Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang karyawan tentunya sudah mengetahui cara menggunakan mesin absensi sidik jari Solution. Karena Anda hanya perlu menempelkan jari pada layar dan sistem akan langsung mencatat sidik jari Anda.

Akan tetapi, tahukan Anda bagaimana cara mengoperasikan mesin absensi sidik jari ketika baru pertama kali membelinya?

Mesin sidik jari merupakan salah satu peralatan teknologi yang hampir ada di semua perusahaan. Pasalnya, dengan menggunakan mesin ini, kehadiran karyawan dapat otomatis secara langsung tercatat. Ini merupakan teknologi yang menawarkan kepraktisan luar biasa.

Bagi Anda yang kebingungan untuk mengoperasikan mesin absensi sidik jari karena baru pertama kali membelinya, simak artikel berikut untuk mendapatkan panduannya.

Baca juga: 5 Fungsi Mesin Absensi yang Harus Kamu Ketahui!

Cara Menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari Solution

cara menggunakan mesin absensi sidik jari solution
Sumber: Google

Cara menggunakan mesin absensi sidik jari terlampau sangat mudah. Akan tetapi, beberapa orang dapat menemukan kesulitan ketika mengoperasikan atau mengatur mesin absensi yang baru dibelinya.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengatur mesin absensi sidik jari Anda.

Buat Admin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat admin atau user baru. Admin adalah orang yang nantinya berhak untuk mengelola dan mengatur data apapun yang ada di dalam mesin absensi sidik jari, sehingga akses data mesin sidik jari hanya bisa diunduh dan diubah oleh admin.

Untuk bisa membuat user baru pada mesin absensi sidik jari, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Masuk ke menu utama
  2. Tekan dan tahan tombol “M” atau “Ok” dalam beberapa detik
  3. Masuk ke menu user baru
  4. Klik kanan pada kolom “Tampil” hingga user yang tampak menjadi administrator

Atur IP Address

Selanjutnya, atur IP address pada mesin fingerprint agar mesin tersebut dapat diakses pada jaringan lokal dan dapat diatur menggunakan komputer.

Berikut cara mengatur IP address pada mesin absensi sidik jari.

  1. Masuk ke menu “Comn”
  2. Isi semua item yang ada
  3. Sesuaikan dengan IP jaringan milik Anda

Instal Aplikasi Manajemen Kehadiran

Kemudian, Anda bisa menginstal aplikasi manajemen kehadiran untuk mengontrol setiap akses ke dalam mesin absensi.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi tersebut, memungkinkan admin untuk merestart mesin absensi dan menghapus administrator apabila lupa password mesin absensi sidik jari.

Aplikasi manajemen kehadiran bisa Anda instal pada CD mesin fingerprint yang tersedia dalam mesin absensi yang Anda beli. Anda hanya perlu mengikuti alur yang ada dan menyelesaikan proses instalasi aplikasi.

Sesuaikan Jam dan Tanggal

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan adalah jam dan tanggal. Berikut langkah-langkah untuk mengatur jam dan tanggal pada mesin absensi Solution.

  1. Masuk ke menu “System Option”
  2. Sesuaikan jam dan tanggal sesuai dengan daerah di mana Anda berada

Mendaftar Semua Karyawan

Apabila Anda sudah membuat admin dan mengatur jam serta tanggal, Anda bisa mulai untuk mendaftarkan semua karyawan ke dalam mesin absensi.

Pastikan Anda memilih menggunakan user, agar karyawan tidak bisa masuk ke menu configuration ketika sedang melakukan input kehadiran. Mengingat menu configuration digunakan untuk mengatur mesin absensi.

Untuk mendaftarkan karyawan pada mesin absensi, Anda hanya perlu masuk ke menu “User baru”. Kemudian, akan muncul menu “Tampil harus menggunakan pilihan user”. Klik menu tersebut dan ikuti alurnya hingga selesai.

Kembali Pada Tampilan Awal Mesin Absensi

Tahap terakhir setelah semua karyawan sudah terdaftar dan proses pendaftaran berhasil, tutup menu pada mesin absensi hingga mesin absensi kembali ke tampilan awal.

Setelah itu, mesin absensi sudah bisa digunakan dan karyawan dapat melakukan input kehadiran tanpa adanya kecurangan.

Baca juga: Cara Manfaatkan teknologi untuk Meningkatkan Bisnis UMKM

Daftar Kapasitas Mesin Absensi Sidik Jari Solution

cara menggunakan mesin absensi sidik jari solution
Sumber: Pinterest

Solution menghadirkan mesin absensi sidik jari dengan berbagai tipe. Tentunya, setiap mesin memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda. Berikut daftar kapasitas mesin absensi sidik jari solution setiap tipe.

Baca juga: 5 Fungsi ID Card untuk Karyawan Kantoran

Untuk mendapatkan mesin absensi termurah dan berkualitas, Anda bisa membelinya di PT. Trikomindo Kharis Utama. Trikomindo Kharis Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan berperan sebagai system integrator.

Selain itu, PT. Trikomindo Kharis Utama merupakan authorized partner dari produk-produk teknologi informasi seperti mesin absensi, CCTV, camera, notebook, gadget, computer peripheral, hingga aksesoris.

PT. Trikomindo Kharis Utama juga menyediakan produk teknologi informasi dari merek-merek terkemuka. Seperti Solution, Dell, Acer, Fujitsu, Lenovo, Infinity, Avtech, dan berbagai merek lainnya.


Author

%d bloggers like this: