Indonetwork, Bahan Bangunan – Stainless plat bordes aluminium atau juga biasa disebut aluminium strip adalah paduan aluminium dengan kandungan aluminium 99,5% atau lebih. Strip aluminium dibuat dengan menggorok gulungan aluminium. Strip aluminium mengacu pada produk bentuk strip yang diproduksi dengan aluminium sebagai bahan baku utama, dan campuran elemen paduan lainnya. Aluminium strip merupakan bahan dasar yang penting bagi pembangunan gedung-gedung perkotaan hingga skyscraper.

Spesifikasi Stainless Plat Bordes Aluminium

Batang lembaran aluminium ini memiliki penampang melintang persegi panjang dan ketebalan seragam yang lebih besar dari 0,20 mm. Biasanya, ujung-ujungnya dipotong dengan gergaji dan dikirim dalam bentuk datar. Seri paduan aluminium strip yang umum adalah seri 1000, seri 3000, seri 5, seri 8, dll. Model aluminium yang umum adalah 1050, 1060, 1070, 1100, dan seterusnya.

Kandungan aluminium tinggi yang ada pada stainless plat bordes aluminium juga disebut sebagai pita aluminium murni di industri. Karena rangkaian sabuk aluminium ini memiliki plastisitas, ketahanan korosi, dan konduktivitas listrik, konduktivitas termal yang lebih baik. Strip aluminium lebih cocok untuk proses stamping, ekstrusi, deep drawing lebih lanjut.

Produksi Aluminium

Stainless Plat Bordes Aluminium
Sumber: Nexusstainless.com

Aluminium ingot dan billet paling sering digunakan dalam teknik sipil, diproses menjadi jendela, pintu, tangga, panel dinding, lembaran atap, dan banyak lagi kegunaan lainnya. Paduan magnesium dengan silikon dalam bentuk billet lebih baik diekstrusi, itulah sebabnya aluminium ini menawarkan ruang lingkup yang luas untuk membuat bentuk arsitektur bahkan yang paling rumit sekalipun. Produk dibentuk selama ekstrusi dengan menekan aluminium lunak melalui cetakan khusus dengan lubang pada bagian tertentu. Ekstrusi membantu mencapai akurasi maksimum dalam ukuran produk aluminium.

Aluminium membutuhkan pemolesan dan anodisasi sehingga produk ini dapat diberi warna, kelebihan yang sangat dihargai oleh para desainer. Selain itu, anodisasi memberikan perlindungan anti korosi yang intensif untuk logam. Anodisasi mencakup sejumlah proses elektrokimia untuk persiapan permukaan logam dan pembentukan lapisan aluminium oksida yang keras dan tahan korosi. Segera setelah anodisasi, aluminium yang memiliki kapasitas adsorpsi tinggi dapat dicat dalam warna apa pun dengan metode perendaman. Misalnya, langit-langit stasiun bawah tanah Aviamotornaya di Moskow, dan gedung Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, menampilkan pelat aluminium anodik. Elemen-elemen ini terlihat berkilau seperti emas dari kejauhan.

Aluminium dalam Konstruksi Modern

Kita dapat berterima kasih dengan adanya aluminium atas perubahan citra kota modern. Aluminium memudahkan para pekerja konstruksi atau arsitektur untuk menciptakan bangunan yang memiliki garis-garis yang tegas, tinggi menjulang, keindahan, fungsionalitas, dan kompatibilitas lingkungan megalopolis masa kini. Wajah kaca skycraper kantor didukung oleh bingkai aluminium yang ringan namun kokoh. Pusat hiburan, perdagangan dan pameran benar-benar bertumpu pada kerangka aluminium. Stadion, kolam renang dan fasilitas olahraga lainnya juga dibangun menggunakan struktur aluminium.

Aluminium strip merupakan logam yang ringan namun kuat, tidak rentan terhadap korosi, tidak beracun, dan tahan lama sehingga dapat mewujudkan hampir semua bentuk yang diinginkan. Aluminium adalah alat kreativitas tanpa batas di tangan arsitek, sehingga memungkinkan untuk membuat struktur yang tidak dapat dibuat dari kayu, plastik, atau baja. Inilah alasan mengapa benda ini sangat umum digunakan dalam konstruksi modern.

Baca Juga: INSULASI ATAP RUMAH DENGAN ALUMINIUM FOIL

Skyscraper dengan Stainless Plat Bordes Aluminium

Stainless Plat Bordes Aluminium
Sumber: Pinterest.com

Salah satu ciri kota modern adalah memiliki skycraper. Dinding kaca dari lantai ke lantai atau panel tembus pandang merepresentasikan kombinasi bingkai kaca dan aluminium dengan epik. Produk ini digunakan secara universal di seluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan mendirikan bangunan yang jauh lebih hemat dari segi ekonomi dan secara signifikan dapat mengurangi emisi CO2. Beberapa skyscraper yang menggunakan aluminium adalah St Mary Axe di London, GT Tower di Seoul, dan The Co-operative Group di Manchester.

Selain ketiga skyscraper tersebut, rangka besi dari 6.514 jendela Empire State Building juga telah diganti dengan rangka aluminium pada tahun 1993 sebagai bagian dari program konversi gedung pencakar langit yang legendaris. Jendela baru membentuk 30% dari permukaan bangunan, sehingga memastikan penghematan 16% dalam energi yang dikonsumsi setiap tahun. Selain itu, pada tahun 2012, Siemens membuka Crystal Center for Sustainable Urban Development di London.

Bangunan tersebut dirancang dengan penerapan permukaan aluminium dan teknik konstruksi hemat energi terbaru. Bangunan ini menjadi satu-satunya struktur di seluruh dunia yang menerima peringkat LEED dan BREEAM teratas, dua sistem paling luas untuk menilai bangunan menurut dampak lingkungan. Crystal mengkonsumsi listrik 46% lebih sedikit dan menghasilkan karbon dioksida 65% lebih sedikit daripada gedung perkantoran lain yang sebanding ukurannya.

Baca Juga: PILIHAN LANTAI TERBAIK UNTUK RUMAH MINIMALIS DI JAKARTA

Rekomendasi Supplier Stainless Plat Bordes Aluminium

Perhitungan-perhitungan tersebut menjadi sangat penting ketika seseorang tidak hanya berpikir tentang masa kini, tetapi juga tentang masa depan. Menurut perkiraan, populasi planet ini akan menjadi 10 miliar orang pada tahun 2050. Dua pertiga dari warga dunia ini akan tinggal di kota.

Hal tersebut berarti masalah lingkungan akan menjadi sangat parah, termasuk potensi kekurangan air, tanah subur, dan sumber daya lainnya. Mengingat bahwa struktur aluminium 100% dapat didaur ulang dengan pengurangan emisi karbon dioksida yang signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa produk ini adalah logam untuk masa depan yang lebih baik.

Lebih dari itu, PT. Wira Baja Makmur Mandiri jual stainless steel plat bordes aluminium dengan kualitas terbaik dan harga yang sangat terjangkau sehingga produk ini bukan hanya membantu menyelamatkan Anda dari masalah lingkungan namun juga keuangan. Perusahaan tersebut menyediakan berbagai jenis plat stainless steel bordes aluminium potongan maupun eceran yang dapat dikirim ke seluruh wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Semarang, dan Surabaya.

Author

Enable Notifications OK No thanks