Indonetwork.co.id (Jakarta) – Tahun 2019 hanya tinggal menghitung hari. Apa rencana Anda menyusun strategi di tahun depan? Tentunya jauh sebelum melangkah, Anda telah memikirkan secara matang langkah apa yang tepat dilakukan untuk mengembangkan usaha di tahun 2019.

Ya, biasanya tahun baru selalu diawali dengan berbagai macam rencana dan resolusi, tak terkecuali rencana bisnis. Tren dalam bisnis selalu berkembang dengan semua dinamikanya, pengusaha pun dituntut mampu mengimbangi setiap perubahan itu.

Baca juga: Tahun Babi Bumi, Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Usaha

Menyambut tahun baru 2019, Indonetwork bakal mengulas tren bisnis apa saja yang mungkin bisa Anda jadikan referensi. Uraian ini diharapkan dapat menjadi pilihan Anda dalam memulai usaha.

Untuk membantu Anda membuka usaha, ada baiknya dibutuhkan kecermatan. Tak dipungkiri bahwa, tahun 2019 dapat dijadikan sebagai momen penting yang menjanjikan untuk pengembangan usaha.

Meski kenyataannya seperti itu, sebagai pengusaha seharusnya momen tersebut bukan lagi dijadikan halangan, tapi justru dijadikan peluang usaha.

Dalam kondisi ini, pelaku usaha seharusnya memiliki insting bisnis yang tajam untuk dapat memanfaatkan momen penting tersebut. Ya, walau terkesan hanya sesaat. Tapi bisnis ini cukup menjanjikan bila di geluti.

Jasa Pengiriman
Menjamurnya marketplace tentu bisa jadi alasan mengapa jasa pengiriman sangat dibutuhkan. Bidang usaha yang kian menjamur adalah salah satu faktor, jasa pengiriman menjadi solusi tepat dalam hal memenuhi kebutuhan pelaku usaha mendistribusikan produknya ke para pembeli.

Jasa pengiriman dapat pula dijadikan peluang usaha yang menjanjikan buat Anda yang tidak memiliki modal besar. Bidang jasa ini hanya membutuhkan pelayanan ekstra maksimal dan ketepatan waktu. Selebihnya, Anda hanya dituntut kreatif untuk menjaring konsumen.

Usaha Konveksi
Jenis bidang usaha satu ini bisa dikatakan tidak pernah pasang surut meski pesaingnya sudah terlalu banyak. Hanya saja yang patut difahami bahwa, Anda dibutuhkan kepekaan tren seperti apa yang sedang booming dipasaran.

Langkah ini bisa melihat kondisi pasar. Misalnya, saja menangkap peluang di masa kampanye menjelang pemilihan Presiden, banyak partai politik di tanah air membutuhkan atribut dan kebutuhan kampanye sepanjang masa itu. Dari celah ini, seharusnya Anda bisa membaca peta bisnis yang menggiurkan.

Bisnis konveksi nyatanya sangat dibutuhkan bagi mereka (calon legislatif ataupun partai) yang membutuhkan beragam kebutuhan atribut kampanye. Setidaknya, mereka membutuhkan produk kaos sebagai atribut atau identitas yang dibutuhkan sebuah partai dalam masa pemilihan di tahun 2019 nanti.

Bisnis Kuliner
Buat Anda yang memiliki hobi memasak dan berjiwa bisnis, tidak ada salahnya memulai bisnis kuliner. Inilah bisnis yang paling tidak ada matinya. Pasalnya, semua orang membutuhkan makan dan minum lebih dari sekali dalam sehari.

Hanya saja dalam pengembangan bisnis ini, Anda dituntut lebih kreatif dalam hal mengemas cita rasa, termasuk juga mengidentitaskan jenis produk makanan dan minuman tersebut.

Baca juga: ICEEI 2018 Hadirkan Produk Elektronik Unggulan Untuk Pasar Indonesia

Ya, meski memiliki banyak saingan, bisnis ini justru terus menjamur. Dengan modal secukupnya, Anda bisa mengembangkan usaha ini lebih matang. Sebab dengan kondisi seperti ini, Anda tak perlu lagi membuka kedai atau tempat berjualan.

Untuk bisa bertahan dan memaksimalkan usaha tersebut, Anda wajib bekerjasama dengan pihak jasa pengiriman (GoJek dan Grab). Dengan demikian bisnis Anda tetap berjalan.

Usahakan lakukan promosi yang up to date di berbagai media sosial. Buktikan juga bahwa, produk makanan dan minuman yang dijual memiliki cita rasa yang berbeda. Sehingga calon konsumen Anda merasa penasaran untuk membeli.

Coworking Space
Buat Anda yang memiliki aset properti, bisnis satu ini mungkin bisa dijadikan pilihan. Ya, memasuki era serba digital, bekerja tanpa harus ke kantor menjadi tren saat ini. Pasalnya, mereka yang bekerja secara mobile hanya membutuhkan ruang kerja mini.

Untuk mencermati bisnis satu ini, Anda hanya menyiapkan sebidang lahan sebagai area kerja yang dapat digunakan banyak orang. Dengan kata lain istilah yang sedang tren adalah coworking.

Secara literal, coworking bisa diartikan sebagai ruang kerja bersama. Orang-orang yang berada di sebuah coworking bekerja secara individual tetapi berada pada sebuah tempat yang sama dan menggunakan segala fasilitas yang ada didalamnya secara bersama pula.

Mereka umumnya bekerja sebagai freelancer. Coworking berbeda dengan kantor pada umumnya, karena coworking lebih menekankan aspek komunitas, semua orang yang berada didalamnya bisa berhubungan satu sama lain tanpa batas.

Bisnis ini dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan terkait menjamurnya start up, freelance, atau pekerja individual lainnya untuk berinteraksi, dan berkolaborasi serta meningkatkan produktifitas kerja dengan sesama.

Untuk memenuhi kebutuhan mereka, Anda hanya mempersiapkan akses internet, ruang nan nyaman dan lokasi yang strategis. Bisnis ini menjadi tren dikalangan generasi muda yang membutuhkan ruang kerja tanpa harus pergi ke kantor. Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi