Indonetwork, Peralatan Industri – Pompa adalah perangkat yang memindahkan cairan dengan cara mekanis, dari satu tempat ke tempat lain. Pada dasarnya, perangkat ini merupakan bentuk mesin paling awal, yang berasal dari Mesir kuno. Shaduf adalah perangkat pertama yang digunakan untuk mengangkat air di beberapa peradaban dan dengan demikian merupakan bentuk paling awal dari pompa. Karena pompa telah ada sejak lama, tidak mengherankan bahwa ada berbagai ukuran dan jenis dan digunakan dalam berbagai aplikasi di berbagai industri. Saking beragamnya pompa tersebut maka ketika sebuah pompa industri mengalami kerusakan, Anda tidak dapat menanganinya secara sembarangan. Untuk itu jasa service pompa industri juga tersedia di berbagai tempat. Pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jenis-jenis pompa tersebut.

Jenis pompa, serta pemilihan, terutama tergantung pada kebutuhan Anda. Aplikasi ini terutama mencakup jenis cairan yang ingin Anda pompa, jarak yang Anda inginkan untuk memindahkan cairan, dan jumlah yang Anda butuhkan untuk melewati jangka waktu tertentu. Namun, sulit untuk mengenali secara akurat jenis pompa apa yang harus Anda pilih. Identifikasi pompa dapat dilakukan dengan desain maupun posisinya. Secara ringkas, pompa dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis.

Pompa Dinamis

1. Pompa Sentrifugal

Jenis pompa ini paling umum digunakan di seluruh dunia. Cara kerjanya sangat sederhana, dijelaskan dengan baik dan diuji dengan cermat. Pompa ini kuat, efisien dan cukup murah diaplikasikan. Setiap kali pompa bekerja, maka tekanan fluida akan meningkat dari inlet pompa ke outletnya. Perubahan tekanan akan mendorong cairan ke seluruh sistem.

2. Pompa Sentrifugal Vertikal

Disebut juga sebagai pompa kantilever, pompa ini menggunakan desain poros & pemeliharaan eksklusif yang memungkinkan volume turun di dalam lubang karena bantalan berada di luar lubang. Mode pompa ini tidak menggunakan wadah pengisian untuk menutupi poros tetapi sebagai gantinya menggunakan throttle bushing. Pompa jenis ini biasa digunakan pada pencucian suku cadang.

3. Pompa Sentrifugal Horisontal

Jenis pompa ini mencakup minimal dua impeler atau lebih. Pompa ini digunakan dalam layanan pemompaan. Setiap tahap pada dasarnya adalah pompa pemisah. Semua fase berada di tempat penampungan yang sama & dipasang pada poros yang sama. Pada poros horizontal tunggal, minimal delapan tahapan tambahan dapat dipasang. Setiap tahap meningkatkan kepala dengan jumlah yang sama. Pompa multi-tahap juga bisa menjadi hisap tunggal atau ganda pada impeler pertama.

Baca Juga: POMPA INDUSTRI UNTUK BERBAGAI KEBUTUHAN

4. Pompa Submersible

Pompa ini juga disebut sebagai stormwater atau pompa septik. Aplikasi pompa ini terutama mencakup layanan bangunan, domestik, industri, komersial, pedesaan, kota, & aplikasi daur ulang air hujan. Pompa ini cocok untuk memindahkan air hujan, air bawah tanah, limbah, air hitam, dan lain-lain. Aplikasi pipa-pipa ini terutama mencakup impeler yang berbeda seperti tertutup, kontra-blok, pusaran, multi-tahap, saluran tunggal, pemotong, atau pompa penggiling.

5. Sistem Hidran Kebakaran

Sistem pompa hidran kebakaran juga disebut sebagai booster hidran atau pompa pemadam kebakaran. Ini adalah pompa air berkekuatan tinggi yang dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas pemadaman kebakaran konstruksi dengan meningkatkan kekuatan dalam layanan hidran jika listrik tidak mencukupi. Aplikasi sistem ini terutama mencakup irigasi serta transfer air.

Jasa Service Pompa Industri
Sumber: Xiaowatersystems.com

Pompa Perpindahan Positif

Pompa perpindahan positif diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis, namun beberapa di antaranya dibahas di bawah ini seperti pompa diafragma, roda gigi, peristaltik, lobus, dan piston.

1. Pompa Diafragma

Pompa diafragma juga dikenal sebagai pompa AOD (Air Operated Diaphragm), pneumatik, dan pompa AODD. Aplikasi pompa ini terutama mencakup aplikasi berkelanjutan seperti di pabrik umum, industri, dan pertambangan. Pompa AOD terutama digunakan di mana daya tidak dapat diperoleh, jika tidak di daerah yang tidak stabil dan mudah terbakar. Pompa ini adalah pompa yang merespons dan mencakup dua diafragma yang digerakkan dengan udara kental. Bagian udara dengan katup pemindah mengalirkan udara secara bergantian ke arah dua diafragma, di mana setiap diafragma berisi satu set bola atau katup periksa. Tentu karena sifatnya yang cukup kompleks maka dibutuhkan seorang teknisi atau jasa service pompa industri untuk menanganinya jika terdapat kerusakan.

2. Pompa Roda Gigi

Perangkat ini merupakan sejenis pompa dislokasi positif yang berputar. Pompa roda gigi tidak mengandung katup apa pun yang menyebabkan kerugian seperti gesekan & juga kecepatan impeller yang tinggi. Jadi pompa ini kompatibel untuk menangani cairan kental seperti bahan bakar. Pompa ini tidak cocok untuk menggerakkan padatan maupun cairan keras.

3. Pompa Peristaltik

Perangkat ini juga disebut sebagai pompa tabung. Pompa ini biasa digunakan dalam pemrosesan industri kimia, makanan, dan pengolahan air. Perangkat ini mampu membuat aliran stabil untuk mengukur, mengaduk, dan tentunya memompa berbagai cairan seperti pasta gigi dan semua jenis bahan kimia.

Baca Juga: JENIS-JENIS CHILLER DAN APLIKASINYA DALAM DUNIA PERINDUSTRIAN

4. Pompa Lobus

Dengan karakteristik  yang berbeda seperti efisiensi tinggi yang sangat baik, tahan karat, kualitas higienis, keandalan, dan lain-lain, pompa ini dapat menangani cairan & padatan dengan ketebalan tinggi tanpa merusaknya. Cara kerja pompa ini dapat dikaitkan dengan pompa roda gigi, selain dari lobus yang tidak saling bersentuhan. Pompa ini juga memiliki ruang pemompaan yang lebih unggul dibandingkan dengan pompa roda gigi yang memungkinkannya memindahkan slurry. Perangkat ini diproduksi dengan bahan stainless steel.

5. Pompa Piston

Perangkat ini memiliki segel gaya tinggi yang merespons melalui piston. Pompa ini sering digunakan dalam irigasi air, skenario yang membutuhkan sistem tekanan yang tinggi dan andal untuk mentransfer cokelat, kue kering, cat, dll.

Service Pompa Industri
Sumber: Pumpsdandsystems.com

Jasa Service Pompa Industri

PT. Gecko Indonesia merupakan Engineering Contractor yang menyediakan jasa service pompa industri. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga menyediakan Industrial Equipment sebagai penunjang. Untuk mengetahuinya secara lebih detail, Anda dapat mengunjungi perusahaan tersebut yang berlokasi di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.


Author

%d bloggers like this: