Ban yang kinclong dan hitam akan memberikan kepercayaan diri yang tinggi kepada Anda sebagai pengedaranya. Untuk membuat ban kendaraan Anda terlihat lebih bagus adalah dengan menyemirnya dengan oli bekas. Cara membuat semir ban dari oli bekas dapat Anda lakukan dengan mudah.

Semir sendiri merupakan cairan bahan kimia yang dapat Anda pakai untuk merawat kebersihan ban. Bahkan cairan bahan kimia pada semir itu bisa menambah keawetan ban kendaraan yang Anda gunakan.

Cara pemakaian semir ban ini sangat sederhana dimana Anda tinggal menyediakan tempat untuk menyemirnya saja. Setelah itu tinggal masukkan 100 ml semir dankuaskan semir ke ban hingga merata.

Banyak toko yang jual semir ban, namun Anda bisa membuat semir sendiri yang terbuat dari bahan oli bekas. Kalau punya budget terbatas, cara ini tentu saja sangat kami rekomendasikan.

Cara Membuat Semir Ban dari Oli Bekas

Ada dua jenis semir yang biasa dijual di pasaran yaitu semir silikon dan semir non silicon. Tapi untuk saat ini Anda dapat membuat semir ban dari oli bekas yang dinilai lebih ekonomis.

Namun proses pembuatan semir ban dari oli bekas ini harus Anda lakukan dengan hati-hati. Namun untuk cara pembuatan semir ban dari oli bekas dapat Anda lakukan dengan mudah.

Anda hanya perlu mencampurkan oli bekas dengan air mineral. Setelah itu Anda tinggal mengaplikasikannya pada ban Anda maka ban mobil akan terlihat kinclong kembali.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencampurkan oli bekas dengan air mineral secara merata. Setelah aduk hingga merata dan gunakan pada ban motor atau mobil.

Penggunaan Semir Ban

Selain dengan menggunakan oli bekas, Anda bisa semir ban kendaraan dengan menggunakan bahan lainnya. Perlu diketahui juga bahwa semir ban ban itu ada yang berwujud cairan atau spray.

Jika menggunakan semir ban cair, maka Anda memerlukan spons atau kuas untuk meratakannya ke ban. Kebanyakan bahan pada semir ban cair ini adalah silikon sehingga hasilnya akan lebih mengkilap ketika digunakan.

Hanya saja efek yang ditimbulkan oleh bahan kimia tersebut adalah lengket dan berminyak. Semir ban cair lebih berfokus pada daya kilapnya yang dapat membersihkan karet ban.

Kemudian ada juga jenis semir ban spray yang dalam penggunaannya jauh lebih praktis ketimbang semir ban cair. Anda hanya perlu menyemprotkannya ke permukaan ban dan meratakannya.

Jenis semir ban spray ini bisa membersihkan dan mengkilapkan ban. Bahan kimia yang terdapat pada semir ban spray ini adalah silikon. Namun perbedaannya dengan semir ban cair yaitu semir ban spray menggunakan cairan water-based.

Selain itu juga terdapat semir ban spray yang berbasis solvent-based yang memakai bahan pelarut. Fungsinya yaitu untuk menghancurkan dan mencampurkan bahan lainnya.

Penggunaan semir ban yang menggunakan silikon water-based jauh lebih aman dibandingkan dengan bahan lainnya seperti solvent-based atau oli bekas. Karena airnya tidak dapat merusak karakter dari ban.

Baca juga: 3 FUNGSI GEARBOX MOTOR MATIC DAN BERGIGI

Untuk mendapatkan semir ban berkualitas dan harga terbaik bisa membelinya di Pegasus Hikari Indonesia. Perusahaan ini jual berbagai kebutuhan alat cuci kendaraan, salah satunya jual kanebo chamois untuk mengeringkan air pada permukaan kendaraan.

Jika diperhatikan, cara membuat semir ban dari oli bekas sangat mudah Anda lakukan. Namun kami tidak merekomendasikan untuk menggunakannya karena kurang berkualitas. Jika punya budget berlebih sebaiknya beli saja semir ban yang terbuat dari silikon water-based.


Author

%d bloggers like this: