Indonetwork, Peralatan Industri – Saat ini belanja online semakin digemari. Para pebisnis online biasa membungkus barangnya dengan bubble wrap. Namun, apakah bubble wrap masih aman digunakan untuk barang-barang yang rentan terhadap karat atau korosi? Masalah ini semakin diperburuk ketika transportasi di atas air. Garam dan kelembaban yang melekat pada transportasi luar negeri meningkatkan pembentukan korosi pada tingkat yang eksponensial. Untungnya terdapat pabrik yang jual kertas anti karat (VCI), sehingga menjadi solusi untuk masalah ini. Sedangkan untuk menjawab kertas ini berbahaya atau tidak, simaklah uraian berikut ini.

Pengertian Kertas Anti Karat (VCI)

Vapor Corrosion Inhibitors (VCI) diciptakan sebagai metode mutakhir untuk menghilangkan kemungkinan karat dan korosi. Sejak diperkenalkan pada pertengahan abad ke-20, senyawa pencegah korosi ini telah sangat membantu dalam mencegah korosi jangka pendek dan jangka panjang pada aset berharga dan memperpanjang masa manfaat aset tersebut.

VCI dapat berupa bahan kimia atau kombinasi bahan kimia yang secara signifikan mengurangi dan mencegah korosi pada logam. VCI dapat berupa cairan, kertas berlapis, film majemuk, tablet, bubuk, atau perekat. Dalam banyak kasus, Kertas anti karat dapat diimplementasikan dalam solusi pengemasan utama seperti kotak atau penutup.

Beberapa senyawa VCI yang sering digunakan dalam industri adalah natrium nitrit, benzotriazole, disikloheksil amonium nitrit, disikloheksil ammonium benzoat, dan sikloheksilamin benzoat. Senyawa VCI bekerja dengan cara menguapkan dari sumbernya dan membentuk lapisan molekul tipis di atas permukaan logam dalam ruang tertutup. Lapisan molekuler itu melindungi permukaan logam dari reaksi dengan elemen lingkungan yang biasanya menyebabkan korosi – seperti oksigen.

Setelah film pelindung dibuat pada permukaan logam, senyawa VCI terus melepaskan diri dari sumber sampai ada keseimbangan dalam ruang pengemasan. Hal ini memungkinkan ketersediaan bahan kimia VCI yang konstan di dalam paket. VCI digunakan dalam situasi di mana tidak praktis untuk menggunakan perawatan permukaan seperti minyak pencegah karat, atau dengan peralatan yang memiliki area yang rentan dan sulit dijangkau. 

Agar VCI efektif, tekanan uap yang optimal sangat penting — terlalu rendah, dan akan memakan waktu terlalu lama bagi penghambat korosi untuk mencapai tingkat perlindungan yang efektif. Terlalu tinggi, dan VCI dikonsumsi terlalu cepat yang kemudian membatasi durasi konsentrasi dan perlindungan efektif.

Kertas anti karat ini semakin disukai karena memiliki campuran bahan kimia yang menggabungkan kecepatan dan manfaat jangka panjang pada kemasannya. Dibutuhkan sejumlah besar pengetahuan kimia, teknik, dan sains untuk membuat paket VCI optimal yang bekerja di berbagai iklim dan situasi. 

Aplikasi Kertas Anti Karat

VCI digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari saluran pipa air sampai oli mesin, hingga pengemasan suku cadang. Aplikasi utama untuk VCI adalah untuk melindungi logam, mesin, dan peralatan selama transportasi dan penyimpanan. VCI dapat dimasukkan ke dalam bahan pelindung seperti kertas, pelapis polimer (cat), bungkus plastik, cairan, dan perekat. Komponen VCI yang lebih aktif dapat berbentuk bubuk atau cair.

Baca Juga: 5 PENGAPLIKASIAN KERTAS ANTI KARAT SEBAGAI PEMBUNGKUS PRODUK

Toksisitas Kertas Anti Karat

Bidang ilmu ini, juga disebut sebagai toksikologi, mencoba memahami efek buruk bahan kimia terhadap manusia, satwa liar, dan lingkungan secara umum. Banyak faktor yang menentukan apakah seseorang akan bereaksi negatif terhadap suatu senyawa kimia atau tidak, beberapa di antaranya adalah:

  1. Usia seseorang dan kondisi kesehatan saat ini
  2. Dosis bahan kimia yang mereka hadapi
  3. Durasi waktu seseorang terpapar bahan kimia
  4. Rute paparan – oral, inhalasi, dermal

Salah satu metode untuk memahami tingkat toksisitas bahan kimia adalah model LD50. Ini adalah dosis mematikan rata-rata — dosis yang akan membunuh 50% dari populasi uji yang terpapar — biasanya dinyatakan dalam mg/kg. Semakin tinggi angkanya, semakin rendah toksisitasnya.

Tapi bahkan air memiliki tingkat toksisitas yang dapat berakibat fatal pada tingkat konsumsi yang tinggi. Dan seperti yang ditunjukkan oleh daftar di atas, VCI dapat memiliki tingkat toksisitas yang lebih rendah daripada nikotin dan kopi! Jenis toksikologi lainnya berfokus pada bahaya lingkungan seperti air (deterjen, pupuk, pestisida, dan logam berat), tanah (herbisida, pestisida, PCB), dan udara (bahan partikulat, karbon monoksida, timbal, dan nitrogen dioksida). Hal ini tidak berarti bahwa senyawa VCI bisa dianggap serius dan ditangani dengan hati-hati saat disarankan.

Bahaya Kertas Anti Karat

Proses bagaimana VCI diaplikasikan akan menentukan tingkat toksisitasnya terhadap manusia. Dosis tinggi, atau 100% sampel murni senyawa VCI dalam bentuk mentah, bila terhirup, tertelan, atau kontak oleh manusia, dapat menjadi racun jika paparan berlebihan berlangsung dalam waktu lama. Namun, dalam aplikasi pengemasan, produk dibuat sebagai pelapis atau senyawa. Karena itu, tingkat konsentrasinya jauh lebih rendah.

Baca Juga: PABRIK LAKBAN MURAH, SURGANYA PACKING BISNIS OLSHOP

Pentingnya Kertas Anti Karat

Tanpa perlindungan VCI, peralatan dan produk logam lainnya akan lebih rentan terhadap korosi. Korosi berbahaya (karena membahayakan integritas produk) dan mahal. Berikut adalah beberapa manfaat tingkat tinggi menggunakan VCI untuk perlindungan korosi:

  1. Penghematan biaya yang signifikan bagi produsen
  2. Lebih sedikit klaim garansi dari pelanggan
  3. Lebih sedikit penggantian suku cadang
  4. Lebih sedikit waktu kerja yang dihabiskan untuk menerapkan metode perlindungan yang membosankan

Rekomendasi Produsen Jual Kertas Anti Karat

Untuk mendapatkan produsen jual kertas anti karat dengan bahan berkualitas, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan produsen maupun distributornya di Indonetwork. Tidak hanya menyediakan kertas anti karat namun, Anda bisa mencari plastik wrapping Green Wrap, polyfoam sheet, bubble wrap sheet, roll, & bag, lakban, dan siku karton di Indonetwork dengan kualitas terjamin serta pelayanan prima. Sehingga memberikan perlindungan optimal pada barang Anda.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks