Indonetwork, Peralatan Industri – Mulsa plastik hitam perak merupakan salah satu mulsa yang populer dan banyak digunakan dalam industri pertanian. Hal ini dikarenakan mulsa plastik hitam perak bisa bekerja secara maksimal untuk tumbuh kembang dan menjaga kesehatan tanaman. Selain itu, mulsa ini juga sangat membantu dalam mengontrol air yang menetes ke tanah.

Dalam memasang mulsa plastik, terdapat waktu yang paling baik untuk memasangnya, yakni saat siang hari ketika terik matahari sedang bersinar. Biasanya dilakukan sekitar pukul 14.00-16.00. Hal ini bertujuan agar pemuaian mulsa plastik lebih optimal, sehingga bisa menutup rapat seluruh arena media tanam.

Pengerjaan mulsa plastik pada lahan pertanian harus dilakukan sungguh-sungguh agar bisa bekerja secara optimal. Mulai dari pemasangan hingga peletakan warna mulsa plastik hitam perak.

Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak

Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak
Sumber: Pexels

Pemasangan mulsa plastik hitam perak terbilang cukup mudah. Bahkan pemasangannya bisa dilakukan oleh satu orang saja. Berikut cara memasang mulsa plastik hitam perak.

Siapkan Alat-Alat yang diperlukan untuk Pemasangan Mulsa Plastik

Peralatan yang diperlukan untuk memasang mulsa plastik adalah bambu berbentuk huruf U, pisau atau gunting untuk memotong mulsa dan mulsa plastik hitam perak. Untuk bambu yang akan digunakan sebagai pasak, bisa disesuaikan dengan peralatan yang ada di sekitar Anda.

Siapkan Mulsa Plastik Hitam Perak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa mulsa plastik hitam perak sudah tersedia. Jika Anda belum memiliki mulsa plastik hitam perak, Anda bisa membeli pada peralatan pertanian.

Untuk mengukur panjang mulsa plastik yang dibutuhkan, Anda bisa mengukur panjang gundukan media tanam yang dibuat dikurangi 30-50 cm. Pengurangan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya pemuaian saat terkena panas sinar matahari ketika siang hari. Saat itu, ukuran mulsa plastik akan bertambah panjang.

Jika ukuran panjang mulsa plastik dikurangi sejak awal, maka mulsa bisa terpasang secara pas pada gundukan media tanam. Hal ini pastinya akan memaksimalkan fungsi mulsa plastik untuk tanaman yang dikembangbiakkan.

Baca Juga: Fungsi Mulsa Plastik Hitam Perak

Posisikan Mulsa Plastik dengan Benar

Warna pada mulsa plastik memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pemasangan mulsa perlu dilakukan secara tepat dan benar untuk memaksimalkan kerjanya.

Apabila Anda menggunakan mulsa plastik hitam perak, letakkan warna perak mulsa pada bagian atas dan warna hitam pada bagian bawah. Warna perak pada mulsa plastik berfungsi untuk memantulkan sinar matahari, sehingga dapat mengusir hama dan mencegah tanaman dari berbagai penyakit. Sementara warna hitam pada mulsa plastik bisa mencegah pertumbuhan gulma dan menjaga kelembaban tanah.

Selain itu, pastikan juga bahwa seluruh permukaan tanah yang akan menjadi media tempat tumbuh kembang tanaman benar-benar tertutup dengan mulsa plastik. Pemasangan yang benar bisa mencegah tanah dari erosi ketika musim hujan.

Pasang Mulsa Plastik di Atas Gundukan Media Tanam

Agar mulsa plastik dapat terpasang dengan pas dan tidak mudah lepas, Anda bisa menarik kedua bagian ujung mulsa plastik, sehingga dapat menutupi gundukan media tanam secara sempurna.

Kemudian pasanglah pasak bambu pada kedua bagian ujungnya sebagai penahan. Pasang juga pasak bambu sepanjang mulsa dengan jarak 50 cm. Anda bisa mengerjakan kedua sisi ini secara bergantian.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Herbal pada Ramuan Kesehatan

Buatlah Lubang Tanam Pada Mulsa Plastik

Setelah itu, buatlah lubang pada mulsa plastik yang telah terpasang sebagai media tempat tumbuhnya tanaman. Biasanya, lubang diameter yang dibuat adalah 10 cm. Sementara jarak antar lubang bisa disesuaikan dengan jenis tanaman yang sedang dibudidayakan.

Untuk melubangi mulsa plastik hitam perak, Anda bisa melubangi menggunakan pelubang mulsa khusus atau kaleng bekas susu yang dipanaskan.

Cara menggunakan alat pelubang khusus mulsa adalah dengan meletakkan alat tersebut tepat di atas mulsa. Kemudian putar bagian tuasnya. Alat tersebut akan secara otomatis membuat luang pada mulsa plastik. Setelah selesai, Anda bisa memutar kembali bagian tuas dengan arah yang berlawanan dari sebelumnya, sehingga alat mulsa dapat terangkat dan terlepas.

Media Tanam Siap Pakai

Setelah mulsa plastik sudah terpasang dan terlubangi, maka media tanam dapat dipakai. Anda bisa membuat lubang kecil pada bagian tanah dalam lubang mulsa untuk memendam biji tumbuhan. Kemudian urug dengan tanah agar biji tersebut bisa berkembang biak dengan baik.

Baca Juga: 7 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan

Rekomendasi Toko Plastik Mulsa Pertanian

Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak
Sumber: Pexels

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastic hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang menjual plastic mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, PT. Global Inti Fibertech juga menyediakan produk lain seperti karton single face dan benang jahit. Anda bisa langsung memesan mulsa plastic hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks