Indonetwork, Tips & TrikBagi para pebisnis tentu saja menginginkan produk yang dijual dikenal banyak orang. Namun jika produk yang dijual hanya bisa dibeli di satu tempat saja tidak akan membuat produk tersebut dapat dikenal banyak orang atau bisnis berkembang. Oleh karena itu, mempromosikan produk atau menjual secara online sangat berpengaruh banyak dan membawa keuntungan bagi para pebisnis.

Selain untuk mempromosikan produk, Anda juga harus melakukan berbagai aktivitas seperti mengatur jadwal, membuat to-do-list, hingga mengatur perencanaan keuangan. 

Tentu saja hal tersebut dapat dipermudah melalui aplikasi online. Di zaman digital sekarang ini tentu saja sudah banyak aplikasi online yang dapat digunakan untuk bisnis Anda. Berikut 10 aplikasi yang bisa membantu bisnis Anda secara online. 

10 Aplikasi Online Bantu Bisnis Online Anda

Deretan aplikasi ini bisa bantu bisnis online shop semakin lancar, pastikan Anda membacanya hingga selesai.  

1. WhatsApp Business WhatsApp Business

Seperti yang kita tahu WhatsApp merupakan aplikasi chatting berbasis online. Namun selain memiliki WhatsApp versi biasa untuk pemakaian pribadi, WhatsApp juga memiliki versi WA Business yang memiliki banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan. 

Fitur-fitur ini bisa Anda gunakan sebagai media untuk menawarkan produk, menjawab pertanyaan dan mengatasi komplain pelanggan, hingga memproses pesanan. Dengan menggunakan WhatsApp Business ini, Anda bisa melakukan komunikasi dengan rekan bisnis dengan lancar dan mudah.

2. Google My Business

Google My Business

Selanjutnya ada aplikasi Google My Business. Aplikasi bisnis satu ini akan membantu Anda menampilkan informasi seperti jam operasi, kategori usaha, dan informasi kontak yang dapat terlihat di halaman pencarian Google.

Hal ini akan membuat usaha Anda semakin terlihat oleh para pelanggan dan menciptakan online presence. Selain itu, pelanggan dapat memberikan ulasan atau mengajukan pertanyaan sehingga Anda dapat tetap terhubung pada pelanggan. 

Baca Juga: Apa Itu WA Bisnis? Ini Perbedaannya Dengan WhatsApp Biasa

3. Aplikasi Marketplace

aplikasi marketplace indonetwork logo

Marketplace merupakan salah satu aplikasi destinasi belanja online yang paling  banyak digunakan oleh konsumen lokal hingga internasional. Aplikasi satu ini akan membantu Anda dalam mempermudah bisnis Anda untuk pengiriman ke luar kota, luar provinsi, hingga luar negeri. 

Ada banyak macam aplikasi marketplace yang tersedia di Indonesia salah satunya adalah Tokopedia, Lazada, Shopee, BliBli, hingga Indonetwork.  

4. Google DriveAI Google Drive salah identifikasi data pengguna

Selain google my business, google juga memiliki memiliki aplikasi penunjang kerja lainnya seperti google drive. 

Google drive sangatlah bermanfaat bagi semua aktivitas untuk menyimpan file secara online. Selain itu ada berbagai fitur lainnya seperti fitur untuk berbagi dokumen, presentasi, PDF, gambar, hingga video dengan ukuran yang tinggi dengan cepat. 

Aplikasi satu ini akan membantu Anda menyimpan serta dibagikan. Google Drive juga bisa diakses melalui smartphone. Selain itu, data yang sudah dibuat akan tersimpan tersendirinya sehingga akan mudah untuk dibuka kembali. 

5. CRM Online Shop

CRM Hubspot
Sumber: Google

CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management. CRM merupakan sebuah teknologi yang dirancang untuk mengelola hubungan serta interaksi antara beberapa pihak untuk mengoptimalkan bisnis online Anda. 

Aplikasi CRM biasa digunakan untuk online shop yang memiliki fitur untuk merekam semua data kontak dan riwayat pembelian pelanggan toko online Anda. Tidak hanya menyimpan kontak, namun CRM juga akan menyimpan semua riwayat interaksi yang terjadi, seperti penjualan, pembelian/pengadaan barang, catatan rapat, dan lain-lain.

6. Mobile Banking

BCA mobile - Apps on Google Play

Aplikasi bisnis berbasis online selanjutnya yang harus dimiliki pengusaha adalah aplikasi mobile banking. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi repot bolak-balik pergi ke ATM untuk mengecek transaksi keuangan dari pelanggan Anda. Sehingga hal tersebut dapat menghemat waktu Anda. 

 

7. Google Spreadsheet

google sheets

Aplikasi ini menyediakan berbagai manfaat bagi bisnis online Anda. Fungsinya seperti fitur Aplikasi Microsoft Excel, tetapi jauh lebih sederhana. Anda juga dapat membuat tabel, grafik, data, dan hal lain untuk keperluan bisnis menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya selain itu google spreadsheet dapat menjadwalkan proyek, analisis data, dan lain lainnya.

Baca Juga: Tips Menentukan Harga Jual Barang Yang Sesuai

8. Aplikasi Ongkos Kirim

Memiliki bisnis online tentu saja memerlukan jasa kirim untuk membawa produk sampai ke pelanggan. Tentu saja saat ini banyak jasa kirim yang menawarkan fitur dan harga ongkos kirim yang kompetitif. 

Akan sangat melelahkan jika Anda harus mengecek ongkos kirim tiap ekspedisi melalui situs ekspedisi masing-masing secara manual. Namun, Anda tidak perlu khawatir! Anda dapat menggunakan Aplikasi seperti raja ongkir.

Raja Ongkir bisa menampilkan ongkos kirim dari semua kurir mulai dari JNE, Pos Indonesia, TIKI, ESL Express, PCP, dan RPX. Dengan begitu, Anda dapat memberikan pilihan bagi pelanggan untuk memilih sendiri kurirnya lengkap dengan ongkos kirimnya. 

9. Aplikasi Desain 

Aplikasi satu ini sangat dibutuhkan agar Anda dapat membuat produk menjadi lebih menarik. Anda dapat menggunakan Canva yang mudah digunakan agar Anda tidak perlu repot repot membuat desain dari awal. Hal ini karena canva memiliki banyak template yang menarik selain itu aplikasi canva mudah udah diakses melalui komputer atau smartphone.

10. Aplikasi To-Do List 

Yang terakhir adalah aplikasi to-do list. Aplikasi ini sangat berguna bagi bisnis online Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini akan memudahkan Anda membuat dan mengurangi kerepotan dalam mengatur tugas, membuat tugas menjadi terstruktur, dan memastikan rencana bisa dijalankan.


Itulah informasi mengenai aplikasi untuk bisnis online Anda. Semoga dapat membantu bisnis yang Anda jalani. Jika Anda sedang mencari tempat untuk memasarkan produk Anda, Anda dapat menggunakan platform B2B marketplace seperti Indonetwork.

Sebagai pelopor B2B marketplace yang sudah terkenal di Indonesia, Indonetwork akan membuat produk dan perusahaan Anda lebih dikenal lebih luas karena setiap bulannya, ada ratusan ribu orang yang mengunjungi website Indonetwork. Segera daftarkan diri Anda menjadi member Indonetwork dan rasakan keuntungannya!

Penulis: Adelia

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks