Indonetwork, Peralatan IndustriKetika membudidayakan sebuah tanaman menggunakan media tanam mulsa plastik hitam perak, maka Anda juga harus memikirkan bagaimana cara untuk membuat lubang pada mulsa plastik. Mengingat pelubangan pada mulsa plastik ini termasuk dalam hal yang penting, karena dengan adanya lubang pada mulsa plastik, maka tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Pelubangan mulsa plastik ini pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Lubang yang dibuat harus ideal dan sesuai dengan tanaman yang akan mendiami lubang tersebut.

Jika lubang lebih besar atau lebih kecil dari tanaman yang akan tumbuh, maka itu dapat merusak proses tumbuh kembang tanaman hingga mengundang rumput liar untuk ikut tumbuh di dalamnya, sehingga tanaman menjadi rusak dan terganggu.

Pembuatan lubang ini pun perlu direncanakan jaraknya. Dalam satu gundukan tanah yang sudah dipersiapkan, kira-kira tanaman yang akan Anda tanam akan menjadi sebesar apa. Dari situ, nantinya Anda bisa memperkirakan akan membuat berapa lubang dan dengan diameter berapa.

Selain itu, dalam proses pelubangan maupun pemasangan plastik mulsa, juga perlu diperhatikan waktunya. Mengingat pada siang hari ketika matahari sedang terik sekitar pukul 14.00-16.00 plastik mulsa dapat memuai, sehingga pemasangan yang baik adalah pada saat itu. Di mana nantinya Anda akan mendapatkan hasil yang pas dengan sedikit menarik plastik mulsa dan memposisikannya agar pas dengan lahan gundukan yang sudah Anda buat.

Cara Melubangi Mulsa Plastik

Cara Melubangi Mulsa Plastik
Sumber: Google

Terdapat dua cara untuk melubangi mulsa plastik, yakni dengan menggunakan kaleng atau alat khusus untuk melubangi mulsa plastik. Berikut uraian cara melubangi mulsa plastik.

Melubangi Mulsa Plastik Menggunakan Kaleng

Kaleng bekas dapat dimanfaatkan menjadi berbagai peralatan. Salah satunya yaki sebagai alat untuk melubangi mulsa plastik pada bidang pertanian. Untuk mendapatkan lubang yang sempurna, dapat dilakukan dengan beberapa tahapan.

  1. Siapkan beberapa kaleng bekas.
  2. Rapikan bagian tepi atas kaleng agar menghasilkan potongan yang sama.
  3. Panaskan kaleng hingga mencapai suhu maksimal. Hal ini dilakukan agar proses pelubangan bisa berhasil.
  4. Untuk mengambil kaleng yang panas, Anda bisa menggunakan penjepit makanan yang dimiliki di rumah atau menggunakan peralatan lainnya yang bisa memudahkan Anda ketika melubangi mulsa plastik.
  5. Tempelkan bagian atas kaleng ke mulsa plastik selama beberapa saat. Nantinya, mulsa plastik akan perlahan berlubang dan menghasilkan ukuran yang diinginkan.

Melalui adanya perencanaan peralatan dan jarak pelubangan mulsa plastik, maka Anda bisa mendapatkan hasil yang sempurna sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Perlu adanya kehati-hatian dalam menggunakan kaleng bekas untuk melubangi mulsa plastik. Hal ini dikarenakan, jika Anda tidak sengaja menempelkannya pada bagian yang seharusnya tidak dilubangi, maka mulsa plastik bisa berlubang secara langsung.

Proses pelubangan menggunakan kaleng bekas ini pun tidak mudah dan membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk menuai hasil yang bagus dan seragam.

Baca Juga: Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak

Melubangi Mulsa Plastik Menggunakan Alat Khusus

Selain menggunakan kaleng bekas, toko alat pertanian juga menyediakan alat khusus untuk melubangi mulsa plastik. Pelubangan menggunakan alat ini tentunya sangat memudahkan pekerjaan Anda dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Alat untuk melubangi mulsa plastik ini dinamakan dengan plong pembolong mulsa. Plong pembolong mulsa ini memiliki diameter 3 inch atau 7 cm, panjang 35 cm, dan kedalaman 10 cm dengan gerigi tajam yang terbuat dari baja dan stainless tahan karat.

Alat khusus ini memiliki bagian yang digunakan untuk melubangi berbentuk gerigi dengan sebuah mata pisau tajam di dalamnya. Mata pisau tersebut berfungsi untuk memberikan hasil yang rapi dari lubang mulsa ketika proses pelubangan dilakukan.

Penggunaan alat ini pun terbilang mudah. Anda hanya perlu menekan alat ke bawah yang mengarah ke mulsa plastik dan memutarnya pada salah satu arah yang disarankan. Kemudian mata pisau akan berputar secara otomatis dan mengoyak plastik mulsa dengan benar.

Untuk menghentikan proses pelubangan, Anda hanya perlu memutar alat tersebut pada arah yang berlawanan dengan putaran arah yang dilakukan sebelumnya. Kemudian angkat alat khusus tersebut dan plastik mulsa sudah tidak menempel.

Dengan menggunakan alat plong pembolong mulsa, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga, serta mendapatkan hasil yang sempurna.

Baca Juga: Cara Menanam Cabe dengan Plastik Mulsa

Rekomendasi Toko Mulsa Plastik Pertanian

Cara Melubangi Mulsa Plastik
Sumber: Google

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastik hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang jual plastik mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, PT. Global Inti Fibertech juga menyediakan produk lain seperti karton single face dan benang jahit. Anda bisa langsung memesan mulsa plastik hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti peralatan konstruksi, rumah tangga, peralatan dapur, peralatan makan, meja, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork, dapatkan potongan dan diskonnya.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks