Indonetwork, Peralatan Rumah TanggaCara memasang selang pembuangan wastafel cuci piring tidak terlalu rumit. Akan tetapi, Anda membutuhkan sedikit ketelitian dalam pemasangan ini agar pemasangan selang dapat pas dan tidak menyebabkan kebocoran.

Selang pembuangan wastafel cuci piring merupakan bagian terpenting dari wastafel dapur. Hal ini dikarenakan selang wastafel sebagai tempat untuk mengalirkan air dan cairan lain dari bak cuci serta menjaga area di sekitar bak cuci agar tetap bersih dan bebas dari kotoran.

Setiap wastafel cuci piring memiliki sejumlah bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Begitu juga dengan selang sebagai saluran pembuangannya. Anda bisa menemukan bentuk dan fungsi yang bermacam-macam di pasaran.

Beberapa macam selang pembuangan wastafel cuci piring seperti selang lurus, P-Trap, S-Trap, perangkat drum, dan grease traps. Varian selang pembuangan tersebut didesain untuk bisa disesuaikan dengan tata letak dapur dan sistem pemipaan di rumah Anda.

Untuk memasang ataupun mengganti selang pembuangan wastafel cuci piring, Anda bisa memasang dan menggantinya sendiri atau meminta bantuan dari para ahli.

Apabila Anda berencana untuk memasang atau menggantinya sendiri, simak artikel berikut mengenai cara memasang selang pembuangan dan rekomendasi wastafel cuci piring.

Cara Memasang Selang Pembuangan Wastafel Cuci Piring

cara memasang selang pembuangan wastafel cuci piring
Sumber: Pinterest

Berikut langkah-langkah untuk memasang selang pembuangan wastafel cuci piring yang bisa Anda ikuti.

1. Siapkan Bahan dan Material

Sebelum melepas dan menggantinya dengan yang baru, Anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu bahan dan materialnya.

Bahan-bahan dan material yang dibutuhkan diantaranya yaitu selang pembuangan baru, dempul tukang ledeng, selotip teflon, gergaji besi, dan kunci-kunci untuk mengencangkan beberapa bagian di selang pembuangan wastafel cuci piring.

Perlu diketahui, bahwa setiap wastafel cuci piring memiliki komponen serta ukuran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk mengukur dan menyamakan tipe selangnya dengan selang lama yang menjadi saluran pembuangan wastafel Anda.

Untuk mendapatkan ukuran selang wastafel cuci piring yang sesuai, Anda bisa mulai dengan mengukur kedua ujungnya, yakni ujung yang terpasang pada bak cuci piring dan ujung yang terpasang ke tempat pembuangan di rumah Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan contoh selang pembuangan wastafel cuci piring sebagai model untuk membantu membeli selang yang baru, sehingga Anda yakin itu akan muat.

2. Lepaskan Selang Pembuangan Lama

Setelah Anda selesai mempersiapkan bahan dan materialnya, Anda bisa melepaskan selang pembuangan lama dari bak cuci. Anda bisa memulainya dengan melonggarkan beberapa baut dan sekrup. Apabila semuanya sudah longgar, Anda bisa melepasnya dengan mudah.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Wastafel Portable di Era New Normal

3. Pasang Selang Pembuangan Baru

Untuk memasang selang pembuangan yang baru, Anda bisa memulainya dengan mengoleskan dempul tukang ledeng dalam jumlah yang banyak di sekitar pangkal selang pembuangan baru.

Hindari menekan dempul terlalu keras, sehingga membuat talinya terlalu tipis dan dempul bisa menggantung di bibir keranjang. Apabila terdapat sisa dempul yang terlalu panjang, Anda bisa mencabut kelebihan panjangnya. Setelah itu, Anda bisa menyambungkan kedua ujung yang sudah pas.

Kemudian pasang selang pembuangan ke tempatnya. Anda bisa menggunakan kunci inggris yang ukurannya sesuai dengan selang pembuangan untuk mengencangkan dan mencegahnya dari kebocoran.

Anda bisa mengencangkan mur dengan kunci, sehingga menjadi pas dan selang bisa tersegel dengan benar serta Anda tidak akan menemukan kebocoran yang keluar dari saluran pembuangan.

4. Tutup Selang dengan Selotip Teflon

Apabila selang pipa pembuangan sudah kencang dan aman, Anda bisa menutupnya dengan selotip teflon. Merekatkan selotip di sekitar benang pipa pembuangan.

Pastikan bahwa selotip telah menutupi bagian selang pembuangan seluruhnya. Selotip selang pembuangan yang telah direkatkan dengan tepat dapat menciptakan segel yang kedap air.

5. Uji Coba Selang yang Baru dipasang

Jika semua tahap pemasangan sudah terlewati, sekarang saatnya melakukan uji coba untuk memastikan apakah selang dapat berfungsi dengan baik serta tidak ada bagian yang bocor.

Nyalakan wastafel untuk menguji saluran pembuangan dan memastikan air dapat mengalir melalui mulut pembuangan dan masuk ke pipa. Kemudian periksa bagian bawah bak cuci dan sepanjang selang untuk memastikan tidak ada air yang bocor.

Apabila semuanya dapat berfungsi dengan baik dan tidak ada kebocoran, Anda bisa menggunakan wastafel tanpa masalah.

Baca juga: 6 Lokasi Pemasangan Wastafel Injak di Masa Pandemi

Rekomendasi Produsen Wastafel Cuci Piring

cara memasang selang pembuangan wastafel cuci piring
Sumber: Pinterest

Wastafel cuci piring merupakan salah satu furnitur yang selalu ada di setiap rumah. Wastafel ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan akan kebutuhan pengguna. Furnitur ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko furnitur baik secara offline maupun online.

Salah satu toko yang menjual wastafel cuci piring adalah PT. Indonetwork Adi Perkasa. Mereka menjual berbagai kebutuhan yang Anda butuhkan sehari-hari seperti mesin kopi, bahan kimia, elektronik, furniture, printer, peralatan kantor, lampu, dan masih banyak lagi.

Produk-produk PT. Indonetwork Adi Perkasa bisa Anda beli melalui e-commerce Indonetwork. Indonetwork merupakan salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan. Di e-commerce Indonetwork, Anda bisa menemukan berbagai merek dan toko yang menjual wastafel cuci piring.

Itulah cara memasang selang pembuangan wastafel cuci piring yang bisa Anda terapkan ketika memasangnya di rumah. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks