Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Sebagaimana yang kita tahu, tinggal di wilayah Ibukota Jakarta memiliki beberapa resiko. Salah satunya adalah bencana tahunan yaitu banjir. Jika Anda telah atau berencana tinggal di wilayah tersebut, maka lantai rumah Anda perlu perlindungan khusus, salah satu caranya adalah menghubungi adalah menggunakan jasa pemasangan yang jual lantai vinyl Jakarta. 

Lantai Vinyl Tersedia dalam Berapa Jenis?

Lantai vinyl adalah produk yang terdiri dari beberapa lapisan bahan berbeda yang diapit bersama untuk membentuk penutup lantai yang tahan lama, praktis, dan terjangkau. Secara umum, terdapat dua jenis vinyl yaitu luxury vinyl tiles (LVT) dan vinyl roll. Baik LVT dan vinyl roll dibuat dari bahan yang sama, namun dibuat secara berbeda untuk menghasilkan efek yang berbeda. Misalnya format papan sangat ideal untuk meniru kayu alami.

1. Luxury Vinyl Tiles (LVT)

Lantai Vinyl Jakarta
Sumber: Home Stratosphere

LVT adalah jenis lantai vinil yang dirancang untuk meniru pilihan lantai alami seperti kayu keras dan ubin keramik. Berkat kemajuan teknologi dan kemampuan desain yang ditingkatkan, lantai vinyl sekarang dapat terlihat dan terasa hampir identik dengan produk yang mereka tiru.

LVT hadir dalam berbagai macam desain yang tak lekang oleh waktu dan trendi, baik dalam format ubin atau papan untuk meniru tampilan ubin atau papan kayu. Itu juga datang dalam ubin dan papan yang kaku atau fleksibel. Format modular LVT membuatnya mudah dan cepat untuk dipasang, keuntungan utama saat merenovasi rumah atau ruangan. Jadi jika Anda hendak memasang vinyl jenis ini bisa dilakukan dengan furnitur yang masih ada di dalam ruangan.

2. Vinyl Roll

Vinyl Roll Jakarta
Sumber: 99.co

Vinyl roll adalah lantai berbantalan fiberglass yang hadir dalam lembaran besar, kontinu, fleksibel, dan tersedia dalam jumlah gaya yang hampir tak terbatas, mulai dari desain yang tak lekang oleh waktu dan realistis hingga yang lebih menyenangkan. Vinyl roll juga merupakan salah satu solusi lantai paling terjangkau untuk pemilik rumah. Selain itu, gulungan vinyl 100% bebas ftalat dan memiliki emisi VOC rendah (kecuali untuk produk yang dialihdayakan), yang berkontribusi pada lingkungan dalam ruangan yang lebih sehat.

Apakah Lantai Vinyl Tahan Lama?

Lantai vinyl umumnya dianggap sebagai bahan yang sangat tahan lama. Lantai vinil dapat bertahan dari 5 hingga 25 tahun. Namun, ada faktor penting yang menentukan seberapa baik lantai Anda bertahan dari waktu ke waktu. Misalnya, kualitas bahan, cara pembuatannya, dan seberapa baik pemasangannya, hingga perawatan semuanya akan mempengaruhi daya tahan dan masa pakai lantai vinyl Anda.

Baca Juga: 5 CARA MERAWAT LANTAI VINYL AGAR AWET DAN TAHAN LAMA

Apakah Lantai Vinyl Waterproof?

Bagi Anda yang tinggal di daerah rawan banjir, vinyl adalah pilihan yang cocok untuk lantai Anda. Semua produk lantai vinyl tahan air karena sebagian besar terdiri dari PVC sehingga mudah dibersihkan. Namun, kualitas pemasangan dapat mempengaruhi tingkat ketahanan airnya.

Misalnya, LVT yang dipasang dengan papan atau ubin yang diletakkan berdampingan, menghasilkan banyak sambungan atau tambalan. Jadi, meskipun papan dan ubin itu sendiri tahan air, jika Anda salah memasangnya, ada kemungkinan air atau uap air merembes melalui sambungan. Di sisi lain, karena roll vinyl berbentuk lembaran sehingga meminimalisir adanya sambungan. Dengan mengikuti petunjuk pabrik dengan hati-hati, LVT dan vinyl roll dapat digunakan di area yang lembab, seperti kamar mandi dan dapur.

Baca Juga: 6 LANGKAH MUDAH CARA MEMBERSIHKAN LANTAI VINYL KAYU

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl?

Kelebihan dan kekurangan dari lantai vinyl sangat bervariasi tergantung pada jenis dan kualitas produk yang Anda pilih.

1. Kelebihan

Keuntungan terkenal dari lantai vinil banyak. Nyaman dan tenang di bawah kaki, tahan terhadap kerusakan dan kelembaban, mudah dipasang dan dirawat, terjangkau, dan tersedia dalam banyak warna dan desain. Hal ini membuat lantai vinyl menjadi pilihan yang populer di kalangan konsumen, khususnya konsumen DIY (Do It Yourself) yang sadar akan anggaran dan desain.

2. Kekurangan

Sisi negatifnya, lantai vinyl bisa sulit dilepas jika direkatkan, bisa penyok dengan benda berat di atasnya, dan bisa tertusuk benda yang sangat tajam. Kerugian lain dari lantai vinyl adalah ketidakmampuannya untuk mendukung suhu yang sangat tinggi dan kecenderungan untuk memudar dan berubah warna dengan paparan sinar UV yang berlebihan.

Untuk alasan ini, vinyl umumnya tidak disarankan di ruangan dengan paparan sinar matahari langsung yang terlalu banyak, seperti beranda. Namun, teknologi baru membuat lantai vinyl terus berkembang baik dalam desain maupun konstruksinya, dengan beberapa produk kini mampu mengatasi kekurangan yang disebutkan di atas.

Di Mana Sajakah Lantai Vinyl Cocok Digunakan?

Karena sifatnya yang tahan air, tahan lama, dan mudah dipasang serta dirawat, lantai vinyl dapat dipasang di ruangan mana pun di rumah Anda. Ketahanan air dan daya tahannya menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kamar mandi dan dapur. Namun, lantai vinil juga merupakan pilihan populer untuk ruangan lain di rumah, termasuk ruang tamu dan kamar tidur.

Ketahanan air, daya tahan, dan kemudahan pemasangan dan perawatan adalah beberapa nilai jual vinyl yang populer. Selain itu semua, popularitas vinil juga disebabkan oleh semakin banyaknya pilihan desain, pola dan tekstur yang tersedia, dan kemampuannya untuk memproduksi tampilan bahan alami seperti kayu keras dan batu dengan hampir sempurna.

Baik LVT dan vinyl roll tersedia dalam berbagai desain dan gaya. Namun, salah satu perbedaan utama adalah bahwa vinyl roll menawarkan berbagai pilihan desain dan warna yang hampir tak terbatas. LVT, di sisi lain, menawarkan berbagai desain dan gaya yang sebagian besar berfokus pada produksi tampilan dan nuansa bahan alami seperti kayu dan batu.

Apakah Ada Rekomendasi Jual Lantai Vinyl Jakarta?

Jika Anda ingin segera beralih ke lantai vinyl dan masih memiliki pertanyaan tentang jenis lantai ini, salah satu perusahaan yang paling direkomendasikan dalam penyediaan lantai vinyl Jakarta adalah PT. Citra Royal Bintang. CRB Flooring menawarkan jasa pemasangan yang dapat menyesuaikan dengan semua kondisi lapangan konsumen dan harga yang terjangkau. Perusahaan tersebut juga menawarkan produk-produk untuk pemasangan seperti self-levelling, lem dan aksesoris pemasangan yang berkualitas tinggi.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks