Indonetwork, Fashion – Tahukah Anda bahwa murid sekolah dapat terganggu konsentrasinya dalam belajar apabila kaos kaki sekolah yang digunakan tidak nyaman dipakai. Sekolah-sekolah di Indonesia pada umumnya mewajibkan siswa-siswinya menggunakan sepaket sepatu dan kaos kaki ketika berada di lingkungan sekolah. Maka dari itu, sebagai orang tua tidak boleh asal dalam memilih kaos kaki. Agar tidak salah memilih kaos kaki yang akan digunakan, simak beberapa informasi penting dalam mengenal kaos kaki sekolah yang nyaman dipakai.

Manfaat Memakai Kaos Kaki Sekolah

1. Melapisi kaki dari alas kaki

Keutamaan memakai kaos kaki adalah melindungi kulit kaki agar tidak bergesekan langsung dengan alas kaki lalu menimbulkan luka lecet atau gatal pada kaki.

2. Penghangat kaki

Menggunakan kaos kaki ketika cuaca dingin sangat efektif membantu suhu tubuh terjaga agar tetap hangat dan tidak membeku apalagi jika cuaca sedang dingin.

3. Mencegah kaki menghitam

Kaos kaki tidak hanya diperuntukkan untuk pemakai sepatu saja, tetapi pemakai sandalpun disarankan menggunakan kaos kaki agar kaki terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung yang panasnya dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap.

4. Mencegah Bau Kaki

Menggunakan sepatu tanpa menggunakan kaos kaki akan menyebabkan kaki berkeringat, oleh karena itu kaki akan menjadi bau.

5. Mencegah Sepatu Bau

Tak hanya kaki yang menjadi bau karena tidak menggunakan kaos kaki, tetapi sepatu juga akan berbau tidak sedap karena keringat dari kaki menyentuh langsung permukaan sepatu.

Baca Juga : MANFAAT DAN REKOMENDASI DISTRIBUTOR KAOS KAKI TERBAIK

Jenis-jenis Kaos Kaki

Kaos Kaki Panjang
Sumber: Facebook.com

Kaos kaki memiliki beberapa jenis dengan perbedaan panjang pendek untuk menyesuaikan kebutuhan aktivitas pemakainya, berikut jenis-jenis kaos kaki yaitu:

1. No Show Socks

Kaos kaki jenis ini memiliki ukuran yang sangat pendek, hanya menutupi bagian telapak kaki dan sedikit bagian ujung kaki. Pemakainya akan terlihat seperti tidak memakai kaos kaki jika alas kaki yang dipakai disaat bersamaan menutup semua bagian kaki seperti jenis kets atau sepatu bot.

2. Ankle Socks

Ankle socks memiliki panjang di bawah mata kaki atau sejajar dengan mata kaki. Jenis ini cocok digunakan untuk olahraga ataupun aktivitas sehari-hari.

3. Athletic Socks

Kaos kaki ini lebih panjang dari jenis kaos kaki No Show Socks ataupun Angkle Socks tetapi panjangnya tidak melebihi betis.

4. Calf Length

Jenis ini memiliki ukuran dengan panjang hingga sebatas betis dan tepat di bawah lutut. Kaos kaki jenis ini banyak digunakan untuk olahraga sebagai pelindung ekstra pada kaki.

5. Knee Length

Memiliki ukuran yang cukup panjang yaitu hingga lutut, kaus kaki ini banyak digunakan ketika musim dingin tiba.

Baca Juga: BRI DORONG UMKM MELEK LITERASI KEUANGAN LEWAT SEKOLAH INI

Bahan-bahan Pembuat Kaos Kaki

Kenyamanan dari kaos kaki dapat dipengaruhi oleh ketepatan dalam menentukan bahan dasar pembuatannya. Berikut beberapa bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan kaos kaki yaitu:

  1. Katun: Bahan katun adalah bahan yang sering dipilih dalam pembuatan kaos kaki karena karakteristik benangnya cenderung lebih halus, kaos kaki yang dihasilkan akan terlihat lembut.
  2. Benang Varia: Sifatnya kasar dan memiliki tampilan mirip dengan katun.
  3. Wool: Benang wool memiliki karakteristik yang lembut dan halus dan sanggat umum digunakan sebagai bahan kain untuk berbagai keperluan.
  4. Spandek : Spandek bersifat lebih elastis, tipis dan kuat,bahan ini memadukan benang katun dan polyurethane.
  5. Acrylic: Karakteristik dari acrylic yang tebal bisa digunakan untuk pembuatan kaos kaki safety.
  6. Nylon: Memiliki sifat lentur dan lembut, namun mudah tersangkut karena bahan utamanya adalah benang lentur.
  7. Polyester: Terbuat dari plastik sintetis, bahan ini biasanya menjadi salah satu bahan campuran untuk membuat kaos kaki.

Tips Memilih Kaos Kaki

Aktivitas yang Anda jalani sehari-hari akan beragam, maka alas kaki yang akan digunakan akan berbeda mengikuti dengan aktivitas yang sedang berjalan. Untuk itu jika Anda sedang bersekolah maka kaos kaki sekolah yang disarankan adalah kaos kaki model formal untuk memberikan kesan rapi, tetapi jika Anda sedang bepergian maka model kaos kaki yang dipakai bebas dapat memilih warna terang bahkan menggunakan motif untuk menunjang penampilan Anda. Namun yang terpenting dari itu semua adalah kenyamanan, maka berikut tips memilih kaos kaki agar sesuai dengan kebutuhan Anda:

  1. Kenali bahan kaos kaki agar nyaman dipakai
  2. Sesuaikan jenis kaos kaki dengan kebutuhan
  3. Cek ketebalan kaos kaki
  4. Pilih tinggi kaos kaki sesuai dengan kebutuhan

Setelah menyimak informasi-informasi penting di atas, Anda bisa lebih mudah mempertimbangkan kaos kaki yang akan dibeli agar tidak salah pilih sehingga Anda bisa mendapatkan kaos kaki yang nyaman dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda masih bingung membeli kaos kaki karena banyaknya pilihan tempat, maka salah satu tempat terpercaya yang dapat memenuhi harapan Anda adalah CV. Nice Socks. Perusahan yang berpusat di Kota Bandung ini sangat berpengalaman memproduksi kaos kaki yang berkualitas dan nyaman dipakai. Selain kaos kaki sekolah, perusahaan ini juga memproduksi mensocks, kaos kaki muslim, kaos kaki jempol, koas kaki bola, kaos kaki sport dan lain-lain. Beragam kaos kaki tersebut juga tersedia dalam berbagai motif. Anda juga dapat memesan kaos kaki dengan desain lambang sekolah.


Author

%d bloggers like this: