Proses pemutihan tersebut dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, lakukan pembersihan terhadap sarang burung yang baru saja selesai dipanen. Anda dapat melakukannya dengan menepuk halus bagian sarang burung agar kotoran yang kering ataupun pasir dapat keluar dari serat-serat sarang.

Kedua, rendamlah sarang burung di air bersih untuk pembersihan kedua. Proses perendaman ini dapat menghilangkan sarang dari kotoran, debu, dan bulu yang masih menempel. Jika bulu-bulu tersebut masih menempel setelah direndam, Anda dapat menghilangkan bulu-bulunya dengan cara mencabuti menggunakan tangan.

Ketiga, larutkan soda kue dalam air bersih dan rendam sarang burung yang berwarna kuning di dalamnya. Pada tahap ini, Anda harus memastikan bahwa bagian sarang burung benar-benar terendam seluruhnya. Anda dapat membolak-balikkan sarang burung untuk mendapat hasil yang maksimal. Proses perendaman membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk sarang burung sebesar 1 kg.

Langkah keempat, keringkan sarang burung menggunakan kipas angin sampai benar-benar kering. Hindari proses pengeringan menggunakan sinar matahari langsung, karena dapat mengeruhkan warna dari sarang burung walet. Selain itu, penjemuran di luar ruangan juga berpotensi mengkontaminasi sarang burung walet yang sudah dicuci higienis.

Baca juga: Cara Mengatur Suara Panggil, Tarik, dan Inap Walet

Khasiat Mengkonsumsi Sarang Burung Walet

"<yoastmark
Sumber: Pinterest

Dilansir dari Aldodokter, bahwa sarang burung memiliki berbagai kandungan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yakni kandungan asam amino. Asam amino merupakan bahan penyusun protein yang tidak dapat diproduksi di dalam tubuh. Kandungan asam amino dalam sarang burung walet, dapat meregenerasi sel-sel yang sudah mati, meningkatkan kerja memori, hingga membantu pemulihan setelah sakit.

Selain itu, sarang burung walet yang kaya akan mineral juga dapat membantu tubuh untuk menjalankan fungsinya secara normal. Kandungan mineral dalam sarang burung walet, dapat membantu dalam penyembuhan luka, pertumbuhan tulang, memastikan enzim bekerja, hingga menjaga kesehatan tubuh.

Sarang burung walet juga dapat digunakan untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung, karena efek dari sarang burung walet yang tidak mengganggu kerja metabolisme dalam tubuh.

Manfaat lainnya dari sarang burung walet yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai sumber antioksidan. Zat antioksidan merupakan zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Oleh karena itu, bahan aktif yang terkandung dalam sarang burung walet dapat membantu untuk melawan radikal bebas.

Baca juga: Sehat dan Segar, 3 Resep Minuman Sarang Walet

Bagaimana? Banyak bukan manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi sarang burung walet? Jika Anda tertarik untuk membudidayakan walet dan mendapatkan keuntungan dari penjualan sarangnya, Anda bisa mendapatkan segala perlengkapannya di Karunia Walet. Karunia Walet merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 2016 dan menyediakan kebutuhan perlengkapan gedung walet yang paling lengkap dan berkualitas.


Author

%d bloggers like this: