Indonetwork, Perlengkapan Kantor – Salah satu mesin pencetak kebutuhan kantor dan pendidikan saat ini begitu bermanfaat oleh tiap kalangan. Ya, mesin printer dengan merk yang sudah tidak asing lagi seperti yang satu ini, Epson. Dengan berbagai jenis mesin printer epson, kali ini kami akan membahas mesin printer Epson Series L3110. 

Mesin Epson Series L3110 telah diakui dan dipercaya memiliki banyak manfaat dan kualitas pada hasil pencetakkan yang baik dan awet. Namun, pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai masalah yang terkadang timbul yaitu perihal tinta warna Epson L3110.

Berikut ini kami lampirkan beberapa rangkuman bagaimana sebaiknya Anda mengatasi masalah pada tinta printer Epson L3110.

Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Epson L3110 Tidak Sempurna

Saat mengisi tinta printer memang rawan terjadi trouble, karena itu Anda perlu memperhatikan settingannya agar sesuai. Jika masalahnya adalah warna tinta yang dihasilkan tidak sempurna, berikut beberapa cara mengatasinya.

Membersihkan Print Head

cara mengatasi warna tinta printer epson tidak sempurna
Sumber: Freepik

Print head merupakan bagian dari kepala cartridge yang berfungsi sebagai pendistribusian tinta pada kertas atau media yang ingin dicetak pada printer. Masalah yang biasa timbul pada bagian ini seperti penumpukkan sisa-sisa tinta akibat sering digunakan dalam aktifitas printing atau mencetak. Dan kemungkinan sisa pada tinta tadi menjadi mengering.

Akibatnya, dapat menyumbat print head dan menghasilkan cetakan bermasalah seperti tidak muncul warna yang sesuai dan lain sebagainya. Cara memperbaiki head printer Epson yaitu terlebih dahulu melakukan pengecekkan pada control panel dan device printer untuk maintenance.

Pilihlah maintenance head cleaning, start hingga proses cleaning head printer berlangsung. Anda juga dapat memilih print nozzle untuk melihat hasil cetakan apakah sudah kembali normal atau belum.

Baca Juga: Rekomendasi Printer Epson Foto Terbaik

Mengecek Nozzle

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan tinta warna tidak sempurna adalah terkait pada nozzle yang tersumbat. Anda dapat memeriksanya menggunakan utilitas nozzle check dengan beberapa langkah yaitu dengan memasukkan kertas pada mesin printer dengan posisi yang sudah tepat dan tidak terlipat.

Kemudian Anda dapat melanjutkannya dengan membuka aplikasi driver printer Epson yang terdapat pada perangkat Anda dan sambungkanlah mesin printer dengan perangkat tersebut. Dan apabila Anda menggunakan pengoperasian windows, Anda dapat meng-klik tab pada maintenance dan pilih nozzle check. Sedangkan apabila Anda menggunakan mac OS, Anda dapat memilih Nozzle Check yang muncul pada halaman pertama. Kemudian Anda akan mengetahui kondisi nozzle pada printer tersebut.

Selanjunya Anda harus klik pada device and printer melalui menu start. Anda juga harus mencari menu printing preferences dan klik maintenance. Pilihlah head cleaning dan klik start. Tunggu hingga proses pembersihan selesai dan jika sudah mencoba, check kembali keadaan nozzle dan Anda dapat mengulang proses pembersihan.

Cek Tangki Pengisian

cara mengatasi warna tinta printer epson tidak sempurna
Sumber: Freepik

Cara mengatasi warna tinta printer Epson L3110 tidak sempurna selanjutnya yaitu melakukan pengecekkan secara rutin pada tangki pengisian tinta karena sering kali terlupa. Anda juga harus maintenance dengan cara memilih menu device and printer pada menu start, kemudian pilih printing reference dan memilih menu pada Epson Monitor 3 dan kemudian pilihlah approximate ink levels. Anda dapat mengetahui grafik yang dapat memperkirakan apakah printer membutuhkan pengisian refill atau tidak.

Cek dan Proses Printer Troubleshooter

Memperbaiki tinta printer Epson warna yang eror juga dapat dengan memproses printer troubleshooter apabila masih belum menemukan petunjuk atas solusi pengisian tinta tersebut dengan cara mengetik kolom troubleshoot pada kolom searching windows dan pilihlah troubleshoot setting.

Selanjutnya Anda dapat memilih opsi printer dan kemudian klik run the troubleshooter. Maka, secara otomatis windows akan menjalankan atau running pencarian terkait merk printer yang masih terhubung pada device Anda.

Anda juga akan menemui jendela menu pilihan dan selanjutnya pilihlah Printer Epson L3110 Series dan klik next. Sehingga, troublershoot pada printer ini akan mulai memproses pencarian masalah. Anda juga harus membaca pada tiap jendela sistem terbuka dan ikuti petunjuk di dalamnya.

Dan apabila Anda telah memproses dan mengikuti langkahnya, Anda dapat close menu untuk mengakhiri proses pencarian troubleshoot-nya.

Memeriksa Kembali Sambungan Selang Tinta

Anda dapat melakukan pemeriksaan selang tinta yang mungkin terdapat bagian tinta dari tabung yang tersumbat pada cartridge. Sebelumnya Anda perlu melakukan sistem cleaning printer sehingga Anda juga perlu memperhatikan kondisi fisik printer jika belum menemukan solusi.

Terkadang sesekali ditemukan kendala terdapat rongga udara pada tinta sehingga, membuat tinta sulit mengalirkan pada selangnya. Anda juga dapat mengatasinya dengan menekan tombol tinta printer selama 3 detik dan membuat angin keluar dari jalur cartridge.

Kalaupun belum berhasil dalam mengetahui tinta tersumbat dengan cleaning printer dan manual menekan tombol tinta, Anda dapat membuka cover atas printer, membuka penutup cartridge yang biasanya berwarna putih dengan obeng plus. Angkat bagian cartridge untuk mengetahui kondisi tinta.

Apabila terdapat bagian kosong atau tersumbat, Anda dapat menyedot angin atau bagian tersebut dengan menggunakan spuit. Tarik tinta hingga memenuhi cartridge dan pasangkan kembali cartridge pada posisi semula.

Baca Juga: Ragam Jenis Kertas Foto Terbaik untuk Printer Epson

4 Tips Agar Tinta Printer Epson L3110 Awet Sesuai Kebutuhan

cara mengatasi warna tinta printer epson tidak sempurna
Sumber: Freepik

Selain mengetahui cara mengatasi tinta yang bermasalah pada printer Epson L3110 Anda, kami juga perlu mengingatkan untuk terus merawat kebersihan mesin printer. Tips ini dapat menjadi referensi agar printer Anda tidak mudah macet

  1. Untuk membiasakan sesekali menggunakan printer untuk satu hari minimal 1 lembar cetakan kertas sehingga tinta tidak mudah mengering atau menggumpal.
  2. Sering memeriksa volume tinta printer agar tidak kehabisan atau kering yang membuat jalur masuk tinta printer menjadi bermasalah nantinya.
  3. Mengusahakan untuk selalu memakai tinta original atau asli sesuai dengan jenis mesin printer Anda. Selain membuat hasil cetakan sempurna, mesin printer juga membuatnya tidak kehilangan garansi pabrik apabila kemudian hari dibutuhkan segera.
  4. Dan yang terakhir adalah memastikan kembali ketika Anda selesai menggunakan printer, sebaiknya menutup mesin printer dengan kain bersih guna terhindar dari debu atau kotoran yang akan menempel pada mesin printer.

Demikianlah cara untuk memperbaiki dan mengatasi permasalahan pada tinta mesin printer Epson L3110. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks