ID Card merupakan salah satu bagian penting bagi karyawan jika bekerja dalam sebuah perusahaan. Terlebih jika sistem presensi mengandalkan flash pass menggunakan foto karyawan atau barcode yang terhubung dengan identitas karyawan, sehingga dapat langsung menginformasikan mengenai kehadiran.

Selain untuk kehadiran, tanda pengenal karyawan biasanya juga digunakan untuk memberikan akses terhadap suatu ruangan ataupun suatu file berbentuk digital. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mengandalkan QR code untuk sistem keamanan perusahaan mereka.

Keuntungan Menggunakan QR Code

ID Card
Sumber: Pexels

Sejumlah keuntungan bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kode QR dalam sistem Anda. Keuntungan ini, tergantung pada di mana Anda mengaplikasikannya. Apakah dalam bidang bisnis, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Berikut sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila Anda mengaplikasikannya dalam bidang bisnis.

Serbaguna

Penggunaan kode QR terbilang serbaguna untuk semua bidang, tidak hanya pada bidang bisnis saja. Hal ini dikatakan serbaguna, karena Anda bisa menggunakan kode QR tersebut untuk beberapa fungsi akses. Seperti kehadiran karyawan, akses ruangan, akses dokumen, check-in acara, dan lain sebagainya.

Kemudahan Akses

Seiring berkembangnya teknologi, banyak masyarakat yang memanfaatkan ponsel mereka tidak hanya sebagai alat pencari informasi, namun juga sebagai alat penyimpan dokumen dan hal-hal yang dapat membantu mereka dalam pekerjaan. Oleh karena itu, dalam era saat ini akses kode QR terbilang mudah.

Bisa ditempatkan di Mana Saja

Kemudahan dalam mengaplikasikan kode QR dalam setiap dokumen, membuat kode QR mudah ditempatkan di mana saja. Jika Anda bisa menempatkan kode QR secara strategis, hal ini dapat membantu perusahaan Anda dalam mengembangkan pasar.

Menarik

Kode QR dinamis tidak memiliki batasan ruang. Anda dapat menyertakan berbagai hal di sana. Mulai dari latar belakang perusahaan, produk yang Anda tawarkan, hingga mewarnai konten dengan gambar, video, maupun musik.
Kode QR tidak hanya menyediakan ruang luas untuk berbagai konten, tetapi juga membuat pendistribusian konten menjadi lebih baik.

Jejak Karbon Lebih Kecil

Penggunaan kode QR dapat meminimalisir jejak karbon. Mengingat segala jenis materi cetak seperti brosur, buku, kartu nama, jadwal, dan lain sebagainya dapat diakses melalui digital. Jika perusahaan Anda menggunakan kode QR, hal ini dapat mendukung kelestarian lingkungan perusahaan Anda.

Biaya Lebih Rendah

Pembuatan kode tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun sudah pasti memberikan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan melakukan pencetakan untuk biaya pemasaran. Anda dapat menekan biaya untuk menghemat pengeluaran perusahaan Anda dalam kurun waktu tertentu.

Baca juga: Tips Membuat Sustainable ID Card

Langkah-Langkah Membuat QR Code

ID Card
Sumber: Pinterest

Terdapat berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk membuat kode QR. Bisa melalui web, aplikasi, dan lain sebagainya. Di bawah ini, merupakan tahapan pembuatan kode QR melalui web tanpa berlangganan atau mendaftar.

Buka Website QR Code Generator

Langkah pertama untuk membuat kode QR adalah dengan membuka website QR Code Generator melalui browser Anda. Website tersebut adalah situs gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat kode QR tanpa mendaftar.

Masukkan URL Anda

Kode QR biasanya difungsikan untuk mengarahkan siapapun ke sebuah URL. Dalam sebuah perusahaan, kode QR bisa diisi dengan identitas karyawan, akses ruangan, hingga akses dokumen-dokumen berharga milik perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat memberikan atau menolak akses setiap karyawan yang akan masuk.

Baca juga: 9 Komponen Penting dalam ID Card

Sesuaikan Desain QR Code Anda

Selain isi dari kode QR yang mengarah ke suatu URL, Anda juga bisa menyesuaikan desainnya sesuai dengan merek Anda untuk memberikan ketertarikan terhadap customer. Website QR Code generator menawarkan berbagai pilihan mulai dari bingkai, bentuk, hingga warna. Anda pun bisa menambahkan logo pada bagian kode QR perusahaan Anda untuk meyakinkan customer atau klien.

Unduh dan Simpan File Pada Komputer Anda

Setelah Anda selesai membuat dan mendesain kode QR tersebut, Anda dapat mengunduhnya secara langsung dan menyimpan file tersebut untuk kemudian ditempel pada dokumen yang memerlukan kode QR.

Apabila Anda mendapat saran untuk mendaftar ketika website sedang melakukan pengunduhan, Anda dapat mengabaikan saran itu dan tetap menunggu hingga proses pengunduhan selesai. Hindari untuk merefresh halaman saat proses pengunduhan berlangsung.

Tempel QR Code Pada Dokumen

Apabila unduhan kode QR telah selesai, Anda bisa langsung menggunakannya dan menempelkan pada dokumen yang membutuhkan akses kode QR. Pastikan untuk menambahkan kode QR pada dokumen apapun yang bisa membantu Anda untuk memasarkan bisnis Anda.

Baca juga: Psikologi Warna yang Dapat Mempengaruhi Brand Anda

Yoyo ID Card

Apabila perusahaan Anda banyak memfungsikan kartu identitas karyawan untuk berbagai kebutuhan kantor, maka Anda perlu untuk mendesain sedemikian rupa kartu tersebut agar karyawan dapat dengan nyaman menggunakannya. Tidak hanya secara desain, namun pemilihan aksesoris yang memadai dan mengedepankan kenyamanan dalam menggunakan kartu juga perlu menjadi perhatian.

Yoyo ID card merupakan salah satu aksesoris kartu identitas karyawan kantor yang sudah sering digunakan. Penggunaan aksesoris ini dapat meningkatan nilai positif perusahaan di mata pelanggan. Oleh karena itu, produk ini cocok dipakai oleh karyawan yang berhubungan langsung dengan customer. Anda bisa mendapatkan produk ini di Mitra Sarana Global dengan berbagai model maupun warna serta dapat dilengkapi dengan logo perusahaan atau organisasi. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi websitenya dan buat penawaran hari ini!


Author

%d bloggers like this: