Indonetwork, Peralatan Industri –  Tidak jauh berbeda dengan penanaman tanaman pada umumnya, penanaman cabe menggunakan media tanam mulsa plastik juga tidak terlalu rumit. Perbedaannya hanya terletak pada pemasangan plastik mulsa ketika lahan yang akan ditanami sudah siap.

Agar penanaman cabe berhasil, Anda tidak hanya harus mempersiapkan lahan dan merencanakan media tanamnya saja. Akan tetapi, Anda juga harus memilih benih yang berkualitas dan membelinya dari penjual yang terpercaya.

Cara Menanam Cabe dengan Plastik Mulsa

Cara Menanam Cabai dengan Mulsa Plastik
Sumber: Pexels

Agar berhasil dalam menanam cabe menggunakan mulsa plastik, maka penanaman harus dilakukan dengan benar melalui beberapa tahap. Berikut cara menanam cabe dengan mulsa plastik yang bisa Anda jadikan sebagai panduan.

Pengolahan Lahan

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk menanam cabe adalah mempersiapkan lahan . Pastikan bahwa lokasi yang akan digunakan berupa lahan terbuka agar tanaman mampu menyerap sinar matahari dengan maksimal.

Perlu diperhatikan bahwa untuk menanam cabe, Anda tidak bisa menggunakan lahan bekas seperti lahan bekas pakai tanam tomat, kentang, dan tanaman sejenisnya. Untuk menanam cabe, lokasi paling baik adalah pada lahan sisa tanaman padi.

Siapkan lahan dengan beberapa tanah yang sudah disusun menjadi gundukan. Kemudian gambarkan tanah dan beri air pada tanah yang akan ditanami tumbuhan cabe.

Pemberian Pupuk

Ketika Anda mengolah lahan, Anda juga dapat sekaligus memberikan pupuk pada tanah. Pemilihan pupuk yang akan digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti jika ingin mendapatkan hasil panen yang organik, Anda bisa menggunakan pupuk kompos.

Pemasangan Plastik

Setelah tanah diberi pupuk, tahap selanjutnya adalah pemasangan mulsa plastik hitam perak pada tanah. Pemasangan mulsa ini dilakukan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik tanpa diganggu hama.

Baca Juga: Cara Budidaya Melon Menggunakan Plastik Mulsa

Pembuatan Lubang Pada Mulsa Plastik

Jika mulsa plastik hitam perak sudah terpasang, buatlah jarak untuk lubang yang akan digunakan sebagai tempat tumbuh benih. Anda bisa membuat jarak dengan kisaran 50 cm hingga 70 cm.

Untuk membuat lubang pada plastik mulsa hitam perak, Anda bisa menggunakan alat pelubang mulsa atau menggunakan wadah kaleng bekas cat yang sudah dipanaskan.

Persiapan Benih

Agar penanaman cabe bisa berakhir dengan sukses dan mendapat hasil yang melimpah, Anda harus menyeleksi benih cabe terlebih dahulu serta membelinya dari penjual terpercaya. Untuk menanam bibit cabe pada lahan yang sebelumnya Anda persiapkan, Anda harus menyemai bibit dahulu pada polybag.

Anda pun bisa mencampurkan juga pupuk yang terdapat pada polybag. Jangan lupa untuk memastikan bahwa tanah yang akan ditanami lembab. Dalam kurun waktu lebih dari 25 hari, bibit cabe nantinya akan muncul.

Jika proses penyemaian telah selesai, Anda bisa memindahkan hasil semaian tersebut ke dalam lahan yang sebelumnya telah dipersiapkan.

Penanaman Benih

Dalam menanam atau memindahkan benih ke lahan, Anda bisa memulai dengan memilih tanaman yang batangnya sudah kuat. Hal ini untuk menghindari patahnya batang tanaman, mengingat umur tanaman yang masih sangat kecil dan rapuh.

Setidaknya, Anda juga bisa memilih tanaman yang memiliki minimal 5 helai daun. Ketika matahari tidak terlalu panas, Anda bisa memindahkannya ke dalam lahan yang sebelumnya sudah disiapkan.

Baca Juga: Pengaruh Mulsa Plastik terhadap Tanaman Bawang Merah

Tips Agar Sukses Menanam Cabe

Cara Menanam Cabai dengan Plastik Mulsa
Sumber: Pinterest

Setidaknya ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar penanaman cabe Anda berhasil. Berikut 4 tips yang bisa Anda terapkan selama proses penanaman cabe.

Pemupukan Susulan

Untuk menambah nutrisi pada tanaman, Anda perlu melakukan pemupukan beberapa kali. Biasanya pemupukan kedua dilakukan dua minggu setelah penanaman. Proses pemupukan bisa Anda lakukan setiap 10-14 hari sekali. Perhatikan juga kondisi tanaman Anda sebelum melakukan pemupukan ulang.

Penanggulangan Hama Cabe

Meskipun mulsa plastik dapat mengatasi hama, akan tetapi juga perlu pengamatan secara rutin untuk mengidentifikasi apakah tanaman terkena penyakit atau tidak. Anda bisa menggunakan pestisida jika tanaman terkena penyakit atau hama.

Panen Cabe

Panen cabe bisa dilakukan ketika usia tanaman sudah berumur 2,5 bulan hingga 3 bulan. Anda bisa melakukan berulang dengan jangka waktu 2 minggu. Adapun waktu terbaik untuk memetik cabe dari tangkai adalah pagi hari.

Perawatan Pasca Panen

Untuk menghindarkan dari masalah, Anda memerlukan perawatan pasca panen seperti pembersihan lahan dari tanaman cabe dan melepaskan mulsa plastik dari lahan.

Baca Juga: Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak

Rekomendasi Toko Plastik Mulsa Pertanian

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastic hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang jual plastik mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, PT. Pundi Nasutra Selaras juga menyediakan produk lain seperti karton single face dan benang jahit. Anda bisa langsung memesan mulsa plastik hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks