Indonetwork, Otomotif – Sekarang ini mesin diesel sudah banyak digunakan untuk berbagai jenis kendaraan niaga seperti truk dan bus. Tak hanya itu, banyak orang juga yang menggunakan mesin ini untuk kendaraan pribadi. Lalu bagaimana cara kerja mesin diesel?

Perbedaan yang paling mendasar antara mesin diesel dengan bensin adalah tidak memerlukan pemantik untuk menciptakan pembakaran. Jadi Anda hanya memerlukan busi saja. Pembakaran tersebut merupakan hasil dari kompresi udara dan solar.

Cara Kerja Mesin Diesel

Sebetulnya untuk cara kerja mesin diesel ini tidak jauh berbeda dengan mesin bensin. Proses pembakarannya dapat melalui dua tak maupun empat tak, namun lebih banyak yang melalui 4 tak.

Dalam mesin diesel 4 tak terdapat beberapa komponen di dalamnya yakni piston, kepala silinder, blok silinder, katup hisap, intake manifold, katup buang, exhaust manifold, dan injector. Ingin tahu lebih lengkap bagaimana cara kerjanya?

1. Langkah Isap

Sumber : www.autoexpose.org

Langkah pertama yang dilakukan disebut dengan langkah isap. Pada proses ini piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB). Pergerakan piston ini akan menyebabkan ruang bakar menjadi membesar.

Pada proses langkah isap ini, udara akan masuk ke dalam ruang bakar yang terdapat pada intake manifold. Udara masuk melalui katup hisap yang terbuka.

2. Langkah Kompresi

makalah mesin diesel 2 tak
Sumber : www.autoexpose.org

Pada proses ini, pistak akan bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA). Katup isap dan buang akan tertutup dengan rapat untuk menciptakan kompresi.

Gerakan udara dari TMB ke TMA juga akan akan menghasilkan kompresi udara yang terjadi di dalam ruang bakar. Akibatnya, tekanan dan suhunya akan meningkat.

3. Langkah Usaha

modul mesin 4 tak.pdf
Sumber : www.autoexpose.org

Ketika piston berada di titik mati atas (TMA) dan tekanan udara di titik udara berada di titik tertinggi, maka solar akan disemprotkan dari injektor ke ruang bakar. Selain itu kondisi ini juga akan menyebabkan solar terbakar oleh suhu udara yang telah berada di atas titik bakar solar.

Proses ini juga akan menciptakan gaya dorong yang terjadi pada piston ke titik mati bawah (TMB).

4. Langkah Pembuangan

Sumber : www.autoexpose.org

Pada langkah terakhir ini, piston akan bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA). Proses ini terjadi ketika katup buang terbuka dan membuang gas sisa pembakaran.

Proses akan kembali lagi ke tahap yang pertama dan prosesnya akan terus berulang.

Keunggulan Mesin Diesel

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mesin diesel dibandingkan dengan bahan bakar. Berikut ini adalah beberapa keunggulannya.

1. Usia Mesin Lebih Panjang

Perhatikan, Ini Rahasia Mobil Mesin Diesel Memiliki Umur Lebih Panjang
Sumber : hargamobil.com

Umumnya mesin diesel dibuat dari material yang sangat kuat ketimbang dengan mesin bensin. Karena mesin diesel menghasilkan kompresi yang lebih besar, sehingga material pembuatnya juga harus kuat.

Suhu yang ada di dalam ruang pembakarannya juga jauh lebih panas dibandingkan dengan mesin bensin. Karena suhunya harus tinggi supaya solar bisa terbakar.

2. Torsi Tinggi

Cara Kerja Mesin Diesel, Mampu Hasilkan Torsi Lebih Besar dengan Biaya  Perawatan Murah - Pasundan Ekspres
Sumber : pasundan.jabarekspres.com

Torsi yang dihasilkan oleh mesin diesel terbilang jauh lebih baik pada rpm yang rendah. Sebagai perbandingannya, mesin diesel dengan empat silinder bisa menghasilkan torsi yang sama dengan mesin bensin enam silinder. Tapi tenaga yang dihasilkan cenderung lebih kecil.

3. Ekonomis

3 Arti Kata Ekonomis di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Sumber : kbbi.lektur.id

Salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh mesin diesel ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang ekonomis. Mesin ini bisa mengkonsumsi bahan bakar dengan lebih sedikit dibandingkan dengan mesin bensin.

Hal itu terjadi karena rasio kompresinya lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. Dengan begitu harga ban bakar pun jauh lebih murah ketimbang dengan mesin bensin.

Pahami Cara Kerja Mesin Diesel Serta Kelebihan Dan Kekurangannya - Pinhome  Home Service

Baca Juga: 3 JENIS MESIN DIESEL DAN KEUNGGULANNYA

4. Sederhana

7 Fakta Keunggulan Mesin Diesel - Otomotif Liputan6.com
Sumber : www.liputan6.com

Bila dilihat dari kesederhanaannya, mesin diesel lebih unggul dibandingkan dengan mesin bensin. Mesin bensin dengan teknologi terbaru memakai injeksi bahan bakar, busi yang canggih, dan ECU.

Sementara untuk mekanik mesin diesel jauh lebih sederhana dibandingkan mesin bensin. Dengan begitu cara perawatannya juga lebih mudah.

Sekarang ini mesin diesel sudah banyak dijual dipasaran, salah satunya Anda bisa membelinya secara online di PT Bersama Maju Selaras. Perusahaan ini menjual berbagai mesin diesel, salah satunya adalah mesin diesel Shanghai Nantong.

Itulah cara kerja mesin diesel yang perlu Anda ketahui beserta keunggulannya. Namun untuk mendapatkan mesin diesel ini, Anda memerlukan uang yang lebih banyak ketimbang mesin bensin.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks