Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Dengan sistem kerja yang begitu membantu dalam menarik udara dari dalam ruangan, kipas internal pada pembersih udara ini mampu menetralisir udara dari debu maupun polutan lain seperti partikel virus, bakteri serta asap. Yap! Mesin pembersih udara ini biasa disebut dengan air purifier.

Air purifier merupakan mesin pembersih atau pemurni udara didalam ruangan yang dapat mengeluarkan udara segar dan sehat sehingga Anda dan sekeluarga terbebas dari kotoran dan debu yang tersaring didalam mesin itu sendiri. Air purifier dapat menjernihkan udara ruangan hingga mampu menghilangan aroma tak sedap seperti polusi atau bulu hewan peliharan.

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan merangkum mengenai langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan air purifier kesayangan Anda.

Apakah Air Purifier Harus Dibersihkan?

cara membersihkan air purifier
Sumber: Rawpixel/Freepik

Dengan menjalani kehidupan yang sehat, Anda juga perlu menggunakan air purifier dalam keadaan bersih untuk selalu memberikan sirkulasi udara yang segar sehingga mampu membantu anggota keluarga mendapatkan udara yang sehat dan terhindar dari penyebaran virus akibat polusi udara. Sebelum membersihkan air purifier, Anda harus tahu alat yang ingin digunakan sudah tepat.

Selain itu, alat untuk membersihkan air purifier ini harus dilakukan sesuai dengan fungsinya. Misalnya, membersihkan bagian filter dengan penyedot debu, air mengalir, dan sikat berbahan lembut.

Anda juga harus membaca beberapa referensi/buku petunjuk untuk membersihkan air purifier terlebih dahulu. Biasanya, cara membersihkan air purifier ini ada dijelaskan pada buku panduan yang telah dilengkapi didalam box air purifier, termasuk untuk membersihkan HEPA filter yang memiliki lapisan tipis.

Selanjutnya, Anda juga harus membersihkan air purifier dengan cara yang tepat dan tidak boleh sembarang. Mengikuti langkah-langkah yang tetap sesuai pada buku panduan produk air purifier yang Anda miliki di rumah. Serta perhatikan kembali tempat untuk membersihkan air purifier ini, seperti di ruangan yang terbuka dan menggunakan alas agar tidak mengotori lantai rumah Anda.

Air purifier juga harus sudah terlepas dari sumber listrik, sehingga Anda tidak tersengat listrik. Pastikan, Anda melepas bagian filter sesuai instruksi dan lakukan secara hati-hati. Perlu diingat, membersihkan air purifier ini harus dimulai dari bagian pra filter, lalu ke bagian dalam filter. Gunakan alat yang tepat seperti sikat gigi berbahan lembut supaya tidak merusak komponen dalam air purifier, yaa!

Baca Juga: 10 Alat Laboratorium Lingkungan Udara dan Air

Cara Membersihkan Air Purifier

cara membersihkan air purifier
Sumber: Freepik

Berikut ini langkah yang tepat untuk membersihkan air purifier dan kembali  menikmati udara bersih dan segar yang bekerja sebagai penyaring udara di dalam ruangan dan menggantinya menjadi udara yang jauh lebih sehat.

Melepaskan Filter Terlebih Dahulu

Langkah awal untuk membersihkan filter air purifier ini adalah melepaskan filter terlebih dahulu. Pastinya, sebelum melepas bagian ini kamu harus mematikan alat dan mencabut kabel dayanya dari sumber listrik. Jangan lupa untuk melepas bagian filter ini sesuai petunjuk dengan cara lepaskan panel depan kemudian menekan ibu jari ke bagian atas panel, lalu tarik ke depan dengan jari lainnya.

Selanjutnya, lepas juga bagian pra filter dengan cara menekan tombol yang ada di bagian atas pra filter, kemudian tarik keluar. Lakukan secara hati-hati agar tidak merusak alatnya, ya. Kemudian untuk melepas filter 2 in 1, Anda dapat mendorong penahan filter ke arah jarum jam. Sehingga, Anda bisa melepaskan filter tersebut secara perlahan.

Dan apabila filter air purifier HEPA dirasa sudah begitu kotor maka lebih disarankan untuk menggantinya dengan filter yang baru. Anda dapat melalukan maintenance dengan periode penggantian filter air purifier yang direkomendasikan biasanya diperlukan sekitar waktu 6 hingga 12 bulan untuk mengganti komponen filter air purifier baru tergantung durasi pemakaian. Dan beberapa pembersih udara/air purifier telah memiliki lampu indikator yang memberi tahu kapan Anda harus mengganti filter HEPA.

Membersihkan Kotoran atau Debu pada Pra Filter

Langkah berikutnya Anda bisa langsung membersihkan debu/kotoran yang ada pada filter air purifier. Mungkin untuk panel yang sudah tertutup oleh debu yang berlebihan dapat Anda bersihkan dengan penyedot debu agar lebih cepat.

Selain itu, gunakan juga sikat berbahan lembut untuk menghilangkan kotoran seperti debu yang menempel pada filter. Dan pastikan kembali, Anda melakukannya secara hati-hati agar tidak merusak fungsi pra filter, sebab bagian ini rentan rusak dengan mudah.

Merendam Pra Filter

cara membersihkan air purifier
Sumber: Freepik

Sesudah melakukan langkah pertama dan kedua, Anda dapat melanjutkan pembersihan air purifier dengan merendam pra filter di dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit. Dan jangan lupa untuk menambahkan sedikit deterjen netral. Usahakan untuk membilas filter pada air bersih atau air yang mengalir, ya!

Dan bila diperlukan Anda dapat membilas pra filter sambil sedikit menyikatnya dengan lembut agar tidak ada debu yang menempel. Namun, jangan menyikatnya terlalu kuat karena hal itu bisa merusak pra filter. Langkah terakhir, keringkan filter di tempat kering dan teduh serta hindari terkena sinar matahari secara langsung. Sedangkan untuk filter 2 in 1 memang sedikit sulit untuk dapat dicuci dan pastikan bagian tersebut tidak terkena air.

Baca Juga: Mengenal Air Purifier, Si Pembersih Udara

Demikian artikel mengenai cara membersihkan air purifier. Apabila Anda sedang mencari air purifier portable, salah satu rekomendasi terbaiknya yaitu produ dari PT. Hibaru. Perusahaan tersebut merupakan distributor blender, air cleaner, dan air filter sejak tahun 1987, sehingga tak perlu Anda ragukan layanan dan produknya. Hubungi sekarang untuk dapatkan penawaran harga terbaiknya!

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks