Indonetwork, Peralatan Industri – Valve merupakan sebuah katup untuk mengatur, mengarahkan atau mengendalikan arus fluida dengan membuka, menutup, mengecilkan atau membesarkan arusnya. Jenis valve sendiri terdapat ball valve, gate valve, plug valve, diaphragm, globe valve, dan butterfly valve. 

Pembahasan ini cenderung akan menjelaskan salah satu jenis valve tertua yaitu butterfly valve. Komponen ini sudah dikenal oleh pekerja proyek piping. Sesuai namanya, valve ini cara beroperasinya mirip tapi tak sama dengan sayap kupu-kupu. Nah, sebelum Anda memasang produk ini pada kebutuhan industri ada baiknya untuk mengetahui informasi butterfly valve lebih lanjut. Yuk simak artikel dibawah ini!

Apa Itu Butterfly Valve

Butterfly valve adalah salah satu jenis valve yang multiguna karena dapat diaplikasikan pada semua sistem pemipaan, baik di industri, pembangunan kapal, platform, bahkan di perumahan. Butterfly valve termasuk salah satu kelompok Quarter Turn Valve, yaitu jenis valve yang hanya membutuhkan seperempat putaran untuk membuka dan menutupnya.

Pada awalnya butterfly valve hanya digunakan instalasi pada tekanan rendah, namun seiring berkembangnya teknologi, sekarang butterfly valve bisa di aplikasikan pada instalasi dengan tekanan tinggi. Alat ini biasanya digunakan untuk throttling atau pengaturan aliran karena bisa diukur dengan mudah untuk sudut tertentu berapa banyak fluida yang dialirkan.

Baca Juga: GLOBE VALVE: KARAKTERISTIK, JENIS & PENGAPLIKASIANNYA

Jual butterfly valve ini bisa diaplikasikan pada berbagai media yang melaluinya, seperti  gas, cairan, lumpur dengan berbagai tingkat tekanan dan suhu. Butterfly valve dapat digunakan untuk berbagai aplikasi dalam penyediaan air, pengolahan air limbah, proteksi kebakaran dan pasokan gas, dalam industri kimia dan minyak, dalam sistem penanganan bahan bakar, pembangkit listrik, dll.

Harga dari produk ini relatif lebih murah dibandingkan dengan valve lain karena komponen penyusunnya tidak sebanyak valve yang lain. Konstruksinya pun sederhana, hanya cakram yang dijepit oleh stem dan didudukkan di atas bodi valve.

Material Pendukung Butterfly Valve

Butterfly Valve: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Butterfly Valve berupa dudukan logam dalam kasus terakhir penampang biasanya terbuat dari karet alam atau sintetis dan biasanya dipasang pada badan katup dengan ukuran lebih kecil atau pada cakram.

Distributor yang jual Butterfly valve sendiri terdiri dari empat komponen utama yaitu body, disk, stem dan seat. Namun berikut dibawah ini beberapa material yang paling sering digunakan dalam pembentukan butterfly valve, yaitu:

  • Carbon Steel
  • Stainless Steel
  • Austenitic Stainless Steel
  • Duplex Steel
  • Nickel Alloy Steel
  • Titanium And Titanium Alloys
  • Nickel Aluminium Bronze

Fungsi Butterfly Valve

fungsi butterfly valve

Fungsi utama dari butterfly valve yaitu digunakan untuk mengisolasi atau mengatur aliran fluida. Butterfly valve memiliki turbulensi dan penurunan tekanan (pressure drop) yang minimal. Valve

ini bagus untuk pengoperasian on-off ataupun throttling, dan bagus untuk mengontrol aliran zat cair atau gas dalam jumlah yang besar. Namun demikian valve ini biasanya tidak memiliki kekedapan yang bagus, dan harus digunakan pada situasi/ sistem yang memiliki tekanan rendah (low-pressure). Penerapan Butterfly valve untuk kebutuhan industri biasanya digunakan pada sektor:

  • Fasilitas industri, mesin dan gas alam
  • Air suhu tinggi, air kondensat
  • Perusahaan obat dan produksi makanan
  • Industri kertas, peralatan otomasi
  • Air rumah tangga, desalinasi air laut
  • Industri kertas
  • Industri Pembuatan kapal
  • Pembangkit listrik
  • Marine platform pengeboran
  • Industri kimia dan putrefaksi

Jenis Butterfly Valve

tipe butterfly valve

Butterfly valve bisa datang dalam berbagai desain, yang masing-masing melayani aplikasi dan rentang tekanan tertentu. Berikut dibawah ini tipe dari beberapa rangkaian butterfly valve yaitu:

1. Concentric Butterfly Valve, punya seat kuat dengan disk dari bahan logam

Jenis desain butterfly valve yang paling dasar adalah Butterfly valve sentris atau konsentris Ini berarti bahwa batang melewati garis tengah disk yang berada di tengah lubang pipa dan seat adalah diameter bagian dalam body valve.

Desain valve offset-nol ini juga disebut dudukan berpegas karena mengandalkan fleksibilitas karet seat untuk menutup aliran secara efisien saat ditutup. Dalam jenis valve ini, disk pertama kali bersentuhan dengan dudukan di sekitar 85 ° selama putaran 90°. Butterfly valve konsentris biasanya digunakan untuk rentang tekanan rendah

2. Double eccentric Butterfly Valve

terbuat dari berbagai macam bahan untuk seat dan disknya. Butterfly eksentrik berarti steam tidak melewati garis tengah disk, melainkan di belakangnya (berlawanan dengan arah aliran) seperti yang terlihat pada gambar.

Ketika stem terletak tepat di belakang garis tengah disk, valve disebut offset tunggal. Desain ini dikembangkan untuk mengurangi kontak disk dengan seal sebelum valve ditutup sepenuhnya dengan tujuan meningkatkan masa pakai valve. Saat ini, valve offset tunggal telah digantikan oleh butterfly valve offset ganda dan tiga offset.

3. Triple eccentric Butterfly Valve, terbuat dari baja. 

Triple offset butterfly valve (TOV atau TOBV) sering digunakan dalam aplikasi kritis dan dirancang mirip dengan katup kupu-kupu offset ganda. Offset ketiga adalah sumbu kontak disc-seat. Permukaan seat berbentuk kerucut yang digabungkan dengan bentuk yang sama di bagian tepi disc, menghasilkan kontak minimal sebelum valve ditutup sepenuhnya. Katup kupu-kupu offset rangkap tiga lebih efisien dan mengurangi keausan.

Jenis atau tipe eccentric sering diaplikasikan pada sistem yang membutuhkan dua arah misalnya penutup minyak dan gas, LNG/NPG, pabrik kimia dan pembuatan kapal.

Baca Juga: 5 FUNGSI DARI CONTROL VALVE UNTUK SISTEM INDUSTRI

Distributor Penyedia Butterfly Valve

Pengaplikasian produk yang jual butterfly valve sendiri disesuaikan dengan ukuran  dan kebutuhan yang hendak dipasang. Standar besinya sendiri juga dijual dengan ketebalan yang beraham. Jika Anda membutuhkan alat ini untuk pemasangan di industri maupun hunian silakan kunjungi PT. Maste Dayaa Energy yang berlokasi di beberapa kota besar di Indonesia seperti Surabaya,Jakarta dan Cikarang.

Distribusinya sendiri sudah menyeluruh ke berbagai Indonesia karena kualitas yang diproduksi memiliki mutu terbaik dan pelayanan dari  PT. Maste Dayaa Energy  yang sangat ramah. Hubungi perusahaan ini sekarang juga untuk mendapatkan penawaran harga terbaik!

Author

Enable Notifications OK No thanks