Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Akhir-akhir ini pasar online telah mengalami perubahan secara drastis. Online shop menjadi semakin diminati banyak kalangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis online shop / olshop, salah satunya adalah pengemasan atau biasa disebut packing. Semakin banyak peminat maka semakin banyak pula permintaan akan solusi packing atau pengemasan produk dan pengirimannya. Para seller biasanya akan mencari pabrik lakban murah surganya packing bisnis Anda.

Pentingnya Packing / Packaging

Awalnya packing hanya bertujuan untuk melindungi produk selama proses pengiriman. Ternyata, packing memiliki potensi pasarnya sendiri. Pengalaman unboxing dapat menciptakan momen yang tak terlupakan bagi pelanggan Anda.

Banyak seller online mengemas produk mereka untuk menyenangkan pelanggan dan meningkatkan keuntungan. Hal ini akan memberikan nilai tambah bagi bisnis Anda dengan cara menciptakan kesan pertama yang, kesan yang mudah diingat dan dapat dibagikan.

Pada dasarnya, orang senang berbagi pengalaman berkesan yang mereka alami. Jika Anda menelusuri “unboxing” di Google, Anda akan menemukan postingan blog, gambar, dan video yang tak terhitung banyaknya. Banyak dari konten tersebut dibuat oleh pelanggan sehingga membuat nama bisnis online shop dapat dikenal oleh lebih banyak orang.

Variasi Packing / Packaging

1. Kotak bergelombang (Corrugated boxes)

surganya packing
sumber: pixabay.com

Bahan ini merupakan jenis kemasan produk yang paling umum digunakan oleh seller. Bahannya kokoh namun tidak menambah berat paket Anda. Hebatnya lagi, produk ini dapat didaur ulang. Anda juga dapat menggunakan kotak bergelombang berdinding ganda untuk memberikan kekuatan dan daya tahan ekstra untuk barang yang lebih berat.

2. amplop empuk (Padded mailers)

bubble wrap
sumber: pinterest.com

Paket jenis ini merupakan pilihan paling baik untuk pengiriman barang yang lebih kecil, datar, atau halus seperti perhiasan, barang kerajinan tangan, buku, atau elektronik. Anda dapat menambahkan perlindungan ekstra dengan kertas daur ulang atau bubble wrap.

3. Tas dan amplop

amplop packing
sumber: pinterest.com

Jika Anda menjual lebih banyak produk yang ringan tetapi tidak rapuh, Anda dapat menggunakan poly mailer, amplop Tyvek, atau kantong pos plastik untuk mengirimkan barang Anda. Bahannya ringan, kuat, mudah disimpan, dan dapat disegel sendiri, sehingga memudahkan pengiriman.

4. Kotak khusus (custom box)

custom box
sumber: pinterest.com

Kotak khusus adalah cara yang baik untuk menciptakan pengalaman unboxing yang unik dan menunjukkan kepada pelanggan betapa berharganya customer Anda dan produk yang dibeli. Ada beberapa pilihan untuk mencetak dan menyesuaikan semuanya mulai dari bungkus kado, slip pengepakan, dan lain-lain. Anda  juga dapat mencetak seluruh kotak Anda untuk mempresentasikan olshop Anda dengan cara baru dan menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi pelanggan Anda.

Konsep Packaging Estetik

Banyak elemen yang harus disiapkan untuk membuat packaging yang estetik, tetapi Anda tidak harus menyertakan semua pilihan yang ada. Hal tersebut justru akan membuatnya terkesan berlebihan.

1. Kemasan

Elemen yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah wadah pengiriman seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Apakah produk Anda ramah lingkungan? Jikan iya, Anda dapat memilih alternatif kemasan biodegradable menggunakan serat terkompresi dari filamen jamur dan kelapa. Misalnya, Anda bisa menggunakan mailer kompos yang terbuat dari jagung daripada mailer poli plastik.

Baca juga: 5 PENGAPLIKASIAN KERTAS ANTI KARAT SEBAGAI PEMBUNGKUS PRODUK

2. Kertas tisu

Membungkus produk Anda dengan kertas tisu akan menambah tingkat kegembiraan dengan adanya lapisan-lapisan ketika unboxing. Tisu yang dicetak khusus atau kertas tisu berwarna keduanya merupakan pilihan yang layak untuk dipertimbangkan.

3. Pengisi (filler)

Jenis pengisi tradisional biasanya berupa styrofoam, sisipan busa, bantal udara, atau bubble wrap.

Meletuskan gelembung bubble wrap adalah hobi yang sudah lama ditunggu-tunggu bagi sebagian orang loh.

Bentuk lain dari filler yang layak dipertimbangkan yaitu kertas berkerut (berwarna atau coklat) dan excelsior (serat kayu).

4. Stiker

Stiker adalah pilihan yang oke, karena serbaguna dan cukup murah.

Anda dapat menyertakan beberapa stiker tambahan yang diberi catatan singkat, sebagai cara untuk berterima kasih kepada pelanggan Anda atas pembelian mereka.

5. Materi promosi atau kartu nama

Kartu nama juga merupakan cara yang hemat biaya untuk menambahkan potongan promo kecil ke paket Anda.

6. Catatan khusus

Anda dapat menyertakan catatan pribadi untuk membantu pelanggan lebih mengenal produk Anda.

Terhubung dengan pembeli melalui catatan yang ditulis tangan asli tentunya memberi kesan yang personal dan berbeda.

7. Materi pendidikan

Jika Anda menjual produk yang memerlukan sedikit cara, tambahkan instruksi di dalam kemasan Anda. Pastikan pelanggan Anda benar-benar memahami cara menggunakan produk tersebut.

8. Pita

Saat ini, terdapat berbagai pilihan pita warna-warni untuk melengkapi kemasan kustom Anda. Anda juga dapat membuat pita bertuliskan merk atau nama bisnis olshop Anda.

9. Sampel atau hadiah

Berdasarkan pembelian atau riwayat pembelian pelanggan saat ini, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyertakan sampel gratis produk lain. Misalnya, jika customer membeli kukis atau kue, berikan sedikit permen pelengkap. Taktik ini dapat membantu Anda melakukan penjualan silang dengan memperkenalkan produk baru kepada pelanggan.

Baca juga: 5 PENERAPAN MIKA PLASTIK PADA TOKO KUE

Menciptakan pengalaman unboxing yang tak terlupakan dapat menjadi keunggulan kompetitif yang dibutuhkan bisnis Anda. Namun, untuk memenuhi semua kebutuhan packing tersebut biaya yang dikeluarkan juga harus dipertimbangkan. Dalam hal ini, Surya Djaya Abadi dapat menjadi surga packing dan kebutuhan industri usaha anda.

Perusahaan tersebut bergerak di bidang packaging dan industrial supplier. Tersedia kebutuhan packaging dengan harga lebih murah namun jaminan kualitas serta pelayanan yang prima.

Author

Enable Notifications OK No thanks