Indonetwork, Peralatan Industri – Listrik adalah kebutuhan utama manusia di abad ini karena rata-rata barang-barang yang digunakan sehari-hari memerlukan tenaga listrik. Berbicara tentang listrik, tentunya ada banyak peralatan yang harus digunakan bukan hanya sebatas kabel dan lampu saja apalagi dalam dunia industri yang banyak di Kalimantan.

Untuk itu perlu mempersiapkan berbagai macam komponen agar listrik bisa nyala dengan maksimal dan juga tentunya aman meski di daerah terpencil. Untuk mendapatkan peralatan listrik dengan harga yang murah dengan kualitas terbaik, beberapa perusahaan di Indonesia telah menyediakan kebutuhan listrik Anda seperti peralatan listrik industri Kalimantan.

Standar Peralatan Listrik Industri

Peralatan Listrik Industri
Sumber: Ien.eu

Peralatan listrik yang dijual di Indonesia bahkan yang diproduksi di Indonesia banyak sekali yang sudah melewati tahap sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Agar dalam membeli Anda merasakan keamanan, jangan lupa untuk bertanya kepada penjual apakah produk yang dijual sudah berstandar SNI. Hal ini sangat penting dilakukan agar barang-barang yang akan digunakan sudah pasti layak dan aman untuk dipakai.

Dalam proses produksi industri sebagian besar pembangkit saat ini, sistem kelistrikan industri memegang peranan penting dalam pengoperasiannya. Karenanya juga terjadi peningkatan permintaan untuk peralatan listrik industri Kalimantan.

Mahalnya biaya ekspedisi ke wilayah Kalimantan mengharuskan Anda untuk lebih memperhatikan standar peralatan listrik industri yang akan digunakan sehingga tidak muncul biaya ekspedisi tambahan untuk membeli peralatan yang baru.

Baca Juga: MENCEGAH KEBAKARAN RUMAH MENGGUNAKAN PANEL LISTRIK

Klasifikasi Peralatan Listrik Industri

Peralatan listrik industri memiliki beberapa tugas utama seperti mengendalikan, menyesuaikan, melindungi, mengubah, memeriksa semua aktivitas sistem grid ataupun mesin listrik, dan sebagainya. Sedangkan sistem transmisi dan distribusi daya yang lengkap terdiri dari 3 segmen:

1. Peralatan Tegangan Tinggi

Pemutus sirkuit tegangan tinggi dengan level dari 72.5kV hingga 800kV adalah komponen utama dari switchboard / sistem tegangan tinggi. Perangkat ini tegangan tinggi terdiri dari dua jenis berdasarkan fungsinya yaitu:

  • Current Transformer (CT) yang digunakan untuk mengukur dan melindungi sistem tegangan tinggi.
  • Pemutus Sirkuit Pemutus (DCB) yang dikembangkan berdasarkan standar pemutus sirkuit 3AP. Perangkat ini juga berfungsi untuk mengisolasi jarak di udara untuk melindungi keadaan sirkuit di grid.

2. Peralatan Listrik Tegangan Menengah

Peralatan listrik tegangan menengah adalah peralatan jaringan dengan tegangan lebih dari 1kV sampai dengan 52kV, digunakan terutama pada jaringan industri dan digunakan untuk mendistribusikan ke sistem dasar. Peralatan tegangan menengah meliputi dua jenis:

  • Perangkat Sakelar

Berfungsi untuk mematikan arus saat terjadi hubung singkat dan beban lebih untuk melindungi motor peralatan listrik agar aman dari insiden, terdiri dari:

  1. Pemutus sirkuit tegangan menengah: Dengan fungsi umum menyalakan dan mematikan sirkuit untuk melindungi perangkat belakang, pemutus sirkuit tegangan menengah dibagi menjadi 2 jenis untuk penerangan dalam dan luar ruangan, memastikan sumber daya yang stabil. Daftar pemutus sirkuit tegangan menengah berada dalam kisaran 3AH.
  2. Recloser: Pemutus sirkuit yang dilengkapi dengan transformator dan pengontrol pengukuran tambahan. Dengan fitur ini, Recloser secara khusus diterapkan pada saluran udara. Katalog recloser milik range 3AD.
  3. Kontaktor tegangan menengah: Sakelar yang memiliki batas transmisi energi, digunakan di sebagian besar sirkuit industri. Ketika ada rasio switching yang tinggi, perangkat ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan sirkuit gerak listrik dari jarak jauh atau manual. Kontaktor tegangan menengah sering digunakan dengan sekering tegangan menengah. Daftar Kontaktor termasuk dalam rentang 3TL.
  4. Isolator: Perangkat ini digunakan ketika ada kebutuhan untuk benar-benar memisahkan sumber daya dengan satu perangkat.
  • Perangkat non-switching

Digunakan untuk mengukur dan melindungi sistem tegangan menengah, terdiri dari:

  1. Arester / pembatas lonjakan
  2. Sekering tegangan menengah
  3. Trafo pengukur dan trafo proteksi

Baca Juga: FUNGSI PANEL LISTRIK UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN INDUSTRI

3. Peralatan Listrik Tegangan Rendah

Peralatan listrik bertegangan rendah digunakan dalam jaringan di bawah 1kV, melayani berbagai sektor manufaktur dan industri. Ragam peralatan listrik industri Kalimantan tegangan rendah antara lain:

  • Saklar
  1. ACB – Pemutus sirkuit udara: seri 3WL, seri 3WT
  2. MCCB – Blok Aptomat dan MCB – Shell Aptomat: 3VA, 3VL, 5SY, seri 5SL
  3. Kontaktor seri 3RT, seri 3TF: Dalam industri, kontaktor digunakan untuk mengontrol pengoperasian motor atau peralatan listrik untuk memastikan keamanan saat beroperasi. Perangkat ini adalah solusi otomatisasi dengan metode elektromekanis, mudah digunakan, stabilitas tinggi, dan mudah diperbaiki.
  • Driver Perangkat
  1. Perangkat kontrol otomatis PLC: S7-1200. S7-300, S7-1500, S7-400
  2. Layar HMI adalah perangkat yang sangat diperlukan untuk berkontribusi pada otomatisasi proses kompleks dan proses produksi yang membutuhkan akurasi tinggi.
  • Aktuator
  1. Motor listrik: memainkan peran yang sangat penting untuk sistem kelistrikan industri. Perangkat ini diperkirakan menggunakan sekitar 70% dari semua beban listrik di industri, membantu mengubah listrik menjadi tenaga mekanik.
  2. Inverter: mengintegrasikan modul komunikasi untuk mendukung kontrol dan pemantauan dari pusat dengan mudah, sangat menghemat energi dibandingkan dengan menjalankan motor langsung.
  3. Soft start: berada di kabinet kontrol yang dapat memenuhi aplikasi standar dan kelas atas. Perangkat ini cocok untuk memulai motor listrik 3 fasa.

Baca Juga: PERAWATAN PADA PANEL LISTRIK YANG WAJIB DIKETAHUI

Rekomendasi Peralatan Listrik Industri Kalimantan

Bagi Anda yang mencari peralatan listrik industri Kalimantan yang murah aman, terpercaya, dan tentunya berkualitas, kunjungilah PT. Kaltim Jaya Makmur. Perusahaan ini sudah 16 tahun lebih berkiprah dalam penjualannya dan sudah melayani lebih dari 1000 pelanggan. Kualitas peralatan listrik yang dijual perusahaan ini tidak perlu diragukan lagi. Jaya Makmur Abadi memberikan kualitas bukan sekedar janji. Produk-produk peralatan listrik yang dijual disini juga lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

BERAGAM INFORMASI TENTANG PERALATAN LISTRIK BISA DIDAPATKAN DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks