Indonetwork, Bisnis – Memiliki banyak foto di dalam bentuk digital sudah menjadi kebiasaan saat ini. Semua foto dapat diambil dengan mudah dan disimpan dalam komputer atau hardisk serta dapat dimanipulasi dengan cara apa saja. Namun, foto digital memiliki beberapa kelemahan dibandingkan bila Anda mencetak foto-foto untuk dipajang. Untuk itu Anda perlu mencetak foto untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, artikel di bawah ini akan membahas printer cetak foto terbaik murah yang bisa Anda gunakan untuk mencetak foto dengan kualitas terbaik.

Pentingnya Mencetak Foto

printer terbaik murah
Sumber: Unsplash.com

Foto digital memiliki sisi kenyamanan yang luar biasa, namun kenyataannya foto digital yang diambil sangatlah banyak sehingga akan mempersulit Anda melihat foto-foto indah yang ada. Bahkan saking malasnya, bisa jadi foto yang sangat disukai tidak tahu disimpan dimana.

Foto digital juga mudah rusak karena software yang tidak sesuai, kesalahan penyimpanan, kerusakan memori hingga kerusakan alat. Selain itu, ada beberapa alasan lain kenapa Anda harus mencetak foto, yaitu sebagai berikut:

1. Hemat Penyimpanan

Mencetak foto juga bisa menghemat penyimpanan karena foto-foto yang tersimpan di hardisk atau kartu memori bisa dihapus selamanya untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Kamu pun tak akan sering-sering melihat notifikasi yang mengingatkan kalau ruang penyimpanan hampir habis.

Dengan mencetak foto Anda juga bisa memfilter foto-foto yang penting ataupun tidak. Dengan adanya pembagian foto yang penting dan tidak tersebut, Anda bisa menghapus file foto yang tidak penting untuk menghemat ruang penyimpanan.

2. Membangkitkan Kenangan

Setiap orang pasti memiliki kecenderungan untuk mengabadikan momen yang ada di sekelilingnya, apalagi yang dianggap penting. Foto digital cenderung sering dilupakan karena banyaknya foto yang tersimpan di dalam ponsel atau laptop. Oleh karena itu, mencetak foto menggunakan printer cetak foto adalah solusi agar bisa terus mengenang setiap momen yang terabadikan dalam foto tersebut.

3. Minim Risiko Foto Rusak

Menyimpan foto di hardisk atau kartu memori lebih banyak mendatangkan risiko karena mudah rusak dan terserang virus sehingga kemungkinan besar semua fail termasuk foto-foto berharga yang tersimpan di dalamnya hilang dalam sekejap. Oleh karena itu, lebih baik foto-foto yang mengabadikan momen berharga tersebut dicetak untuk berjaga-jaga jika di kemudian hari ada kejadian yang tak diinginkan.

Baca Juga: 7 PRINTER EPSON ALL IN ONE TERBAIK UNTUK MAHASISWA

4. Mudah Diakses

Dibandingkan foto digital, foto cetak lebih mudah diakses karena jika ingin mengingat suatu momen, Anda tinggal melihatnya tanpa perlu repot-repot men-scroll jauh.

Anda dapaat menempelkan foto-foto yang anda cetak sesuai selera, misaanya ruang tamu, kamar, ruang kantor atau bahkan di dompet. Dengan mudahnya akses untuk melihat kenangan atau momen Anda di masa lalu akan membangkitkan semangat untuk Anda.

5. Sebagai Hiasan atau Pajangan

Daripada foto hanya mengendap di hardisk atau kartu memori, lebih baik mengekalkannya dalam bentuk cetak. Foto cetak dapat dibingkai dengan pigura, kemudian digantungkan di dinding atau diletakkan di meja untuk mempercantik kamar, ruang tengah, atau ruang tamu.

Ternyata, foto yang sudah dicetak menjadi salah satu solusi terbaik menyimpan memori Anda. Foto yang dicetak merupakan hasil seleksi ratusan hasil foto yang sudah di ambil. Mereka bertahan lebih lama hingga berabad-abad dibanding foto digital yang mudah rusak dan terhapus dari penyimpanannya. Selain itu, kemajuan teknologi membuat foto-foto Anda yang diambil dengan alat yang sudah lama tidak bisa terbuka di masa depan.

Trend Mencetak Foto

printer cetak foto
Sumber: Unsplash.com

Salah satu solusi yang ampuh untuk menyimpan foto tanpa takut ketinggalan teknologi adalah dengan cara di cetak. Penyimpanan fisik akan menjadikan foto tersebut lebih mudah dipandang setiap harinya, lebih mudah dijaga dan menjadi perhatian setiap orang yang berkunjung ke rumah.

Selain itu ada beberapa alasan lain mengapa cetak foto masih menjadi trend, alasannya diantaranya adalah:

1. Kemudahan Mencetak Foto

Tidak seperti beberapa tahun lalu dimana kita harus membawa film kamera ke tempat cuci foto dan menunggu beberapa hari, kini kita bisa dengan mudah mencetak momen-momen terindah hanya dalam hitungan detik.

Bahkan, dengan aplikasi atau software tertentu, kita bisa langsung mencetak foto di tempat. Ada pula perangkat INSTAX MINI LiPlay, yang memungkinkan mencetak foto secara real-time, lengkap dengan rekaman suara yang dihadirkan pada kode QR hasil cetakan.

2. Relasi Emosional

Budaya mengambil foto bukan sekadar diartikan mengabadikan momen, melainkan berbagi momen bersama orang-orang terdekat. Foto cetak menjadi kenangan yang tangible, menghubungkan emosi dan romantisme dengan tempat tertentu, momen tertentu, juga orang-orang tertentu. Ketika foto cetak disimpan di tempat-tempat yang terlihat, relasi emosional dengan objek foto dan kenangan yang ada di dalam akan terbangun.

3. Penuh Kreativitas

Budaya cetak foto dapat menjadi sarana untuk mengasah kreativitas. Hasil foto yang dicetak dapat dikreasikan pada pilihan bingkai yang unik, hiasan kertas, atau fitur edit unik yang bisa Anda dapatkan dari berbagai aplikasi.

Di tengah era digital, sentuhan fisik diyakini kian dicari banyak orang. Apalagi, aktivitas yang memicu kreativitas dan berkaitan dengan seni berdasarkan studi American Journal of Public Health dapat mengurangi dampak stress dan kecemasan.

Baca Juga: CARA MENGATASI WARNA TINTA PRINTER EPSON L3110 TIDAK SEMPURNA

Bagi sebagian orang, mungkin hasil cetak foto hanyalah selembar kertas dengan gambar. Namun inti dari sebuah foto adalah cerita di balik foto tersebut.

Selain itu, berdasarkan studi hasil tinjauan Dr. Gabriella Florencia, aktivitas berbagi ternyata bermanfaat tidak hanya untuk menambah kebahagiaan, namun juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karenanya pilihlah printer cetak foto terbaik murah sehingga Anda bisa mencetak foto-foto Anda dengan lebih leluasa.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks