Indonetwork, ElektronikTahukah Anda memasang kabel instalasi rumah atau gedung tentu harus memiliki beberapa aturan dan ketentuan khusus. Salah satunya dengan memperhatikan warna kabel listrik dan kegunaannya. Perbedaan warna tersebut memiliki kode dan arti yang menandakan fungsi kabel. Selain itu arti warna kabel listrik juga berguna untuk membantu pengguna dalam perawatan kabel.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai arti warna kabel listrik dan fungsinya, selengkapnya berikut ini ulasannya.

Arti warna kabel listrik

arti warna kabel listrik
Sumber: IndiaMart

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini arti kabel listrik berdasarkan jenis warnanya.

Cokelat

Arti kabel warna cokelat adalah kabel fase positif (L2) pada instalasi listrik rumah dan mobil. Jenis ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari sumber listrik ke beban listrik.

Standar arti warna kabel listrik di Indonesia mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 24/PRT/M/2007 tentang Persyaratan Teknis Instalasi Listrik (PUIL). Menurut PUIL, warna cokelat adalah warna yang digunakan untuk kabel fase positif (L2).

Pada instalasi listrik rumah, kabel fase positif (L2) biasanya digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke lampu-lampu di rumah, seperti lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein.

Hitam

Pada instalasi listrik rumah, kabel hitam memiliki arti kabel fase positif (L1). Kabel ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari sumber listrik ke beban listrik. L1 biasanya memiliki tegangan listrik sebesar 220 volt.

Kabel hitam juga dapat digunakan untuk kabel netral (N) dan berfungsi untuk mengembalikan arus listrik dari beban listrik ke sumber listrik. Selain itu tegangab listrik yang biasa dimilikinya biasanya sebesar 0 volt.

Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan komponen listrik dengan massa tanah. Kabel grounding berfungsi untuk melindungi komponen listrik dari bahaya tegangan listrik yang tinggi.

Abu-abu

Kabel berwarna abu-abu memiliki arti kabel fase positif (L3) dan berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari sumber listrik ke beban listrik. Kabel fase positif (L3) biasanya memiliki tegangan listrik sebesar 380 volt.

Sebelumnya, kabel fase positif (L3) menggunakan warna hitam, tetapi kemudian diganti menjadi warna abu-abu sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 24/PRT/M/2007 tentang Persyaratan Teknis Instalasi Listrik (PUIL).

Biru

Kabel listrik instalasi rumah warna biru memiliki arti kabel netral (N) dan berfungsi untuk mengembalikan arus listrik dari beban listrik ke sumber listrik.  Tegangan yang dimiliki biasanya sebesar 0 volt.

Kabel netral (N) biasanya disambungkan dengan kutub netral dari sumber listrik. Arus listrik dari beban listrik akan mengalir melalui kabel netral (N) dan kembali ke sumber listrik.

Hijau – kuning

Arti warna kabel hijau kuning pada kabel instalasi listrik rumah adalah kabel grounding. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan komponen listrik dengan massa tanah. Selain itu jenis ini untuk melindungi komponen listrik dari bahaya tegangan listrik yang tinggi.

Kabel grounding biasanya disambungkan dengan elektroda grounding yang ditanam di tanah. Arus listrik yang bocor dari komponen listrik akan mengalir melalui kabel grounding dan ke tanah.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Kabel Konektor dan Jenis-jenisnya

Kode Warna Positif dan Negatif

Kode warna positif dan negatif adalah sistem yang digunakan dalam elektronika untuk mengidentifikasi polaritas komponen listrik seperti resistor, kapasitor, dan dioda.

Dengan menggunakan kode warna ini, Anda dapat menentukan kutub positif dan negatif dari komponen tersebut. Kode warna ini umumnya ditemukan pada komponen elektronik seperti resistor. Berikut adalah contoh kode warna untuk kutub positif dan negatif:

Resistor

Pada resistor, ada dua jenis kode warna yang umumnya digunakan:

  • Kode Warna 3-Pita: Pita pertama dan kedua menunjukkan dua digit pertama nilai resistansi dalam ohm, sedangkan pita ketiga menunjukkan faktor pengali. Pita keempat, jika ada, biasanya menunjukkan toleransi.
  • Kode Warna 4-Pita: Pita pertama, kedua, dan ketiga adalah digit pertama, kedua, dan faktor pengali nilai resistansi dalam ohm. Pita keempat biasanya menunjukkan toleransi.

Kapasitor Elektrolitik

Kapasitor elektrolitik memiliki satu kutub positif dan satu kutub negatif. Kutub positif biasanya ditandai dengan pita dengan panjang lebih panjang atau tanda plus (+), sedangkan kutub negatif ditandai dengan pita dengan panjang lebih pendek atau tanda minus (-).

Dioda

Pada dioda, kutub positif biasanya ditandai dengan garis diagonal (seperti garis diagonal yang memisahkan dua pita pada kaki dioda).

LED (Light Emitting Diode)

LED adalah tipe dioda khusus yang menghasilkan cahaya. Kutub positif pada LED biasanya ditandai dengan kaki yang lebih panjang atau dengan pita pada salah satu kaki.

Baca Juga: Mengenal Panel Listrik: Jenis, Fungsi, Spesifikasi

Kode warna kabel listrik

Berikut adalah beberapa contoh kode warna kabel listrik yang sering digunakan:

Kode Warna Kabel Listrik di Amerika Serikat (NEC)

  • Hitam: Kabel fase panas (hot).
  • Merah: Sama dengan hitam, digunakan sebagai kabel fase panas.
  • Biru: Kabel fase netral (neutral).
  • Kuning atau Kuning-Hijau: Kabel ground atau grounding.

Kabel Listrik di Eropa (IEC)

  • Merah: Kabel fase panas (phase).
  • Hitam: Sama dengan merah, digunakan sebagai kabel fase panas.
  • Biru: Kabel fase netral (neutral).
  • Kuning atau Kuning-Hijau: Kabel ground atau grounding.

Kabel Listrik di Indonesia

  • Merah: Kabel fase panas (phase).
  • Hitam: Sama dengan merah, digunakan sebagai kabel fase panas.
  • Biru: Kabel fase netral (neutral).
  • Kuning: Kabel ground atau grounding.

Baca Juga: Tips Memenuhi Kebutuhan Peralatan Listrik Industri Kalimantan

Demikian ulasan mengenai arti warna kabel listrik dan fungsinya. Perlu diketahui sebelum membeli kabel listrik untuk keperluan rumah tangga, pastikan bahwa kabel mematuhi standar keselamatan dan peraturan yang berlaku di wilayah Anda. Ini termasuk ketentuan terkait jenis kabel yang dapat digunakan dalam instalasi listrik rumah Anda.

Untuk mencari beragam kabel listrik berkualitas dengan harga terbaik, Anda dapat mengeceknya di laman jual kabel listrik murah berikut ini atau menuju PT Kreasi Mandiri Perkasa. Semoga bermanfaat.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks