Apakah Anda pernah menemukan taburan biji dalam makanan seperti onde-onde dan roti? Ya, biji wijen putih merupakan biji yang berasal dari tanaman Sesamum indicum yang mengandung banyak sekali nutrisi. Dengan begitu manfaat biji wijen putih untuk kesehatan tentu saja sangat bagus.

Pada dasarnya terdapat dua jenis wijen yang biasa kita temukan yaitu biji wijen putih dan biji wijen hitam. Secara kandungan nutrisi, keduanya tidak berbeda secara signifikan. Perbedaan tersebut hanya terdapat pada kandungan kalsium dan antioksidan dimana biji wijen hitam sedikit lebih banyak dari wijen putih.

Manfaat Biji Wijen Untuk Kesehatan

Karena mengandung nutrisi yang beragam, biji wijen mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi jenis biji-bijian ini. Sementara untuk cara mengkonsumsi biji wijen bisa menaburkannya pada berbagai jenis makanan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat biji wijen putih untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Menjaga Tulang

Untuk menguatkan tulang, Anda tidak hanya harus mengkonsumsi susu saja. Biji wijen juga mengandung nutrisi yang sangat bagus untuk menjaga tulang. Wijen mengandung banyak kalsium yang berperan sangat penting untuk menjaga kualitas tulang.

Perlu Anda ketahui kalau kekurangan kalsium bisa membuat tulang menjadi lebih rapuh dan mudah mengalami cedera. Bahkan bisa menimbulkan risiko terkena osteoporosis.

Sementara itu, kandungan kalsium dalam biji wijen putih diklaim lebih banyak dibandungkan dengan segelas susu. Jadi untuk memperoleh asupan kalsium yang besar, Anda tidak hanya harus mengkonsumsi susu saja ya.

2. Menjaga Kulit

Manfaat biji wijen untuk kecantikan juga sangat bagus karena bisa menjaga kulit supaya tetap sehat. Biji wijen mengandung zinc yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit.

Anda tidak harus menggunakan bije wijen untuk masakan, namun juga bisa menggunakannya dalam bentuk minyak. Dengan begitu Anda bisa menggunakannya dalam bentuk olesan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, pastikan untuk mengkonsumsinya secara teratur.

Biji wijen juga dapat membantu menyembuhkan gangguan pada kulit seperti tanda penuaan dini dan luka bakar. Karena kandungan seng pada biji wijen sangat tinggi.

Kandungan seng itu berperan penting dalam membantu pembentukan kolagen. Kolagen ini berfungsi untuk menguatkan jaringan otot pada kulit, sehingga kulit Anda akan lebih kencang dan terasa lebih awet muda.

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kecantikan Kulit Wanita

3. Menyuburkan Rambut

Manfaat biji wijen putih yang lainnya yaitu bisa membantu menyuburkan rambut Anda. Pasalnya biji wijen putih mengandung omega3, omega6, dan omega9 yang berperan penting dalam menyuburkan rambut.

Jika sering mengkonsumsi biji wijen putih, rambut Anda akan lebih nutirisi. Akibatnya, rambut yang kaya dengan nutrisi akan terasa lebih lembut, lembab, dan sehat.

Bagi Anda yang mempunyai masalah pada rambut yang tipis dan rontok, tentu saja mengkonsumsi biji wijen putih adalah pilihan yang tepat.

4. Mengurangi Karang Gigi

Manfaat biji wijen yang selanjutnya perlu Anda ketahui adalah bisa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Pasalnya biji wijen mengandung antibakteri dan zat yang bisa melawan bakteri Streptococcus yang terdapat pada rongga mulut.

Bahkan banyak orang yang menggunakan minyak wijen putih ketika mengalami sakit gigi. Tidak hanya bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi, Anda juga bisa menggunakannya untuk memutihkan gigi.

5. Mencegah Penyakit Diabetes

Biji wijen putih ternyata juga ampuh untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes. Pasalnya biji wijen mengandung magnesium yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes.

Keberadaan biji wijen ini bisa meningkatkan fungsi dari obat yang biasa dikonsumsi oleh penderita dibetes. Karena kandungan magnesium pada biji wijen bisa mengatur hormon insulin dan kadar gula di dalam tubuh.

Tidak hanya untuk penderita diabetes saja, biji wijen juga bisa mencegah gangguan yang terjadi pada pencernaan. Beberaap diantaranya adalah diare, hipertensi, dan masalah penyakit lainnya. Bahkan biji wijen termasuk biji-bijian yang ampuh untuku mencegah kita dari kanker.

6. Mengurangi Peradangan Sendi

Selain untuk menjaga kekuatan tulang, biji wijen juga cukup ampuh untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada persendian. Kandungan tembaga yang tinggi pada biji wijen bisa membantu penyerpan zat besi dengan lebih cepat.

Sementara kandungan zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bahkan tidak hanya bisa mengurangi terjadinya peradangan, namun juga bisa memperkuat dinding pembuluh darah.

Baca juga: Perbedaan Tempe GMO dan Non GMO

Supplier Biji Wijen Putih Terbaik

Salah satu supplier biji wijen putih terbaik yang kami rekomendasikan adalah Sumber Roso Agromakmur. Disini tersedia biji wijen berkualitas tinggi karena telah melalui proses seleksi yang mendetail.

Anda bisa melakukan pemesanan biji wijen putih baik secara grosiran (bulk) maupun eceran. Supplier ini juga melayani pembelian dan pengantaran dalam dan antar provinsi. Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website resminya yaitu sumberrosoagro.com.

Itulah beberapa manfaat biji wijen putih untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Anda tidak hanya bisa mengkonsumsi biji wijen untuk masakan, namun juga untuk yang lainnya seperti dibuat minyak.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks